Home My Files Diary Tentang Inspirasi dan Motivasi Alasan Utama Kenapa Ada Hari Anak Perempuan Sedunia

Alasan Utama Kenapa Ada Hari Anak Perempuan Sedunia

0
SHARE
Alasan Utama Kenapa Ada Hari, Anak Perempuan Sedunia, hari perempuan internasional 2018,,hari anak sedunia, hari anak sedunia 2018, sejarah hari perempuan internasional
Image by: Birdie via Flickr

Tahukah kamu, kalau 11 Oktober itu selalu diperingati sebagai Hari Anak Perempuan Internasional?

Bahasa Inggrisnya International Day of Girls, International Day of Girls, Day of Girls, atau International Day of the Girl Child.

PBB mulai mendeklarasikan hari spesial ini pada 2012.

Lalu, kenapa harus anak perempuan (saja)? Mungkin ada gitu yang penasaran, kenapa anak laki-laki enggak diajak. Bahkan sampai sekarang, tidak ada peringatan khusus Hari Anak Laki-laki Internasional.

Dilansir dari UNWomen.org, di seluruh dunia ini ada sekitar 1,1 miliar anak perempuan. Jumlah tersebut sangat banyak. Sayangnya, tidak semua anak perempuan menikmati masa indah yang seharusnya. Setiap hari, selalu saja ada kasus anak perempuan yang mengalami diskriminasi.

Anak perempuan dianggap sebagai sosok yang lemah dan mesti manut. Mereka seakan tidak direkomendasikan untuk berpendidikan tinggi, memeroleh pekerjaan, unjuk gigi, buka suara, melawan, dll. Anggapan ini membuat sebagian anak perempuan hanya bisa pasrah.

Bahkan ketika menjadi korban pelecehan, misalnya, banyak diantara mereka yang bungkam. Ada perasaan malu dan takut jika kejadian nahas yang dialaminya diketahui orang lain. Apalagi keadaan sering berbalik, malah mereka sendiri yang sering menjadi sasaran penghakiman.

Sementara itu, tema Hari Anak Perempuan Sedunia 2018 adalah “With Her: A Skilled GirlForce”.

Fakta memilukan anak perempuan

anak perempuan, hari anak perempuan, hari anak perempuan sedunia, perempuan berpelukan, sahabat berpelukan
Image via: adrants.com

Dalam waktu 10 menit, ada 1 anak perempuan meninggal akibat kekerasan. Lebih-lebih di daerah konflik, di mana kekerasan berbasis gender jadi meroket. Bukan hal aneh jika kita membaca berita soal anak perempuan yang mengalami pelecehan s*ksual, kekerasan fisik, perdagangan manusia, eksploitasi, dan pernikahan dini (yang terpaksa).

Bisa dibayangkan, anak-anak perempuan di daerah konflik juga tidak mencecap bangku sekolah. Keadaan ini tentu membuat masa depan mereka cenderung suram. Mereka pun jadi memiliki kesempatan kecil untuk mandiri dan bebas finansial sendiri.

Tentu saja, fokus terhadap hak-hak anak perempuan itu mesti digalakkan setiap hari. Namun Hari Anak Perempuan Sedunia menjadi momentum pas untuk semakin meningkatkan kesadaran. Bahwa, anak-anak perempuan pun bagian penting bagi masa depan.

Di hari peringatan pertama, tahun 2012, temanya tentang pernikahan di bawah umur.

pernikahan di bawah umur, pernikahan dini, kasus pernikahan di bawah umur, anak perempuan dipaksa menikah
Image via: kriskouke.com

Pro-kontra soal perkawinan anak perempuan di bawah umur terus menggelinding. Kondisi ini tentu menjadi masalah, apabila anak perempuan tersebut tidak diberi kesempatan untuk bicara dan menentukan pilihan. Barangkali mereka enggan menikah dulu, dan sebenarnya ingin mencicipi pendidikan lebih tinggi dan memasuki dunia kerja.

Nah, selamat hari anak perempuan sedunia, ya. Pada dasarnya orang lain hanya memberi opsi dan masukan terbaik. Biarkan mereka menikmati hak untuk memilih jalan hidup sendiri. Alasan Utama Kenapa Ada Hari Anak Perempuan Sedunia. #RD

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.