Home Your Files 5 Kopi Arabika Terbaik di Indonesia, Pernah Mencicipinya?

5 Kopi Arabika Terbaik di Indonesia, Pernah Mencicipinya?

0
SHARE
5 kopi arabika terbaik di indonesia, kopi terbaik di indonesia, kopi terbaik di dunia 2018, jenis kopi arabika, kopi arabika terbaik di indonesia, macam-macam jenis kopi di indonesia, kopi terenak indonesia, kopi toraja terbaik
Image via: arabicacoffeeco.com

Kopi arabika​ berasal dari tanaman kopi yang berasal dari Abyssinia, sebuah daerah di Afrika yang saat ini mencakup negara Ethiopia dan Eritrea. Kopi ini dibawa oleh pedagang Arab ke Yaman, dan terus dipopulerkan hingga ke wilayah Asia dan Eropa.

Kopi Arabika itu lebih mahal, bijinya lebih panjang, cita rasanya lebih asam-tidak begitu pahit, teksturnya lebih halus, aromanya lebih wangi seperti bunga dan buah-buahan.

Kopi Arabika Zaman Now

Popularitas kopi arabika di masa sekarang sudah tidak di ragukan lagi, bisa dikatakan kopi jenis ini kopi yang paling bayak di konsumsi oleh pencinta kopi dan barista di seluruh dunia. Ada beberapa fakta menarik tentang kopi jenis ini, yaitu kopi ini sulit di tanam, rentan terhadap hama dan cuaca.

Di habitatnya, tanaman ini tumbuh di bawah kanopi hutan tropis yang rimbun. Kopi ini tumbuh di ketinggian di atas 500 meter dpl. Kopi ini akan tumbuh maksimal bila ditanam di ketinggian 1000-2000 meter dpl. Dengan curah hujan yang menyertainya 1200-2000 mm per tahun. Suhu yang sangat cocok untuk tanaman ini adalah 15-24 derajat celcius, dan tanaman kopi ini tidak tahan pada temperatur suhu yang mendekati beku misalnya 4 derajat celcius.

Kopi Arabika di Indonesia

kopi arabika, kopi arabika indonesia, pohon kopi arabika, biji kopi arabika, kopi arabika toraja, jual kopi arabika, kopi arabika gayo, beli kopi arabika online
Image via: ccafs.cgiar.org

Di Indonesia sendiri, kopi bangsa Arab ini hanya tumbuh di daratan yang memiliki ketinggian 6000-2000 meter diatas permukaaan laut (MDPL). Untuk berbunga dan menghasilkan buah, tanaman kopi ini membutuhkan waktu sekitar 4-5 bulan. Biasanya pohon kopi ini akan berbunga diakhir musim hujan. Bila bunga yang baru mekar tertimpa hujan yang deras akan menyebabkan kegagalan berbuah.

Budaya mengkonsumsi kopi di Indonesia sendiri sudah lama terjadi, semua kalangan dari muda hingga tua sangat gemar mengkonsumsi minuman ini, dan outlet-outlet kopi sudah banyak dibuka, dan menyediakan bebrapa jenis kopi. Kini Indonesia memiki banyak kopi yang sudah diakui kenikmatannya di kancah internasional. Sebut saja Aceh gayo, Bawaja Flores, Mandailing, Sidikalang, Toraja, dan masih banyak lagi, lebih dari 15 daerah penghasil kopi unggulan di Indonesia.

Khusus pecinta arabika di Indonesia, sudah tahukah kalian kopi dari daerah mana yang paling cocok untuk kalian? Berikut lima jenis kopi arabika​ terbaik dari lima daerah di Indonesia, yang wajib kalian coba.

