22 Keganjilan dan Keanehan Orang Introvert

Posted on
keanehan introvert, pribadi introvert, rahasia introvert, jenis orang introvert, kepribadian introvert, sifat introvert, keistimewaan introvert
Image via: businessinsider.com

Masihkah ada orang yang mendefinisikan introvert sebagai manusia penyendiri, pendiam, dan pemalu?

Lalu kenapa ada orang introvert yang “lancar” berteman, nongkrong, berbasa-basi, dan bahkan tampil di depan umum?

Ayolah, introvert juga homo sapiens biasa – makhluk sosial. Introversimu tak langsung ‘tercoreng’ ketika berbaur di keramaian, mengobrol dengan orang asing, atau bekerja secara tim. Ada waktu untuk semua itu. Namun kamu juga pasti mengatur waktu lagi untuk menyendiri.

Situasional saja. Misalnya kalau enggak nyaman di tengah orang-orang yang belum begitu dikenal, orang introvert akan banyak diam. Perlu waktu cukup lama agar bisa ‘nimbrung’. Lagi jika sedang dikelilingi sosok yang familier, orang introvert bisa tampil cerewet dan fun.

Kalau menurut bapak Psikologi modern, Carl Jung, enggak ada tuh yang namanya orang introvert murni atau orang ekstrovert murni. Dengan kata lain, ada kalanya orang introvert bertingkah seperti orang ekstrovert. And vice versa, orang ekstrovert pun kadang bertingkah seperti orang introvert.

Ini dia hal-hal kontradiktif orang introvert, yang kalau kata orang ‘sana’ mah relatable:

pribadi introvert, pribadi introvert dan ekstrovert, introvert adalah penyakit, keunikan introvert, kelebihan introvert, test introvert, ketika orang introvert marah, penyebab introvert
Image via: introvertmeetsworld.com

#1 Malas rasanya untuk hadir di acara-acara yang sudah pasti ramai. Tapi di sisi lain memang tak ingin ketinggalan juga.

#2 Diam-diam berharap ada pengakuan dan apresiasi dari orang-orang atas karya/kinerja kamu. Tapi di sisi lain, kamu kurang nyaman menjadi pusat perhatian.

#3 Punya sebutan ‘si pemalu nan pendiam’ di tengah orang-orang yang belum begitu kenal. Tetapi dianggap ‘si gokil nan konyol’ di tengah orang-orang terdekat.

#4 Pikiranmu jejal dan bising. Banyak yang ingin kamu sampaikan. Tetapi ketika hendak sharing dengan orang lain, mulutmu tertutup seakan-akan kehabisan kata. Ujung-ujungnya kamu diam saja.

#5 Segala sesuatunya ingin serba sendiri. Enggan rasanya berurusan dengan manusia. Tapi di sisi lain, ada keinginan untuk menjalin hubungan lebih dalam dengan manusia-manusia tertentu.

#6 Bisa menjadi teman chat yang ‘rusuh’ dan bawel di dunia maya/ media sosial, namun menjelma menjadi teman tak banyak aksi dan kata di dunia nyata.

#7 Ada keinginan untuk menambah teman/ kenalan. Tetapi sebagian besar waktumu tak ingin diganggu oleh mereka, melainkan tetap dinikmati sendirian.

#8 Ingin gabung dan berbincang secara mendalam dengan orang lain. Tetapi kamu sulit memulai, sehingga hanya menunggu dia mulai duluan dan tingkah-lakumu jatuhnya tetap kikuk.

#9 Bisa dihujani pujian karena sudah menulis, berbicara, berpidato, atau melakukan presentasi yang sukses dan lancar di depan umum. Tetapi tetap saja berbata-bata ketika berbasa-basi dengan orang-orang.

#10 Pas sekolah, gregetan ingin menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru, karena kamu memang tahu jawabannya. Tetapi berat rasanya untuk mengangkat tangan dan membayangkan semua mata tertuju padamu saja.

#11 Ketika diskusi, ada ide dan saran cemerlang dalam otakmu. Tetapi kamu tetap membisu, karena terlalu sibuk mempertimbangkan ‘bagaimana kalau idenya tidak diterima?’ atau ‘bagaimana kalau kamu jadi sorotan semuanya?’.

#12 Berkarya, bekerja, atau menciptakan sesuatu diam-diam, dengan harapan ada orang yang ngeh dan mengapresiasimu. Tetapi kamu enggan menunjukkan diri. Biarlah orang-orang tahu tanpa kamu kasih tahu.

#13 Kurang suka sama orang yang mendominasi pembicaraan, berisik, dan mengganggu keheningan. Tetapi kamu hanya bisa sabar dengan membiarkan orang tersebut, sebab kamu tak ingin dicap tidak sopan atau tidak fun.

#14 Ingin mendapatkan pasangan sejati sesuai selera diri, tetapi berpapasan dengan sosok yang kamu  kagumi pun tak mau dan tak berani.

#15 Para guru, teman sekolah, dan teman kerja mendorongmu untuk bicara dan menjadi orang yang terbuka tentang segalanya. Tetapi sahabat dan pasanganmu mendorongmu untuk tidak terlalu banyak bicara, khususnya tentang kesukaan dan hobimu sendiri.

#16 Tulisanmu bisa panjang, tetapi pembicaraanmu sering pendek. Ya, bagimu menulis itu lebih lancar daripada berbicara. Maka kamu seringkali curhat via media sosial atau blog ketimbang dengan curhat berhadap-hadapan.

#17 Berharap bisa ‘lentur’ berkomunikasi seperti orang lain, tapi malah pusing sendiri karena tidak bisa melakukannya dan seperti berubah kepribadian.

#18 Ingin tidur pulas tanpa gangguan, tapi pikiranmu sangat aktif dan terus berisik.

#19 Berharap ada minimal satu orang yang memahami, tetapi kalau dipikir-pikir, kamu juga sulit memahami dirimu sendiri.

#20 Terkadang ingin bersenang-senang di luar rumah, tetapi tetap berharap agar acaranya tidak begitu lama, bahkan tidak jadi sekalian.

#21 Punya mimpi untuk menjelajahi dunia, tetapi berat rasanya untuk meninggalkan kamar atau rumah dalam jangka waktu lama.

#22 Sangat peduli dengan orang-orang pilihanmu, tetapi kamu kesulitan menjaga hubungan/ kontak dengan mereka.

Mungkin masih banyak lagi hal-hal ironis yang dialami orang introvert. Tak apa. Peluk saja kepribadian itu. Yang penting masih berkenan tumbuh, belajar, dan berkembang. 22 Keganjilan dan Keanehan Orang Introvert. #RD

2 thoughts on “22 Keganjilan dan Keanehan Orang Introvert

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.