Home My Files Diary Enggak Setiap Hari #RD Kedai Kopi Dua4, Tempat Ngopi Instagrammable di Kuningan Jawa Barat

Kedai Kopi Dua4, Tempat Ngopi Instagrammable di Kuningan Jawa Barat

2
SHARE
Dua4 Kopi, Dua4 Kopi kuningan jawa barat, tempat ngopi di kuningan jawa barat, coffee shop di kuningan city, kedai kopi di kuningan jawa barat, tempat nongkrong di kuningan jawa barat, tempat ngopi di kuningan jawa barat instagrammable
Fotografer: IG @iid_fariz

Kedai kopi seperti apa selalu yang ingin dikunjungi?

Jika dulu kita memilih tempat ngopi yang enak, harga terjangkau, dan tempatnya strategis, maka sekarang kriterianya melebar. Kita juga mempertimbangkan apakah tempat tersebut Instagrammable, atau bisa tampil kece kalau diabadikan dan diposting media sosial?

Kriteria ini juga berlaku bagi kafe, restoran, tempat wisata, dll.

pesan v60 di kedai kopi, kopi lemah sugih, kopi v60, rasa kopi v60, perbandingan kopi dan air v60, resep v60, seduh kopi v60
Dokumentasi pribadi

Banyak tempat tersembunyi, atau aksesnya sulit, tetapi orang-orang tetap pergi demi memburu dokumentasi. Banyak tempat mahal, atau berpotensi mengeringkan saku, tetapi orang-orang tetap memaksakan diri. Banyak juga yang sajiannya enggak enak, atau enggak sesuai selera, tetapi tetap didatangi.

Semuanya demi eksistensi.

Namun kalau kita bisa mendapatkan semuanya, bagaimana? Tentu keuntungan besar, ya. Sudah tempatnya strategis, sajiannya cocok, harganya enggak nakutin, dan instagrammable pula.

Kedai kopi instagrammable di Kuningan Jawa Barat

tempat ngopi di kuningan, tempat makan di kuningan jawa barat, nongkrong di warung kopi, nongkrong di kedai kopi, tempat nongkrong di kuningan jawa barat, selfie di kedai kopi,
Kredit poto: IG @iid_fariz

Ceritanya pada Hari Batik Nasional kemarin (02 Oktober 2018),  saya dan dua sahabat mengunjungi kedai kopi yang terbilang baru di Kuningan, Jawa Barat. Kedai tersebut ada di Jl. R.E. Martadinata No.24, Ancaran, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45514. Akun instagramnya @dua4kopi.

Waktu itu matahari sedang terik.

Kami ke sana karena lokasinya dekat dengan tempat di mana kami memenuhi hak perut. Saya pribadi bahkan tidak tahu akun medsosnya, sehingga belum terbayangkan bagaimana wujud tempat ngopi itu. Tadinya saya mau ke kedai kopi lain yang sudah terjamin produk dan pelayanannya. Sayangnya, mereka baru buka pada pukul 16.00 WIB.

Tetapi begitu tiba di area depan saja, saya sudah merasa kalau acara jalan kaki siang kami tidak sia-sia. Area parkirnya luas, tersedia musala juga. Fixed, kami menemukan tempat nyaman dan keren. Maksudnya, kami sepertinya bakal banyak mengambil gambar.

kedai kopi kuningan, kedai kopi sederhana, beli kopi, jual kopi, harga kopi, usaha kopi, bisnis kopi
Dokumentasi pribadi

Kami disambut dengan bar mini yang menampilkan barista dan aneka kopi andalan. Ada Darma Natural, Gayo Sigararutang, Cibunar Natural, Lemah Sugih, dan Sunda Geulis. Di pojok kiri ada daftar menu, pulpen, dan kertasnya. Berbekal ketiga benda itu, kami masuk ke ruangan yang cukup lapang. Begitu memilih tempat duduk, kami pun menentukan pesanan.

Ada area smoking dan non-smoking. Kita bisa memilih spot untuk menyendiri, berduaan, atau beramai-ramai. Ada AC, jadi adem. Terus musik indie juga mengalun. Saya ikut menikmati karya Banda Neira, Fourtwnty, Payung Teduh, dll. Sayang, gak denger Efek Rumah Kaca, Bandasuara, atau Float, nih. Hehehe

Bagian-bagian pojok dan dinding juga tidak polos. Ada pernak-pernik yang mempercantik kedai. termasuk dengan quotes yang selalu mencuri perhatian mata untuk dibaca.

Suasananya cozy, hangat, adem, syahdu, dan bikin santai.

Menu pesanan dan harga di Dua4 Kopi

affogato adalah, affogato coffee adalah, affogato kopi adalah, cara minum affogato, rujak cireng, harga rujak cireng
Dokumentasi pribadi

Tadinya saya ingin avocado coffee yang ditampilkan kedai kopi sebelah. Tetapi karena di tempat ini tidak ada, saya pun memilih affogato saja. Harganya 18k. Affogato merupakan espresso yang dicampur dengan beberapa scoop es krim vanilla. Kebetulan pesanan saya juga dicampur dengan choco chips. Katanya affogato juga bisa dicampur dengan gelato vanilla.

menu harga di kedai kopi, harga affogato coffee, harga rujak cireng, harga green tea latte, harga v60, harga di kedai kopi dua4 kopi, harga kopi di kedai kopi, nota di kedai kopi
Dokumentasi pribadi

Dua sahabat saya memesan green tea latte (15k) dan V60 seharga 15k (kopinya Lemah Sugih, kalau tidak salah). Untuk camilannya, kami hanya meminta cireng rujak (12,5k). Totalnya 60,5k. Saya pribadi menyukai affogato dan cireng rujaknya.

Kalau berkunjung, kamu bisa menanyakan metode manual brew lain yang mungkin saja tersedia. Entah itu kopi tubruk, vietnam drip, flat bottom, Japanese, atau aeropress. Kami tidak mengeksplornya langsung.

Sebenarnya pesanan kami cukup lama dieksekusi, namun karena tempatnya asyik, jadi waktu menunggu itu bisa diisi dulu dengan memotret ini-itu.

Dan, sebaiknya memang ngopi di tempat itu mesti dalam keadaan leluasa. Biar lebih rileks, gitu. Ngopi grusa-grusu itu enggak khusyuk. Demikian, Kedai Kopi Dua4, Tempat Ngopi Instagrammable di Kuningan Jawa Barat. #RD

SHARE

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty + three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.