12 Motivasi Blakblakan Kehidupan, Rasanya Seperti Tamparan!

Posted on
motivasi, motivasi blakblakan, motivasi penyemangat, kata kata motivasi sukses, motivasi kerja, status motivasi, kutipan motivasi
Image via: Caters News Agency

Siapa yang mampu menjadi pribadi blakblakan?

Kata “blakblakan” ini cenderung tanpa saring, ya. Kayak rem blong. Padahal ada unsur keterbukaan dan kejujuran di dalamnya. Tak semua orang bisa melakukan itu.

Kalau sedang membaca (atau menulis) postingan motivasi, misalnya. Tak semua isi pikiran dan realitas pahit-asam-kecut diungkap. Ada beberapa yang dipoles sedemikian rupa, sehingga kata-katanya tetap manis seperti takjil buka puasa.

Tetapi hal berbeda saya rasakan dari salah-satu blogger, Alden Tan, yang tulisannya itu kerap bertema IDGAF alias EGP alias boam alias masa bodoh. Malah dia tak segan-segan menuliskan istilah-istilah sesensitif dan sebrutal  ‘f*ck your dreams’ atau ‘you little b*tch’. Hadeuh… Beberapa diantara ungkapan blakblakannya yaitu:

1. Ketika Kamu Takut Kegagalan

Motivasi blakblakan: diamlah saja. Jangan keluar dari zona nyaman. Terus saja sibukkan pikiranmu dengan imajinasi kesuksesan, tapi tak usah berupaya. Doa juga enggak usah. Biarkan sisa usia diisi dengan penyesalan karena tak pernah mencoba.

Motivasi alternatif: coba kumpulkan keberanian dan coba saja dulu.

2. Ketika Kecewa dengan Keadaan dunia

Motivasi blakblakan: Iya, memang, akhir-akhir ini dunia semakin renta sekaligus sinting. Topik berita saja didominasi tentang teroris, perselingkuhan, korupsi, hoax, pemerkosaan, penyakit-penyakit mematikan, narkoba, kecanduan-kecanduan, dsb. Tetapi pikir-pikir lagi, apa semua penyimpangan dan kegilaan itu salah kamu? Ya, manusia punya simpati dan empati, tetapi masalah orang lain tak wajib menjadi masalahmu juga.

Motivasi alternatif: bagaimana kalau introspeksi saja dulu? Tengok keadaan hati nurani dan akhlak sendiri sebelum memusingkan yang lain-lain, yang bahkan tak ada urusannya dengan kamu.

3. Ketika Berpikir Kalau Hidupmu Rudin dan Bikin Muak

Motivasi blakblakan: kalau sempat membaca tulisan ini, apa itu artinya kamu cukup beruntung sudah punya ponsel, laptop, komputer, koneksi internet sendiri, paket data, atau sudah mampu membayar jasa warnet. Di mana rasa syukurmu bersembunyi? Di luar sana, banyak yang tak peduli pulsa, asal bisa makan dan minum. Di luar sana, banyak yang linglung mencari sinyal.

Motivasi alternatif: coba naikkan lagi level syukurnya, keburu nikmat yang sekarang dikurangi bahkan dicopot sama pemiliknya.

bisnis online, cobaan dalam bisnis online, cobaan dalam memulai usaha, ujian dalam bisnis, sabar dalam menjalankan usaha, gigih dalam bisnis
Image via: emmagem.com

4. Ketika Kamu Berjuang Mati-matian Dalam berbisnis

Motivasi blakblakan: bisnis online atau offline, kenapa kamu memilih jalur ini dan berharap mendapat kemudahan seketika? Kalau iya bisnis itu gampang, semua orang pasti sudah memilih dan menjalaninya. Tak ada yang mesti melamar pekerjaan, mengikuti aneka interview, memohon pada “orang dalam”, atau memberikan “uang terima kasih”.

Motivasi alternatif: kalau anak sekolah itu ujiannya setiap semester atau setiap tahun, maka bisnis memberikan ujian setiap waktu. Itu pun sering tanpa pemberitahuan. Tidak mudah. Maka, bekerja keras dan cerdas.

5. Ketika Terus-terusan Dilanda Kemalasan

Motivasi blakblakan: ya sudah, tak perlu berbuat dan mengerjakan apa pun. Jadi penonton saja. Tak perlu memberi makna pada kehidupan.

Motivasi alternatif: niatkan dan berupayalah semampu mungkin. Permulaan itu kadang menjadi bagian tersulit tapi menentukan. Jangan lupa lengkapi dengan doa, biar segala keinginan baiknya jadi berkah.

6. Ketika Kamu Takut Bertemu dan Bergaul dengan Orang Baru

Motivasi blakblakan: jangan keluar rumah. Malah tak usah temui matahari. Jadikan ibu, bapak, adik, dan kakak saja sebagai sahabatmu, sepanjang hayatmu. Tak perlu bertemu orang lain. Jangan repot-repot belajar basa-basi. Batasi pergaulannya hanya di ranah media sosial saja.

