3 Penelitian Psikologi Tentang Kado dan Hadiah, Permudah Jangan Dibikin Susah!

Posted on
kado sederhana tapi berkesan, kado unik, kado handmade untuk sahabat, penelitian psikologi tentang hadiah, penelitian psikologi tentang kado, reward dan punishment dalam psikologi, penerapan reward dan punishment,
Image via: istockphoto.com

Apa kriteria kado atau hadiah terbaik dan paling berkesan bagimu?

Pertanyaan ini pasti mengundang ragam jawaban, ya. Si A menyukai kado mahal yang diterimanya. Si B tak pernah melupakan kadonya yang unik dan tidak pasaran. Si C jatuh cinta pada kado handmade yang membuatnya merasa spesial. Si D bersyukur mendapat kado sederhana dari orang istimewa. Si E bergembira karena kado yang didapatnya adalah sesuatu yang sedang dibutuhkannya. F, G, H, dll, mungkin punya pandangan lain.

Yang jelas, siapa yang mood-nya buruk ketika menerima kado?

Kalau saya pribadi, kado apa pun dan dari siapa pun itu, pasti merasa senang. Bahkan hati ini tetap berbunga ketika menerima postcard sederhana. Dari segi harga mungkin tak sebanding dengan tas mewah. Benda itu bahkan ringan dan tak begitu lebar. Tetapi ia datang dari seorang teman dunia maya.

Sampai sekarang saya menyimpannya, sebagai pengingat bahwa persahabatan adalah hadiah terbaik untukmu sendiri dan sahabatmu.

Saya yakin pemberi kado akan melewati masa dilema dulu. Dia pasti menimbang-nimbang barang atau produk apa yang sesuai selera calon penerimanya. Dia juga akan dihadapkan pada berbagai pertimbangan; budget atau harganya, tempat membelinya, alat dan bahannya jika hendak membuat sendiri, dsb.

Sementara si penerima hadiah akan kaget, senang, merasa diperhatikan, merasa diapresiasi, dsb.

Sepertinya kado atau hadiah memang memberi efek tersendiri secara psikologi. Kebetulan saya mendapat informasi via Allpsych, tentang 3 studi psikologi berkaitan dengan kado atau hadiah. Barangkali bisa membantu.

1. Memberikan Barang Pemberian Orang Lain itu Tak Masalah

produk handmade bagus, produk sepatu handmade, sepatu handmade kulit, sepatu pria handmade, sepatu handmade online, sepatu handmade indonesia
Image via: Qlapa.com

Sebenarnya memberikan hadiah dari seseorang ke orang lain itu masih dianggap tab u, ya. Kesannya itu enggak menghargai kado yang sudah diberikan.

Tetapi apakah seburuk itu? Kayaknya enggak, ya. Saya pernah menerima hadiah kerudung, namun karena tidak cocok, benda itu saya berikan pada seorang sahabat. Tampaknya kerudung itu lebih bermanfaat di tangannya, terbukti dalam beberapa foto selfie-nya.

London Business School pernah melakukan penelitian. Mereka mengemukakan kalau pemberi dan penerima hadiah itu punya cara pandang yang berbeda. Yang menerima hadiah itu, ketika harus memberikan hadiahnya pada yang lain, akan merasa tidak enak. Sebaliknya yang memberi hadiah itu akan senang-senang saja ketika pemberiannya – yang sudah dipilih dengan cermat – bisa bermanfaat. Lebih baik demikian daripada benda itu teronggok di tempat sampah.

Bagi si penerima hadiah, dia mestinya memiliki dan menggunakan apa pun yang diberikan padanya. Rasa bersalah akan menjalar kalau kado baju batiknya kekecilan, sepatu kulitnya kebesaran, atau kalung etniknya tidak berwarna kesukaan. Sementara bagi si pemberi hadiah, dia sudah memasrahkan kepemilikan itu bagi si penerima. Tak peduli mau diapakan, asalkan membawa kemaslahatan. Yang penting jangan sampai dibuang.

2. Preferensi Berbeda antara Pemberi dan Penerima Hadiah

produk handmade unik, produk qlapa, kerajinan handmade unik, penampung hasil kerajinan, handmade unik dan mudah, jual kerajinan tangan online, handmade indonesia, aplikasi qlapa, qlapa aksesoris
Image via: Qlapa.com

Ketika hendak memberi hadiah pada seseorang, saya kadang parno sendiri: takut hadiahnya tidak disukai, dianggap biasa saja, atau kualitasnya jelek. Jadi pemberi hadiah cenderung menerapkan standard tinggi yang seringkali bikin stres. Padahal ketika ada di posisi penerima, saya hepi-hepi aja. Mau hadiah apa pun juga saya terima dengan hati gembira.

Universitas Oslo sempat melakukan studi Psikologi terkait hal ini. Mereka mengemukakan kalau para pemberi hadiah cenderung merasa terbebani dengan pikiran-pikirannya sendiri. Sedangkan yang menerima hadiah justru lebih rileks dan murni senang.

Seringkali si pemberi hadiah itu menginginkan sesuatu yang mewah, mahal, ekslusif, super unik, high quality, dsb. Hadiah itu juga harus diberikan di momen dan tempat yang tepat, serta dikemas dalam bingkisan cantik.

