Home Your Files Penyebab Utama Kegemukan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Utama Kegemukan dan Cara Mengatasinya

0
SHARE
diet mayo, efek diet mayo, trend diet mayo, menu diet mayo sukses, menu diet mayo yang simple, menu diet mayo yang murah, pengalaman diet mayo, menu diet mayo yang enak
Image via: hellosehat.com

Banyak orang tidak menginginkan lemak di tubuhnya. Kenapa, ya?

Kita menganggap lemak itu tidak sehat dan tidak berguna. Padahal sebenarnya, tubuh kita tetap membutuhkan lemak agar berfungsi dengan maksimal dan bekerja dengan baik.

Hanya saja, kelebihan lemak memang tidak baik. Karena lemak berpotensi meningkatkan berat badan melebihi bobot ideal, dan dapat juga menyebabkan berbagai masalah seperti penyumbatan arteri oleh lemak. Arteri yang tersumbat dapat berakibat fatal (stroke atau serangan jantung).

Di waktu-waktu tertentu, lemak sangat dibutuhkan sebagai sumber energi. Karena sejatinya, lemak merupakan tabungan energi yang kita dapatkan saat mengkonsumsi makanan yang tidak habis dibakar sebagai sumber energi oleh tubuh.

Jadi, walaupun kita tidak makan berhari-hari, kita tetap bisa punya tenaga untuk beraktivitas jika masih punya tabungan lemak dan otot/daging di dalam tubuh. Tubuh akan memecah lemak tersebut dan kemudian memanfaatkannya sebagai sumber energi. Itulah yang membuat kita tetap bisa beraktivitas sekalipun tidak makan berhari-hari.

Menurut para ahli kesehatan, lemak akan berubah menjadi berbahaya apabila berada di tempat-tempat tertentu. Seperti di perut atau di pinggang. Mengapa? Karena area tersebut merupakan area yang paling dekat dengan organ tubuh kita (jantung, hati, empedu, dan lain-lain).

lemak perut, lemak perut susah hilang, lemak perut buncit, lemak perut tebal, diet mayo untuk lemak perut
Image via: kabariku.com

Lemak yang ada di area perut dan pinggang berpotensi menyebabkan:

  • Penyakit jantung atau gagal jantung
  • Meningkatkan resiko diabetes tipe 2
  • Berpotensi menyebabkan kanker kolorektal
  • Resistensi insulin
  • Tekanan darah tinggi
  • Kematian dini

Melihat fakta di atas, sekarang kita menyadari bahwa kegemukan memang sangat berbahaya. Menurut penelitian, kegemukan lebih berbahaya dari kebiasaan merokok, karena berpotensi lebih besar menyebabkan kematian dini. Tapi bukan berarti saya membolehkan kamu tetap merokok. Tetap saja, rokok juga berbahaya bagi kesehatan.

Lalu apa yang menyebabkan lemak di tubuh kita terus-menerus bertambah? Apakah karena kelebihan makan? Ataukah karena ada faktor lainnya?

Berikut adalah beberapa penyebab kita menjadi sangat cepat gemuk atau kelebihan berat badan:

  • Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat yang berasal dari nasi, jagung, mie instan atau aneka rupa mie lainnya; kue, roti, pasta, gula dan semua jenis minuman manis; serta buah-buahan yang manis (karena banyak mengandung gula), terutama buah-buahan kering dan terlalu matang
  • Terlalu banyak mengkonsumsi garam. Mereka yang suka makan makanan asin cenderung lebih cepat gendut karena garam bisa mengikat lebih banyak air di dalam tubuh
  • Malas berolahraga atau tidak banyak bergerak
  • Jarang mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti sayur dan buah-buahan
menu diet mayo, menu diet mayo tanpa daging, menu diet mayo enak, menu diet mayo sehat, jual menu diet mayo, menu diet mayo online, beli menu diet mayo
Image via: student.blog.dinus.ac.id

Cara mengatasi kegemukan

1. Diet Mayo

Cara yang pertama adalah dengan menerapkan diet. Ada banyak jenis diet yang bisa kamu pilih, dan salah satunya adalah Diet Mayo. Apa itu Diet Mayo? Ini adalah metode diet (menurunkan berat badan) yang dijalankan dengan cara puasa garam. Ya, kamu harus meniadakan garam di semua makanan yang kamu konsumsi agar kelebihan cairan di tubuhmu bisa dikeluarkan.

Tapi, agar Diet Mayo tidak menyebabkan masalah kesehatan dan menyebabkan fungsi tubuh tidak maksimal, kita dianjurkan rajin minum dan minum lebih banyak cairan setiap hari agar tidak dehidrasi.

Selain itu, diet ini hanya dianjurkan untuk dilakukan selama 13-14 hari saja. Selanjutnya ulangi kembali dalam beberapa minggu kemudian. Karena tidak mengkonsumsi garam sama sekali seumur hidup dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

2. Tinggalkan karbohidrat sederhana dan beralihlah ke karbohidrat kompleks

Berikut adalah 10 sumber karbohidrat kompleks yang bisa membantu melangsingkan tubuh karena banyak mengandung serat dan vitamin: Ubi jalar, pisang, beras merah, gandum, roti gandum, beras hitam, jagung, kedelai, beras coklat, dan kentang.

3. Perbanyak olahraga atau bergerak

Jika kesibukan membuatmu tidak sempat berolahraga, jangan ragu-ragu untuk banyak bergerak ketika bekerja. Misalnya, setiap 30 menit sekali atau 60 menit sekali berdiri dan berjalanlah selama satu atau dua menit. Saat pergi bekerja, jika memungkinkan, gunakanlah sepeda atau jalan kaki jika tidak terlalu jauh. Pilihlah tangga alih-alih menggunakan lift atau eskalator.

Semoga bermanfaat, ya. Demikian, Penyebab Utama Kegemukan dan Cara Mengatasinya. #A

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.