1. Wamena, Papua

kopi arabika wamena, kopi arabika wamena papua, kopi arabika terbaik di indonesia, jual kopi wamena di jayapura, harga kopi wamena, kopi papua, karakter kopi papua
Image via: lintaskopi.com

Kopi ini tumbuh di lembah Baliem pegunungan Jayawijaya, Wamena tanpa menggunakan pupuk kimia. Kopi yang dikenal sebagai kopi organik ini memiliki aroma dan cita rasa yang khas dibandingkan dengan cita rasa kopi bangsa Arab yang lain. Jika kopi arabika biasanya ditanam dalam ketinggian di atas 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl), kopi ini ditanam di sekitaran tebing dengan minimum ketinggian 2.000 mdpl dengan suhu 20-25 derajat celcius.

Proses panen dan lokasinya yang sulit dijangkau tersebut membuatnya semakin enak. Kopi ini merupakan kopi yang diklaim memiliki kualitas terbaik, dengan kandungan kafeina yang minim. Kopi Wamena memiliki aroma yang wangi dan khas, bertekstur soft, serta bagi penikmat kopi Wamena juga memiliki after taste (rasa yang muncul setelah minum kopi) yang manis. Kopi ini dibudidayakan di Kampung Tagulik Distrik Bugi Kabupaten Jayawijaya.

2. Toraja, Sulawesi Selatan

kopi toraja, kopi toraja terbaik, sejarah kopi toraja, rasa kopi toraja, karakter kopi toraja, harga kopi toraja, kopi toraja kalosi
Image via: jawaracoffee.com

Kopi Toraja Kalosi merupakan nama sebuah kopi yang berasal dari dua daerah yang berbeda. Biji kopi Toraja Kolasi di tanam di daerah pegunungan tinggi Sulawesi Selatan. Kalosi adalah nama kota kecil di Sulawesi yang merupakan tempat pengumpulan kopi di daerah sekitarnya. Toraja adalah pegunungan di Sulawesi, tempat dimana tumbuhnya kopi tersebut.

Kopi Toraja juga sering disebut sebagai “Queen Of Coffee” karena memiliki taste yang seimbang dan unik tingkat keasaman yang rendah, halus, serta cita rasa yang floral dan fruity. Sensasi rasa kopi kuat, menembus lidah. Sensasi rasa kopinya kuat, menembus lidah. Juga ada rasa kecut. Pahitnya muncul di lidah tak lama setelah diminum.

Kopi ini mempunyai warna tampak lebih bening setelah dituang ke dalam cangkir, mirip seperti teh hitam yang pekat. Kopi asal tana Toraja ini juga sangat fantastis kenikmatannya. Rasa identik dari kopi ini ialah kecokelatan, tembakau, atau caramel. Dari segi keasaman dan body menurutnya medium, cocok bagi kalangan yang tidak suka terlalu asam atau terlalu pahit.

Selain itu, aroma herbal dari kopi toraja tidak ditemukan didaerah lain dan inilah ciri khas yang dimiliki oleh Kopi Toraja. Kopi ini merupakan salah satu kopi yang membanggakan nama Indonesia di kancah perkopian internasional. Kopi ini sudah diperkenalkan oleh Key Coffe di negeri Sakura Jepang, Amerika Serikat, dan Jerman.

3. Malabar, Jawa Barat

kopi malabar, harga kopi malabar, karakter kopi malabar, kopi malabar berasal dari, pt. kopi malabar indonesia bandung, jawa barat, kopi malabar bogor, malabar mountain coffee
Image via: dejavart.blogspot.com

Malabar merupakan sebuah gunung api yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung ini terletak di bagian selatan Kabupaten Bandung dengan titik tertinggi 2.343 meter di atas permukaan laut. Kopi Malabar Jawa Barat ini sudah diknal sejak lama bahkan sejak jaman penjajahan Belanda. Pada tahun 1725, Indonesia menjadi negara besar pengekspor kopi di dunia.

Kopi yang berasal dari kopi Malabar ini dikenal dengan nama “Kopi Java Preanger” baik di Indonesia maupun di dunia. Kopi Malabar atau Java Preanger memiliki karkteristik rasa kekentalan dan keasaman medium ke atas, rasa dominan cokelat dengan rasa akhir rempah, bahkan terkadang ada rasa nangka. Pasca panennya yang rapih dan terstruktur membuat hasilnya menjadi salah satu yang terbaik. Taste-nya lebih bagus dan beragam, ada natural process, semi wash sampai full wash process.

