Home My Files Kumpulan Artikel Menarik 5 Cara Utama agar Tetap Sehat Ketika Tinggal di Hotel atau Penginapan

5 Cara Utama agar Tetap Sehat Ketika Tinggal di Hotel atau Penginapan

0
SHARE
5 Cara Utama agar Tetap Sehat Ketika Tinggal di Hotel atau Penginapan, bisnis penginapan sederhana, menjaga kesehatan di homestay, menjaga kesehatan di penginapan, menjaga kesehatan di hotel, menjaga kesehatan ketika bepergian
Image via: shutterstock.com

Ketika bepergian ke luar kota dan mesti menginap, apa yang akan kamu lakukan?

Sebagian dari kita pasti langsung menelusuri indekos teman, rumah saudara, atau kontrakan tetangga di kota tersebut. Kita bisa numpang bermalam di sana. Opsi ini bisa menjadi solusi murah-meriah.

Namun seyogyanya kita mesti melihat kondisi dulu. Jika tujuan utamanya jauh dari tempat tinggal teman, saudara, atau tetangga, tentu berabe. Kita juga pasti berat hati untuk merepotkan mereka. Apalagi kalau keadaannya kurang mendukung.

Akhirnya kita pun bisa memanfaatkan jasa hotel, homestay, atau penginapan. Lebih-lebih, sekarang harganya transparan, jadi tidak perlu takut kemahalan. Bisa kita cek via aplikasi layanan pemesanan tiket dan hotel yang bertebaran. Bahkan kita bisa menyaring pilihan sesuai bujet, fasilitas, lokasi, dll. Mau hotel melati atau berbintang, tinggal pilih saja via aplikasi yang sudah terpercaya.

Namun masalahnya tidak berhenti sampai sana. Bepergian itu sering menyajikan situasi yang tidak terprediksi. Meski hotelnya bagus, namun kadang temperatur tempatnya memang berbeda dengan kampung halaman, sehingga ada pengaruhnya juga pada kesehatan.

Belum lagi dengan hal-hal lain. Misalnya karena berkepribadian introvert, energi kita cepat terkuras oleh banyaknya basa-basi dengan orang-orang asing. Atau karena faktor lain yang berpotensi mendatangkan sakit kepala, kelemahan imun tubuh, bad mood, dll.

Nah, Joe Cross dari Mindbodygreen membagikan tips untuk menjaga kesehatan dan kewarasan ketika tinggal di hotel atau penginapan:

1Hindari kasur, sampai tiba waktu tidur

Image via: familytravel.com.au

Sebagai orang yang suka bepergian, Joe Cross mengaku kalau ranjang hotel/ penginapan hanya untuk tidur. Dia tidak menggunakannya untuk duduk sambil nonton TV, meletakkan tas, meletakkan pakaian, dll. Perlakuan itu berlaku juga untuk hotel atau penginapan kecil. Biarkan kasur tersebut ‘terlindung’, sehingga kita bisa beristirahat dengan nyaman.

Hati-hati juga dengan bantal sofa di hotel atau penginapan. Bantal tersebut jarang diganti kalau memang belum berubah warna atau tidak ada nodanya. Padahal bantal tersebut berpeluang kotor, sebab sudah dipakai oleh tamu lain, ada bekas wajah, tangan, bokong, dll.

2Atur pencahayaan di malam hari

Image via: publichotels.com

Ada beberapa orang yang tidak bisa tidur dalam keadaan gelap, ada juga yang justru baru bisa terpejam ketika suasananya gulita. Karena bukan kamar sendiri, kadang masalah ini juga bisa mengusik kualitas tidur. Untuk itu, kita bisa mengaturnya lebih dulu.

Lebih nyaman lagi jika cahayanya bisa diatur jadi lebih temaram atau redup. Sehingga otak bisa melepas hormon adenosin dan melatonin. Hormon ini membantu kita untuk rileks dan mengantuk. Jika paparan cahayanya terlalu terang, produksi hormon melatonin bisa berkurang.

3Matikan gawai sebelum tidur

Image via: sites.psu.edu

Di zaman now, tampaknya kebiasaan ini saja sulit diterapkan. Mayoritas dari kita justru kerap memainkan ponsel, laptop, PC, dll dulu, bahkan dimainkannya di atas kasur. Apalagi kalau kuota sedang penuh atau hotel dan penginapannya menyediakan wifi. Tentu saja hal tersebut akan jadi godaan besar. Padahal kebiasaan itu justru mempersulit tidur, atau membuat kualitas tidur jadi buruk.

Tak jarang banyak yang mengklaim dirinya sebagai penderita insomnia, padahal kebiasaannya jelang tidur memang buruk. Sementara itu, gerakan untuk mematikan perangkat elektronik bisa membuat otak lebih santai dan fokus untuk rihat. Bangun tidur pun jadi lebih segar.

4Tidak bermalas-malasan

Image via: flickriver.com

Hanya karena sedang di hotel atau penginapan, kita jadi bebas untuk tiduran sambil ngemil dan nonton. Godaan itu bisa berdampak buruk. Syukur-syukur kalau ada fasilitas olahraga, seperti tempat fitnes, kita bisa memanfaatkannya.

Kalau pun tidak, setidaknya jangan melestarikan kebiasaan buruk. Contoh kecilnya, Joe Cross bahkan berusaha selalu berdiri ketika mengangkat telpon. Dia tidak bicara via telepon sambil telentang atau tengkurap di kasur hotel yang memang nyaman.

5Bekal makanan/ minuman sehat

Image va: tripadvisor.com

Di beberapa hotel atau penginapan, kulkas atau lemarinya menyediakan camilan. Namun jika dinilai kurang bernutrisi, tidak mengonsumsi camilan tersebut pun tidak apa-apa. Lagipula, biasanya camilan tersebut tidak gratis. Kecuali kalau sekadar air mineral, kopi, gula, dan teh.

Ada juga beberapa hotel atau penginapan yang kulkas/ lemarinya kosong. Maka ruang tersebut bisa kita manfaatkan untuk menyimpan sajian yang lebih sehat. Entah itu air mineral, buah-buahan, snack sehat, dll.

Jika terdapat perbedaan zona waktu antara rumah sendiri dengan tempat penginapan, sebaiknya kita pun mesti pintar menyesuaikan diri, ya. Demikian, 5 Cara Utama agar Tetap Sehat Ketika Tinggal di Hotel atau Penginapan. #RD

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 − twelve =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.