Home My Files Diary Enggak Setiap Hari #RD Rencana Liburan Ke Jogja Murah Meriah Saat Perayaan Imlek 2019

Rencana Liburan Ke Jogja Murah Meriah Saat Perayaan Imlek 2019

2
SHARE
rencana liburan ke jogja, libur nasional imlek di jogja, agenda imlek jogja 2019, backpacker ke jogja 2019, contoh jadwal perjalanan wisata ke jogja
Image via: istockphoto.com

Rencana liburan ke Jogja selalu menjadi wacana saya dan kawan-kawan. Pembahasannya timbul tenggelam. Namun kemarin, kami kembali mengangkat isu tersebut via grup chat Whatsapp. Seperti biasa, sambutannya memang antusias.

Setelah voting destinasi, yang masih dimenangkan Jogja, kami pun diskusi soal waktu. Hasil voting memenangkan Bulan Februari sebagai waktu yang tepat. Karena beberapa diantara kami terikat pekerjaan, maka pengecekan hari libur nasional pun wajib dilakukan. Untuk mengetahuinya, yuk cek via Traveloka di halaman ini.

cek libur nasional 2019, hari libur nasional 2019, agenda liburan imlek 2019, libur imlek traveloka
Image via: traveloka.com

Setelah dicek, ada peluang libur Imlek 2019 di Bulan Februari. Tepatnya pada Selasa, 05 Februari 2019. Jika masih memiliki jatah cuti dan ingin leluasa berwisata, para pekerja bisa cuti di hari Senin. Dengan demikian, mereka bisa menikmati liburan selama 4 hari; Sabtu, Minggu, Senin, dan Selasa.

Wisata Jogja 2019

kampung ketandan jogja, imlek di kampung ketandan, kuliner di kampung ketandan jogja, bakmi ketandan jogja, ketandan yogyakarta
Image via: nolkmjogja.blogspot.com

Kebetulan ada kawan yang sudah lama kuliah sekaligus bekerja di Yogyakarta. Dia tipikal instagrammer yang aktif dan update. Kami pun sudah tidak meragukan pengetahuannya soal tempat atau acara yang ngehits di sana. Benar saja, dia juga sudah siap siaga memandu agenda traveling kami.

Biasanya masing-masing daerah memiliki festival wisata tersendiri, yang khas dan menarik. Namun kita mesti peka terhadap jadwalnya. Untuk Jogja sendiri, biasanya mereka juga menggelar perayaan Imlek bersama masyarakat Tionghoa.

Bicara tentang Imlek di Jogja, tempat yang selalu disebut tak jauh dari kampung pecinan, yakni Kampoeng Ketandan. Orang bilang, tempat tersebut kerap mengadakan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY). Acara tahunan, yang kabarnya sudah diadakan sejak 2005 itu, menawarkan berbagai kegiatan menarik.

Para wisatawan dimanjakan oleh pagelaran budaya dan kesenian. Entah itu yang diadakan di panggung utama, karnaval, atau pameran budaya. Ada juga berbagai lomba seru seperti mandarin story telling, lomba melukis chinese, kontes kostum, dll. Tak lupa, acara semacam ini pasti semakin semarak dengan adanya bazar kuliner. Sudah terbayang kami akan digoda oleh berbagai menu khas tradisional Tionghoa. Ada bakpao, bakcang, kue keranjang, mochi, dll.

Saya dan teman-teman pasti menikmati momen tersebut, sekaligus sibuk berfoto. Selain wajah sendiri, terlalu banyak objek yang mesti dijepret. Baik untuk dokumentasi pribadi atau dibagikan via media sosial.

Kalau dipikir-pikir, pekan budaya tahunan ini cocok juga buat “sobat miskin” kayak saya, atau teman-teman yang backpackeran. Murah meriah. Kemeriahannya juga pasti terlihat dari pernak-pernik khas seperti lampion, nuansa merah, penggunaan huruf mandarin, atau pun aneka kuliner spesial.

Kata temanku, Ketandan juga berdekatan dengan Malioboro, itu loh jantung wisata Yogyakata. Rasanya tidak afdal kalau sampai tidak berkunjung ke sana. Bisa saja untuk jalan santai, berburu gudeg, atau melihat-lihat batik, gitu.

Acara puncak Imlek di Jogja

Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta, Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta adalah, Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta 2019, jadwal Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta, karnaval Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta
Image via: kompasiana.com/rianadewie

Para wisatawan memberi kepercayaan besar pada Jogja terkait penampilan budayanya. Termasuk ketika perayaan imlek, di mana malam harinya selalu ramai dengan pagelaran barongsai. Karena itu, kami mesti mempersiapkan diri dari pagi, siang, atau maksimal petang. Jangan sampai datang terlambat, sebab pasti jalurnya padat dan menyulitkan. Bukannya senang, yang ada malah moody karena tenaga dan waktunya sudah terkuras begitu saja.

Skenario liburan: penginapan dan transportasi via Traveloka

tiket dan hotel traveloka, traveloka hotel, traveloka tiket, traveloka tiket pesawat promo 2019, traveloka promo
Image via: jadiberita.com

Begitu destinasi dan jadwal liburan sudah fixed, kami kembali mesti berembuk soal mekanismenya. Untuk penginapan sendiri, temanku menawarkan indekos. Namun keengganan untuk merepotkan sang teman, membuat kami berpikir-pikir dulu.

Karena sudah familier dengan layanan Traveloka, kami pun mencoba mengecek daftar harga penginapan di Jogja. Kalau range harganya disesuaikan dengan budget, ada saja tempat yang ramah kantong. Maka, sepertinya kami akan menginap di hotel atau tempat penginapan selama berlibur di sana.

Selanjutnya terkait transportasi, kami baru tahu kalau Traveloka tengah meluncurkan pilihan hemat berupa paket pesawat + hotel. Jadi pemesanan yang bersamaan itu, kalau dihitung-hitung, lebih hemat sampai 20%. Bahkan tak perlu kode promo apapun. No ribet. Sila teman-teman cek juga, ya.

Produk paket tikel dan hotel ini juga memudahkan pengguna. Jadi kami tak perlu memesan secara terpisah. Metode pembayarannya juga banyak, tinggal dipilih saja.

Nah selain mudah, saving time juga, alias hemat waktu. Kalau pemesanannya terpisah, harganya cenderung lebih mahal. Ya… kalau orang kaya sih bebas, tetapi tak ada salahnya memilih paket yang lebih murah. Lumayan banget, uang lebih dari penawaran ini bisa digunakan untuk jajan, beli oleh-oleh, ditabung, dll. Yekan? Rencana Liburan Ke Jogja Murah Meriah Saat Perayaan Imlek 2019. #RD

SHARE

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.