Home My Files Diary Tentang Inspirasi dan Motivasi 5 Solusi Ketika Keadaan Mentalmu Sedang Lelah Parah

5 Solusi Ketika Keadaan Mentalmu Sedang Lelah Parah

0
SHARE
mental lelah, mental lemah, ciri ciri fatigue, pengertian lelah psikis, kelelahan mental
Image via: irishtimes.com

Tak perlu merasa bersalah ketika kamu mengaku, mentalmu sedang lelah. Bagaimana pun, kamu masih termasuk golongan manusia biasa. Kamu bisa berkeringat, berdarah, lapar, emosional, dll. Kamu juga bisa mendeteksi 7 Ciri Kalau Kondisi Mentalmu Sedang Lelah Parah.

Ketika fixed kalau kamu mengalami mental fatigue, ada beberapa solusi yang bisa diupayakan untuk mencegahnya kondisi tersebut jadi berlarut-larut.

1Kurangi beban pikiran

Image via: shutterstock.com

Bagi sebagian orang, terutama introvert, berpikir itu jadi sesuatu yang tidak terhindarkan. Menyuruh introvert untuk berhenti berpikir total ibarat mendorong bekicot untuk lari secepat kilat. Namun bukan hal mustahil bagi setiap orang untuk mengurangi beban pikiran.

Tidak perlu memikirkan terlalu banyak hal. Selektif saja. Pikirkan sesuatu yang memang mendesak, layak menerima perhatian, dan pantas jadi pusat konsentrasi. Jika persoalan tersebut tidak begitu penting, bukan prioritas utama, dan bisa ditunda … sebaiknya tidak dijejalkan ke otak.

Saya pernah stres sendiri karena sedang semangat menulis untuk blog, namun di saat yang sama saya kepikiran tugas untuk mengajar Bahasa Inggris di sebuah lembaga kursus. Padahal tugas tersebut akan dilaksanakan keesokan harinya. Kondisi itu sempat membuat saya bad mood. Tetapi kini saya berusaha tidak memikirkannya dulu, melainkan fokus menulis sampai selesai dan memostingnya. Setelah semuanya beres, barulah saya menyiapkan bahan ajar.

Back
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.