Berbanding terbalik dengan penerima, yang sebenarnya merasa “tidak apa-apa” dan tetap senang dengan kado bersahaja. Penerima juga tidak begitu mempermasalahkan apakah kadonya datang terlambat, atau bingkisannya penyok.

3. Yang Bisa Memilihkan Hadiah Lebih Baik itu Wanita

produk handmade, produk qlapa, aplikasi qlapa, produk handmade adalah, produk handmade indonesia, produk handmade unik, jual kerajinan tangan online
Image via: Qlapa.com

Ada jurnal Psikologi yang percaya diri memberikan judul: Women are Better  at Selecting Gifts Than Men. Artinya, wanita itu lebih unggul dalam memilih hadiah ketimbang pria. Wah!

Penelitian itu menunjukkan bagaimana wanita bisa lebih peka terhadap perasaan, minat, dan kecenderungan orang lain. Kaum hawa pun cenderung “pemilih”, tidak mau kadonya itu mainstream dan tidak berkesan.

Namun faktanya, banyak juga laki-laki yang bisa mengemas suprise. Mereka bisa memilih kado yang baik dan menyentuh. Sebaliknya, ada para perempuan yang tak begitu lihai menyusun kejutan berupa hadiah.

Dengan demikian, kemampuan untuk menentukan kado itu tidak melulu ditentukan oleh gender.

~

Kamu setuju dengan semua hasil studi di atas?

Kesimpulannya, tak perlu menganggap kado atau hadiah sebagai beban. Kado atau hadiah bukan pikulan berat yang ditanggung sendirian. Tenang.

Apalagi di zaman now,  di mana segala sesuatunya jadi serba online. Mudah dan praktis. Banyak artikel yang membocorkan tips terbaik untuk memilih hadiah terbaik. Banyak juga marketplace, online shop, atau situs e-commerce yang menampilkan item lengkap tentang calon kadomu. Mau produk umum seperti jam tangan, baju, smartphone, dsb, dijamin tersedia.

Mencari Marketplace/ Online Shop yang Pas

qlapa adalah, produk qlapa, qlapa aksesoris, qlapa furniture, aplikasi qlapa, cara jualan di qlapa, qlapa apk, blog qlapa
Blog resmi Qlapa.com

Ada beberapa website khusus yang menawarkan produk handmade unik khas Indonesia. Tersedia kain, pakaian, perhiasan, aksesoris, alat bawa/ tas, alas kaki/ sepatu/ sandal, hiasan ruang, hiasan dinding, furnitur, casing handphone, alat tulis dan kantor, keperluan traveling, kartu ucapan, dekorasi pesta, rangkaian bunga, kuliner, termasuk produk perawatan dan kecantikan.

Malah bisa-bisa, kamu pun menemukan barang-barang keperluanmu sendiri. Tak hanya tentang kado atau hadiah untuk orang lain saja. Hmm… sudah kuduga.

Eh wajar sih, soalnya item yang ditawarkan memang menggiurkan. Tanggung sendiri risikonya jika sedang punya uang, terus ngepoin situs semacam Qlapa. Ha ha.. Tetapi saya rasa, sudah seharusnya media yang mendukung geliat produk asli Indonesia ini mendapat support penuh.

Lebih lagi, pengelolanya juga serba mengayomi dan memudahkan. Mereka menyajikan artikel-artikel keren seputar tips, item yang sedang ngetrend, DIY (Do it Yourself), dll. Mereka juga memberikan fitur produk yang populer di tiap kategori, yang baru rilis, inspirasi kado untuk yang terkasih, serta pilihan editor.

Nah, kita sudah begitu dimanjakan. Memang mestinya demikian, ya. Permudah, tak perlu dipersulit. Santai saja. demikian, 3 Penelitian Psikologi Tentang Kado dan Hadiah, Permudah Jangan Dibikin Susah! #RD

10 thoughts on “3 Penelitian Psikologi Tentang Kado dan Hadiah, Permudah Jangan Dibikin Susah!

  1. Waah tulisannya keren angle-nya.

    Setuju mengenai jangan dibikin susah. Kalau bermanfaat buat orang lain, tidak mengapa diberikan. Kalau saya senang dikasih kado karena membayangkan, dari jutaan orang dan nama saya ada dalam pikiran si pemberi kado, rasanya sudah penghargaan luar biasa. Iya, kan ? :))

    1. Terima kasih, Mbak.
      Haha iya betul, Mbak komen gini, jadi semakin termotivasi untuk mengapresiasi para pemberi hadiah/ kado. ^_^

  2. Hehe kita samaan yo, Mbak..
    Penjara ternyata enggak jauh2, ada dalam pikiran sendiri. Hehe
    Sip, Qlapa laik untuk dipublikasikan biar orang2 enggak bingung lagi mencari barang2 berkualitas nan anti-mainstream..

  3. Kalau untuk nyari kado dan hadiah kayaknya Qlapa emang bisa jadi salah satu solusi paling oke ya mbak. Selain unik karen ahandmade, juga lengkap dan bervariasi bangeet

  4. Betul, Mbak. Kalau handmade dari pengrajinnya itu kesannya istimewa. ^^
    Haha iya, ya, bervariasi. Jadi bingung, tapi asyik banyak pilihan 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four − three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.