4. Arabika Gayo, Aceh

kopi arabika gayo aceh, karakter kopi aceh gayo, rasa kopi gayo, kopi gayo termahal di dunia, kopi gayo aceh asli, kopi gayo asli
Image via: militan.co.id

Jika kaliann mengaku pecinta kopi sejati tentu kalian tidak akan asing dengan kopi ini. Kopi yang berasal dari daerah Tanah Gayo, Aceh Tengah ini menjadi salah satu jenis kopi yang paling banyak dikonsumsi masyarakat maupun yang diekspor ke luar negeri. Kopi Gayo memiliki ciri unik dengan kekhasan aroma yang berbeda dengan kopi-kopi lain di Indonesia.

Kopi Gayo menghasilkan sebagian besar jenis kopi Arabika​ terbaik. Cita rasa kopi Gayo sendiri terasa lebih pahit dengan tingkat keasaman rendah. Aromanya yang sangat tajam menjadikan jenis kopi ini menjadi penghasil kopi terbesar di Asia. Meskipun rasanya pahit, kopi Gayo memberi aroma gurih pada setiap tegukan.

Kopi gayo juga merupakan varietas kopi arabika​ yang menjadi salah satu komoditi unggulan yang berasal dari dataran tinggi Gayo, Sumatera, Indonesia. Kopi Gayo telah mendapatkan Fair Trade Certified dari Organisasi International Fair Trade pada tanggal 27 Mei 2010, Kopi Gayo menerima sertifikat IG (indikasi Geografis) diserahkan oleh Menteri Hukum dan HAM Indonesia.

Baca Juga: Kopi Gayo Wine Tak Ada, Manglayang pun Jadi Penggantinya

Kemudian pada Event Lelang Special Kopi Indonesia tanggal 10 Oktober 2010 di Bali, kembali kopi arabika gayo memperoleh peringkat tertinggi saat cupping score. Sertifikasi dan prestasi tersebut kian memantapkan posisi kopi Gayo sebagai kopi organik terbaik dunia.

5. Flores, Nusa Tenggara Timur

kopi arabika flores, kopi arabika flores bajawa, beli kopi bajawa, kopi flores manggarai, karakter kopi flores manggarai, kopi flores terbaik, kopi flores bajawa online
Image via: kupang.antaranews.com

Bajawa adalah daerah di Flores, Nusa Tenggara Timur. Daerah di Bajawa termasuk lingkungan alamnya masih murni, belum ternoda oleh polusi dan dunia luar. Flores terkenal dengan keindahan alamnya yang begitu menakjubkan, siapa sangka daerah ini ternyata juga menghasilkan kopi yang tak kalah nikmatnya. Kopi Flores Bajawa namanya, sebuah kopi yang berasal dari Kabupaten Ngada.

Kopi ini tumbuh di dataran Flores yang subur meskipun dikelilingi oleh pegunungan yang masih aktif maupun tidak. Tanah dari tempat kopi ini dihasilkan, ternyata mengandung andosols subur dari gunung berapi yang ternyata sangat baik untuk menanam kopi. Dan, jadilah kopi Flores Bajawa yang nikmatnya tak kalah dengan kopi nusantara lainnya. Kopi Flores Bajawa melalui proses giling basah.

Kopi ini memiliki karakteristik rasa Nutty, sedikit aroma cokelat, spicy, strong, citrus, bunga, hingga kayu dan sedikit bau tembakau pada after taste-nya. Sebuah keunikan yang mungkin tak didapatkan dari biji kopi yang berasal dari daerah lain. Dengan tingkat acidity dan bentuk kopi yang medium, kopi ini sangat cocok untuk semua kalangan.

Bagaimana, kamu pernah mencicipi salah-satu atau semua kopi arabika terbaik Indonesia? demikian, 5 Kopi Arabika Terbaik di Indonesia, Pernah Mencicipinya? [KH]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 − 12 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.