Home My Files Diary Tentang Menulis atau Blogging Mengikuti Acara FLP Kuningan: Trik Melejitkan Konten Blog di Mesin Pencari 

Mengikuti Acara FLP Kuningan: Trik Melejitkan Konten Blog di Mesin Pencari 

0
SHARE
flp kuningan, flp kuningan jawa barat, trik Melejitkan Konten Blog di Mesin Pencari, cara membuat seo di website, cara mengaktifkan seo di blog, cara meningkatkan seo blog
Image via: elegantthemes.com

Trik melejitkan konten di search engine alias mesin pencari itu apa, sih?

Saya pribadi menganggap misi tersebut tidak mudah. Bagaimana pun, kita “berkompetisi” dengan penyedia konten lain, yang jumlahnya banyak. Apalagi kalau isi tulisannya sudah tidak asing.

Namun terkesima juga ketika ada beberapa kata kunci yang berhasil menggiring pembaca ke postingan blog Rosediana.net. Bahkan postingan-postingan tersebut bisa nangkring di halaman awal Google. Padahal saya tidak melakukan “treatment” khusus. Oh, saya memang sedang beruntung saja.

Setelah sharing dengan sahabat (rasa kakak sekaligus mentor), beliau mengatakan kalau faktor tulisan yang menyebabkan Google kepincut itu sangat banyak. Poin pentingnya, menurut beliau, tak jauh dari konten. Orang barat bilang, content is king. Ah, senang rasanya kalau konten yang kita buat bisa mengandung manfaat dan dibaca orang banyak.

Sebagai blogger amatir, saya sadar, tulisan yang menjangkau banyak pembaca itu bisa menjadi bumerang. Di satu sisi, konten bisa menjangkau banyak pembaca dan traffic blog meningkat. Di sisi lain, saya mesti siap menerima lebih banyak feedback, yang tak hanya berisi pujian, melainkan juga kritikan – atau mungkin kebencian?

Hanya saja, kalau tulisan kita dinilai lebih mengandung banyak manfaat, kenapa tidak untuk menyebarluaskannya? Lagipula, soal kritik dan cibiran, rasanya wajar. Malah harus siap. Persoalannya terletak pada bagaimana cara memandangnya.

Acara FLP Kuningan: Melejitkan Konten di Search Engine

flp kuningan, flp forum lingkar pena, syarat menjadi anggota forum lingkar pena, forum penulis kuningan jawa barat, komunitas penulis kuningan jawa barat
Image via: IG @flpkuningan

Akun Instagram FLP Kabupaten Kuningan, @FLPKuningan, mengunggah postingan menarik. Mereka hendak mengadakan acara bertajuk “Melejitkan Konten di Search Engine” bersama Pak Cahyono Rajab. Lebih keren lagi, sebab acara tersebut tidak berbayar dan terbuka untuk umum.

Saya pun ikutan!

Acaranya berlangsung pada Minggu (02 September 2018) di Aula Masjid Syiarul Islam Lantai 1 Kuningan Jawa Barat. Namun karena bertepatan dengan Car Free Day sekaligus perayaan HUT Kabupaten Kuningan ke-520, maka jalanan macet. Situasinya ramai. Maklum, warga sedang berpartisipasi memecahkan rekor dunia kategori peuyeum/ tape ketan terpanjang.

Rencana pun molor. Moderator, Teh Maya Nurmayanti, baru membuka acara pada pukul 11-an. Pemberian materinya juga terasa singkat, sebab azan zuhur menjadi pertanda berakhirnya acara. Meski demikian, Pak Cahyono Rajab (reporter AMTV dan MediaAM) membagikan sedikit ilmu dan pengalamannya dengan efektif. Berikut ini hasil catatan saya tentang trik melejitkan konten blog di mesin pencari:

Konten

Setelah melakukan brainstorming dengan peserta, pemateri menyimpulkan kalau konten itu adalah isi, materi, informasi, atau muatan yang kita sediakan melalui media. Entah itu tulisan, video, gambar, dll. Menurut beliau, konten bisa berupa berita, karya sastra, dan artikel bebas.

Versus

Selanjutnya, muatan bisa memiliki kebalikannya tersendiri. Misalnya ada konten fakta, ada juga konten hoax. Konten jenis kedua ini, meski efeknya besar, namun mesti dihindari. Kemudian ada konten orisinil/asli, ada juga yang re-write atau menulis kembali (versi sendiri).

SEO Friendly

Bicara tentang SEO (Search Engine Optimization), bagi saya pribadi, memang rumit. Namun pemateri sharing trik khusus soal ini:

  • Lakukan riset keyword
  • Gunakan sub-heading
  • Tulisan maksimal 300 kata dan tidak lebih dari 1200 kata
  • Gunakan judul yang menarik minat dan emosi pembaca, pelajari dari beberapa aplikasi/media berita yang judulnya menarik, namun jangan sampai clickbait, isinya harus sesuai judul.
  • Penempatan keyword dan font style. Keyword-nya, menurut beliau, letakkan di awal tulisan. Kemudian untuk font style, yang bagian awal itu bold, tengah italic, dan bawah/akhir
  • Backlink

Keterbatasan waktu membuat saya pulang dengan rasa yang mengganjal. Tak ada sesi tanya jawab di forum, sehingga diskusi mesti terputus. Meski demikian, saya senang sudah mendapat ilmu dan silaturahmi dengan para anggota FLP Kabupaten Kuningan. Barokallah. Mengikuti Acara FLP Kuningan: Trik Melejitkan Konten Blog di Mesin Pencari. #RD

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 + ten =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.