Home My Files Diary Tentang Inspirasi dan Motivasi 10 Hal ini Tidak Dilakukan oleh “Bibit Unggul” yang Berani dan Mandiri

10 Hal ini Tidak Dilakukan oleh “Bibit Unggul” yang Berani dan Mandiri

0
SHARE
bibit unggul, bibit unggul twitter, wanita mandiri, perempuan mandiri, perempuan pemberani
Image via: thoughtcatalog.com

Bibit unggul. Dua kata ini tampaknya masih sedang panas, ya. Pengguna Twitter kemungkinan besar sudah tahu persoalannya.

Persoalan apapun selalu tambah membara ketika para netizen, baik yang biasa maupun yang sudah dicap “seleb”, nyamber. Para warganet terbagi dua; rusuh. Mereka beradu postingan berisi argumen masuk akal, opini absurd, video, gif, meme, atau apapun itu. Seru.

Fenomena ini juga yang membuat tagar #bibitunggul terus unggul.

Saya pribadi ikut ngepoin karena 2 akun yang dikagumi, Mas Pinot/ Wahyu Ichwandardi dan Mbak Ditut/ Dita, terlibat di dalamnya. Pasangan itu sangat kreatif. Karya-karyanya sulit untuk tidak dikagumi. Tak heran kalau tim mereka lebih “gendut”, bahkan diperkuat juga oleh barisan selebtwit. Nah, mereka berurusan dengan mahasiswi bibit unggul berinisial FR.

Baiklah, saya tahan diri saja, ya.

Banyak sudut yang bisa dibahas dari 1 persoalan ini. Salah-satunya yaitu karakter FR. Di luar judgement yang diberikan para netizen, sosok beliau mengingatkan tentang perempuan berkarakter kuat. Khususnya yang berani dan mandiri.

Well, sampai zaman sekarang, menjadi sosok yang berani dan mandiri itu masih menjadi misi sulit. Berani dan mandiri tak hanya tentang pisah rumah dari orang tua, mendapat pekerjaan dengan jabatan tinggi, memiliki titel pendidikan tinggi, punya uang sendiri, berotot dan tidak suka menangis.

Jadi bagaimana mestinya figur bibit unggul yang berani dan mandiri? Apa yang tidak pernah mereka lakukan?

perempuan strong, caption perempuan strong, gambar perempuan strong, ciri perempuan mandiri, ciri perempuan pemberani
Image via: 8tracks.com

1. Bibit unggul tidak menelantarkan kewajibannya

Kendalikan hati untuk tidak mengklaim diri sebagai bibir unggul, kalau kamu masih melepaskan tanggung-jawab. Mau tim pelajar, tim pengikut passion, atau tim bekerja yang ada saja, para bibit unggul biasanya berupaya maksimal. Ketika lelah, mereka hanya istirahat dan bukan menyerah begitu saja. Mereka juga melakukan hal sama sebagai makhluk sosial dan hamba Tuhan.

2. Bibit unggul tidak mempertahankan hubungan yang toxic

Hubungan spesial atau persahabatan memang indah. Namun keadaan tersebut kerap dikeruhkan dengan karakter orangnya. Sebagian bersifat toxic alias beracun. Misalnya mereka ringan tangan, picik, suka memfitnah, dll. Jika demikian, bibit unggul tak segan-segan jaga jarak bahkan menjauhi hubungan dengan orang-orang demikian.

3. Bibit unggul tidak dikontrol siapapun dalam menjalani hubungan

Hanya karena teman sebaya sudah menikah semua, bibit unggul tak lantas memberi kesempatan begitu saja pada seseorang. Mereka tak akan menjalani hubungan dengan alasan kesepian, bete, dikejar umur, kasihan, tuntutan keluarga, atau atas nama status belaka. Mereka bukan tipikal orang yang mudah mempermainkan hati sendiri dan hati orang lain. Jika sudah menemukan orang yang tepat, mereka akan memberikan yang terbaik.

4. Bibit unggul bisa berakhlak mulia di segala suasana

Keadaan baik dan buruk berpotensi menjadi ujian. Ketika berada di atas, mereka tetap rendah hati. Mereka masih bersedia belajar dan mendengar. Ketika berada di bawah, mereka tidak menyalahkan Tuhan dan keadaan. Mereka mengambil pelajaran dari kesalahan dan kegagalan, lalu berupaya menjadi lebih baik.

5. Bibit unggul tidak mudah menjadi umpan para haters/ pembenci

Bukan selebritis saja yang memiliki haters, orang biasapun berpeluang dibenci. Mereka tak hanya eksis di dunia nyata, melainkan media sosial juga. Namun ketika bibit unggul diserang, mereka tidak mudah terjebak. Sebaliknya, mereka malah menyibukkan diri dengan kebaikan, dan tak memerdulikan kebencian yang tak layak mendapat perhatian.

perempuan mandiri, wanita mandiri, karakter wanita mandiri, wanita tangguh dan mandiri
Image via: elitedaily.com

6. Bibit unggul tidak pernah pensiun jadi pembelajar

Semakin belajar, bibit unggul akan semakin haus dan lapar. Mereka tidak pilih-pilih sumber pembelajaran, tidak hanya terbatas pada institusi pendidikan. Selama bagus dan baik, mereka bersedia menyerap dan menerapkannya.

7. Bibit unggul tidak didikte orang lain

Keberanian dan rasa percaya diri mereka tidak mudah anjlok hanya karena terpengaruh orang lain. Kepala mereka tetap tegak meskipun orang lain menyudutkan penampilan fisiknya, gendernya, keluarganya, dll. Mereka tidak mudah didikte orang lain yang mengatakan ‘kamu jelek’, ‘kamu tidak berguna’, ‘kamu tidak punya apa-apa’, dsb.

8. Bibit unggul tidak mengabaikan kesehatan fisik, mental, dan spiritualnya

Mereka menyadari kalau tubuh itu memerlukan makanan-minuman halal nan baik, istirahat yang cukup, termasuk rileksasi. Keadaan fisik itu juga ditunjang dengan stabilnya mental dan spiritual. Mereka tidak larut pada keadaan stres dan kehampaan. Jika butuh pertolongan, mereka tidak ragu untuk konsultasi.

9. Bibit unggul tidak mengandalkan harapan kosong

Banyak jiwa yang sakit dan kecewa akibat berharap terlalu banyak. Bibit unggul tidak akan jatuh pada buaian angan-angan kosong. Sebab jika realita sudah menampar dengan keras, harapan yang tidak nyata itu hanya akan menyakitkan. Mereka optimis, namun juga realistis.

10. Bibit unggul bisa menyetir roda hidupnya

Mereka paham dan sadar akan keputusan kariernya, pasangannya, masa depannya, gaya hidupnya, tingkah lakunya, dll. Mereka menahan diri untuk tidak over-sharing di media sosial, karena tahu hal tersebut mendatangkan mudarat lebih banyak. Mereka tidak memaksakan begadang, karena tahu hal tersebut membuat energi dan konsentrasi jadi terkuras. Mereka memutuskan menikah dengan Si X, karena tahu dia bisa menjadi pilihan terbaik. Dsb.

Biasanya bibit unggul tidak gamblang mengakui kalau dia sudah termasuk bibit unggul. Dia terus belajar, dan menjalankan hidup yang penuh pilihan ini dengan keputusan terbaik; paling banyak manfaatnya, paling minim mudaratnya. Demikian, 10 Hal ini Tidak Dilakukan oleh Bibit Unggul yang Berani dan Mandiri. #RD

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.