Motivasi alternatif: sesekali ke luar dari rumah, ya. Bersosialisasilah dengan tetangga, sahabat, jemaah tempat ibadah, pedagang keliling, penumpang lain di angkutan umum, dan orang asing sekali pun. Tak perlu meniru bunglon. Tetaplah jadi diri sendiri. Kamu bisa sadar betapa unik dan berbedanya mereka. Ada yang jahat, ada yang baik karena sebuah misi, ada juga yang mulia murni.

kecanduan media sosial, cara mengatasi kecanduan media sosial, penyebab kecanduan sosial media, dampak kecanduan media sosial, tanda kecanduan media sosial, faktor penyebab kecanduan media sosial, fenomena kecanduan media sosial
Image via: fix.com

7. Ketika Ingin Viral: Mendapat Perhatian di Dumay

Motivasi blakblakan: kamu merasa konyol enggak, sih? Apalagi sampai nekad dan tega melakukan hal-hal ekstrem seperti mengunggah selfie yang kurang pantas, membohongi publik, menyebar video yang tak layak tonton, memplagiat konten, dll?

Motivasi alternatif: jorjoran dalam hal mencari perhatian di media sosial itu rentan menjadi bahan tertawaan.

8. Ketika Sakit Hati Karena Orang Lain

Motivasi blakblakan: semua hal berubah, termasuk manusia. Yang dulu di matamu tak ada celanya, lama-lama akan menampakkannya juga. Tidak aneh. Tetapi kamu bisa apa? Mereka ‘kan cuma insan biasa. Khilaf dan salah akan mereka lakukan – sama seperti yang sering kamu lakukan juga.

Motivasi alternatif: semua manusia, sesuci apa pun imej-nya, akan tergelincir pada kesalahan dan kealpaan. Kamu bisa membencinya, membalaskan dendam, atau memaafkan dan tetap menerimanya. Pilih reaksi yang ingin kamu terima ketika kamu sendiri yang salah dan alpa.

9. Ketika Kamu Dewasa dan Harus Berjuang dalam Hidup

Motivasi blakblakan: pertama-tama, apa tidak malu pada anak-anak yang sudah memulai perjuangan sejak dini? Sekarang kamu putus cinta, kehilangan uang, tidak memenangkan proyek, tidak punya mobil impian, dsb. Kamu terus berkeluh-kesah seolah-olah kiamat itu hanya berlaku untukmu. Padahal, inilah hidup.

Motivasi alternatif: berhenti mengeluh. Tak ada jiwa bernapas yang tak menghadapi perjuangan. Semuanya berada di medan juang yang berbeda-beda. Ada yang berjuang dengan penyakit menahunnya, ada yang berjuang dengan kesendiriannya, ada yang berjuang dengan kemiskinannya, ada yang berjuang dengan kehampaannya, ada yang berjuang dengan sekolahnya, ada yang berjuang dengan pekerjaan yang dibencinya, dll.

sikap masa bodoh, idgaf adalah, idc adalah, masa bodoh artinya, sikap masa bodoh tts abai, acuh tak acuh tidak peduli masa bodoh
Fotografer: Audrie Flinders via audriefphotography.blogspot.com

10. Ketika Orang-orang Tidak Menyetujui Pilihan dan Tindakanmu

Motivasi blakblakan: kamu tidak susah payah dilahirkan (normal atau pun operasi Caesar), hanya untuk memuaskan semua orang. Kamu tak akan selamanya menyenangkan. Ada kalanya menyebalkan. Capek sendiri kalau kamu berusaha mendapat persetujuan dan kepuasan orang lain.

Motivasi alternatif: masalahnya tidak terletak pada orang lain, melainkan respons dirimu sendiri. Selama keputusan dan tindakanmu baik, jalani saja, abaikan pendapat orang lain. Kalau pun dikelilingi orang toxic alias beracun, sebaiknya jaga jarak.

11. Ketika Berprasangka Hidup Tak Berubah Jadi Lebih Baik

Motivasi blakblakan: kalau mengubah hidup menjadi lebih baik (dari segala sisi) itu mudah hanya dengan membaca quotes inspiratif, menghadiri seminar motivasi, atau membaca buku biografi, tentu dunia ini akan aman dan damai. Semua itu ibarat vitamin. Tetap saja kamu perlu menghadapi realita dan segala kesulitan yang ada.

Motivasi alternatif: memeroleh kehidupan yang lebih baik kadang perlu waktu dan proses. Sabar.

12. Ketika Ingin Menjadi Orang yang Lebih Baik

Motivasi blakblakan: sudah banyak yang mengingatkan, kalau manusia itu tak ada yang sempurna, termasuk kamu – kita. Kamu juga bisa terjungkal dalam kesalahan, menyakiti, dan mengecewakan. Tak perlu terlalu ngotot menyalahkan diri sendiri, apalagi orang lain. Tetapi ada kalanya kamu perlu tanggung-jawab, bukan main tuding pada keadaan dan orang lain.

Motivasi alternatif: hidup tak hentinya memberikan pelajaran. Sambil tumbuh, sambil terus memperbaiki diri. Yang pasti, kedewasaan sejati akan memberimu kebijakan ketika memutuskan sesuatu.

Membaca ulasan blogger yang sudah saya sebutkan di atas memang gerah, ya. hehe… hati kayak ditampak dari semua sisi. 12 Motivasi Blakblakan Kehidupan, Rasanya Seperti Tamparan! #RD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + six =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.