Semua Tentang Batik Madura; Kekayaan Bangsa yang Harus Dilestarikan Bersama

Posted on
batik madura, beli batik madura, jual batik madura, macam macam batik madura, jenis batik madura, batik madura dan penjelasannya, semua tentang batik madura
Image via: Qlapa.com

Melestarikan Batik Madura sebagai Kekayaan Bangsa

Batik madura adalah salah satu hasil budaya yang diminati oleh masyarakat lokal maupun internasional. Ciri khas dari batik dari kota madura adalah karakternya kuat, bebas dan unik. Warna-warna yang digunakan juga berani dan motifnya beragam. Proses pembuatan produk ini juga masih menggunakan cara tradisonal.

Ini dia yang dicari-cari: sejarah batik madura

Sebenarnya, kain batik dari kota madura sudah dikenal sejak zaman kerajaan di abad ke 16 atau 17. Waktu itu terjadi peperangan di Pamekasan. Pada peperangan tersebut, Raden Azhar mengenakan baju kebesarannya, yaitu batik bermotif parang/leres. Sehingga kain tersebut dikenal dengan nama batik leres. Saat Raden Azhar mengenakan baju kebesaran tersebut, beliau terlihat berwibawa serta karismatik. Saat itulah banyak yang memperbincangkan motif dari Madura tersebut dan kemudian dipakai oleh pembesar kerajaan.

Dulu, hanya raja-raja madura boleh mengenakan kain motif ini. Seiring perkembangan jaman, saat ini masyarakat biasa sudah banyak yang memakainya. Bahkan saat ini batik jadi pakaian wajib saat menghadiri acara formal atau undangan pernikahan.

Ciri khas batik madura yang membuatnya dicari pecinta batik

batik madura motif, macam macam batik madura, sejarah batik madura, motif batik madura terbaru, motif batik madura pamekasan, ciri ciri batik madura, contoh batik madura, batik madura biru
Image via: beautiful-indonesia.umm.ac.id

Setiap daerah punya ciri khas masing-masing, begitu juga dengan batik madura. Hal-hal berikut inilah yang membuatnya dicari para penyuka kain ini:

  • Warnanya berani serta tegas seperti warna merah, kuning, hijau, biru. Warna-warna tersebut dihasilkan secara alami dari tanaman. Misalnya, warna biru dihasilkan dari daun tarum, sedangkan merah dihasilkan dari mengkudu dan tingi, sedangkan kulit mundu dan tawas bisa memberikan efek warna hijau. Selain itu, efek terang serta gelap juga dipengaruhi oleh lamanya perendaman. Ada yg direndam tiga bulan hingga satu tahun.
  • Kain dilukis secara manual menggunakan tangan. Hal itu yang membuat kain ini punya nilai estetika tinggi. Saat memakai kain ini, muncul kesadaran pada pemakainya bahwa seorang kreator telah mencurahkan kemampuannya untuk menciptakan benda ini. Hal ini bikin pemakainya lebih percaya diri juga bangga memakainya.
  • Motif yg dihasilkannya lebih beragam dari mulai binatang, tumbuhan atau hasil kreasi kreator itu sendiri. Sehingga lebih menarik serta layak dimiliki.

Tempat membeli batik madura asli

batik madura motif burung merak, pola batik merak, motif batik burung cendrawasih, gambar batik motif burung merak, gambar batik burung merak, motif batik hewan merak, sketsa batik burung merak
Image via: batikmaduracenter.com

Kamu tertarik untuk membeli batik madura asli? Kini kamu bisa membelinya tanpa harus datang ke madura. Karena di Qlapa.com, para pengrajin dari madura menjual hasil kreasi mereka di sini. Mall online ini menjual aneka kerajinan khas daerah hasil handmade bukan produk pabrikan. Sebelum diposting, setiap produk telah melewati kurasi agar kualitasnya terjaga dan bisa memenuhi keinginanmu.

