4 Tips Menghindari Macet Saat Liburan

Posted on
tips menghadapi kemacetan, cara mengatasi kemacetan di perkotaan antara lain, kebijakan pemerintah dalam mengatasi kemacetan, menghadapi kemacetan liburan, hari libur macet panjang
Image via: shutterstock.com

Ada yang rindu liburan? Atau, sedang menantikan kedatangannya yang tinggal sebentar lagi?

Saat ini saya sih fleksibel, ya. Tetapi mayoritas saudara saya sudah siap-siap menyongsong liburan. Momen itu memang sangat dinanti-nantikan.

Mereka bilang, lelah dan penat akibat rutinitas seperti pekerjaan, usaha, sekolah seakan terobati pada saat liburan tiba. Bagi mereka yang tinggal diluar kota, liburan merupakan saat yang tepat untuk merajut kembali kebersamaan dengan keluarga tercinta.

Bersenang-senang mengunjungi tempat wisata favorit saat liburan biasanya dilakukan bersama keluarga, pasangan, atau teman. Sayangnya, momen liburan juga identik dengan kemacetan karena banyak wisatawan yang menuju daerah yang sama. Kemacetan parah mampu merusak moodmu dan mengganggu acara liburan. Tapi ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menghindari macet saat liburan.

Pada saat momen liburan panjang seperti libur sekolah libur lebaran, atau libur hari besar lain, biasanya ada hari yang akan menjadi puncak kemacetan, di mana semua orang akan tumpah ruah ke jalan untuk melakukan perjalanan dan berlibur bersama. Ssebaiknya hindari hari itu dan berlibur di hari lain yang lebih longgar.

Misalnya pada saat lebaran, lebaran kedua adalah momen yang sering dimanfaatkan banyak orang untuk berlibur. Geser sedikit jadwalmu satu atau dua hari setelahnya untuk menghindari kemacetan saat liburan.

1. Hindari Berlibur saat Weekend atau Long Weekend

Bagi kamu mahasiswa atau anak sekolah yang ingin berlibur bareng teman atau keluarga pada saat libur panjang, hindarilah weekend. Toh saat ini kamu sedang free, jadi pilihlah hari lain dari Senin hingga Kamis untuk berwisata.

Liburan pada hari kerja akan membuat kamu dapat menikmati pantai dengan maksimal, seolah kamu adalah pemiliknya. Intinya adalah, pilih hari yang tepat untuk menghindari kemacetan saat liburan. Selain itu jangan lupa berangkatnya pakai tiket pesawat murah lion air dan periksa tiket online pesawat maskapai lainnya di Reservasi.com.

Jika kamu ingin liburan pada saat harpitnas, misalnya tanggal merah di hari Senin atau Jumat sehingga menjadi long weekend, siasati liburan bebas macet dengan cara yang lain. Untuk menghindari kemacetan saat liburan, hindari berlibur ke lokasi yang banyak pengunjung. Manfaatkan long weekend seperti ini untuk menjelajahi spot wisata baru di kotamu atau luar kota. Biasanya situs yang belum terlalu populer tidak akan dikunjung terlalu banyak orang dan untuk menuju ke sana pun kamu akan terhindar dari kemacetan.

2. Gunakan Transportasi Umum

Yang paling mudah bagi kamu untuk menghindari kemacetan saat liburan adalah dengan memilih transportasi umum. Daripada mengendarai kendaraan pribadi, lebih baik kamu pilih naik kereta api atau pesawat. Kereta api lebih nyaman dari bus karena memiliki jalur sendiri yang bebas macet. Jadi, setidaknya kamu bisa meminimalisir pengalaman macet yang akan kamu alami pada saat liburan.

Bagi kamu yang suka mengendarai motor atau memang tidak memiliki mobil, motor bisa menghemat banyak waktu pada saat kemacetan. Dengan mengendarai motor kamu bisa tiba beberapa jam lebih cepat ke tempat tujuan dibandingkan mobil, namun tentu saja akan sedikit kurang nyaman bagi kamu yang tidak terbiasa.

3. Memilih Rute Bebas Macet

Tips menghindari kemacetan saat liburan berikutnya adalah persiapan yang matang. Jika kamu memang tidak bisa memilih hari lain, namun harus ikut dalam arus kemacetan maka siasatilah dengan memilih rute yang tepat. Pelajari rute yang akan kamu tuju, biasanya aplikasi Google map akan menunjukkan daerah yang rawan macet dengan tanda merah.

Pilihlah rute alternatif yang aman dan bisa dilalui kendaraanmu yang paling sedikit ‘merah’ nya. Jika kamu cermat, kamu bisa menghemat waktu beberapa jam dibandingkan memilih jalur utama yang pasti macet.

Namun pastikan jalur ini benar-benar aman dan perhatikan juga hal penting seperti jarak pom bensin terdekat, bengkel atau rumah sakit terdekat. Persiapan jalur tempuh alternatif sebaiknya kamu lakukan sebelum berangkat. Pastikan bensin kamu penuh dan logistik kamu memadai mengingat mungkin tidak ada resto di jalur yang akan kamu lalui.

Selain itu, kamu juga bisa memantau laporan arus kendaraan dari media sosial seperti Facebook atau Twitter. Cari informasinya sebelum kamu berangkat agar kamu dapat menghindari kemacetan saat liburan. Dan untuk maskapainya ingat untuk hanya beli tiket pesawat murah lion air ya, Guys.

4. Lewati  Jalan Tol

Jika macet tak terhindari,  maka bekerjasamalah dan jangan menambah kemacetan. Caranya mudah saja, pada saat melewati toll, siapkan kartu e-toll atau uang tunai pas, isi bensin penuh dan persiapan lain yang akan membuat kamu nyaman selama di perjalanan. Perhatikan juga psikis orang-orang yang berkendara bersamakamu. Orang akan sangat mudah tersulut emosinya jika berada dalam kemacetan yang bikin stress.

Sediakan camilan dan minuman, buku, musik atau apapun yang dapat mengusir penatsaat kemacetan.Jika kamu akan melalui daerah yang rawan macet, atur waktu keberangkatan yang pas yang memiliki peluang untuk menghindari kemacetan, misalnya dengan berangkat lebih pagi.

Tetap jaga stamina jika kamu akan menyetir, usahakan menyetir bergantian jika bepergian bersama teman atau anggota keluarga. Jika kamu terlalu lelah, nanti malah kamu akan beristirahat di tempat liburan dan kurang maksimal dalam mengekplorasi tempat wisata tujuan kamu.

Bagaimana, sudah tahu tipsnya bukan? Hanya untuk tiket online pesawat hanya beli di Reservasi .com dan dapatkan tiket pesawat murah lion air di situs yang satu ini. [RV]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + thirteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.