Marketplace ini hadir untuk membantu pengrajin lokal dalam menawarkan hasil kreasi mereka. Sehingga, kerajinan lokal bisa dijual lewat pasar yang lebih luas untuk meningkatkan ekonomi lokal. Tujuan lainnya adalah membuat produk etnik ini dikenal luas masyarakat dan tetap lestari.

Berbelanja batik asal kota madura disini lebih aman dan nyaman lho. So, tunggu apa lagi, pesan produk kesukaanmu!

Bagaimana merawat batik madura supaya tetap awet?

batik madura serat kayu, harga batik madura serat kayu, batik tulis madura serat kayu, kain batik madura serat kayu
Image via: produk-madura.blogspot.com

Agar tetap awet, batik perlu dirawat dengan baik. Perawatan harus sesuai petunjuk agar tidak merusak kain. Untuk merawatnya, simak langkah-langkah berikut:

  • Proses Mencuci. Jangan gunakan detergen dan cuci secara manual, bukan pakai mesin cuci. Jika tidak terlalu kotor, cukup rendam pada air hangat. Jika terdapat noda, gunakan sampo yang sudah dilarutkan untuk meluruhkan noda. Kamu juga bisa menghilangkan noda menggunakan bahan alami, seperti kulit jeruk.
  • Saat menjemur. Hindari memeras serta menjemurnya di bawah terik matahari langsung. Jemur di tempat teduh dan cukup diangin-anginkan hingga kering. Tarik bagian tepi agar kain tidak kusut dan kembali ke bentuk semula setelah dicuci. Penjemuran yg benar akan membuat kain rapi.
  • Panduan menyetrika. Jangan tempelkan setrika pada kain secara langsung. Sebaiknya, lapisi dengan kain lain atau kertas. Begitu juga saat ingin menyemprotkan pewangi, lapisi terlebih dahulu dan jangan menyemprotkannya secara langsung.
  • Penyimpanan. Simpan dengan menggunakan plastik lalu letakkan di tempat kering juga sejuk. Jangan gunakan kapur barus karena terlalu keras sehingga bisa merusak tekstur. Untuk terhindar dari ngengat, cukup gunakan merica yang telah dibungkus tisu.

Berminat sekali dengan batik madura?

Wah, banyak banget kan keunggulan batik madura ini! Motifnya unik, pembuatannya manual dan hasil akhirnya menarik. Memakai kain ini untuk acara istimewa akan membuat penampilanmu lebih unik dan spesial.  Jika semakin banyak peminatnya, warisan budaya lokal ini akan tetap lestari.

Kalau berminat, kamu bisa mendapatkan produk yang ditawarkan oleh pengrajin di Qlapa.com. Harga lebih murah karena produk dijual langsung oleh pengrajinnya tanpa perantara reseller. Di sini, semua barang telah melewati kurasi satu persatu. Deskripsi ataupun fotonya real, demi terpenuhi kepuasan konsumen akan barang berkualitas. Proses belanja di sini juga mudah. Kamu bisa pesan langsung lewat gadgetmu. Setelahnya kamu tinggal tunggu produk dikirim ke alamatmu. [*]

2 thoughts on “Semua Tentang Batik Madura; Kekayaan Bangsa yang Harus Dilestarikan Bersama

  1. Sebagai pengrajin, rasanya bangga juga kalau batik madura makin dikenal luas dan digemari tua maupun muda. Kini, batik madura makin mudah didapat dan tidak harus datang ke madura. Happy blogging untuk mbak rosediana.

    1. Wah, terima kasih sudah membaca dan meninggalkan komentar di blog ini, Mbak Vita.
      Saya memang bukan orang Madura, tetapi motif batik sudah terasa familier, dan yang Madura ini memang khas, ya. Indah. Semoga semakin diapresiasi lagi. Sebagaimana yang Mbak Vita tulis, kini batik Madura sudah tersedia bisa didapatkan secara online, tak perlu pergi langsung ke Madura. Hehe..

      Terima kasih, Mbak. ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − twelve =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.