Home My Files Diary Tentang Menulis atau Blogging Bicara Tentang Blog, Kenapa Intinya Harus Tentang Uang?

Bicara Tentang Blog, Kenapa Intinya Harus Tentang Uang?

2
SHARE
blog menghasilkan uang, blog menghasilkan duit, contoh blog yang menghasilkan uang, cara menghasilkan uang dari blog google adsense, cara mendapatkan uang dari blog tanpa modal, cara mengambil uang dari blog
Image via: techggyan.com

Tentu saja, uang memang salah-satu topik yang selalu menarik. Tak perlu berjiwa materialistis untuk ikut membicarakan isu uang. Termasuk bagi blogger, entah yang masih amatir atau pun yang sudah mahir.

Namun jemu tidak sih kalau ada orang-orang yang izin bertanya, lalu pertanyaan pertamanya selalu, ‘penghasilan dari blog berapa?’.

Kemudian dilanjut dengan, ‘uangnya berupa dolar apa rupiah?’, ‘sebulan berapa kali gajian?’, ‘bagaimana saya yang newbie nan awam bisa menghasilkan uang dari blog juga?’, dll.

Ya, mereka punya hak untuk bertanya. Sebenarnya saya pun punya hak untuk tidak menjawab pertanyaan tersebut, namun nanti yang dituding tidak sopan tentu saya juga, ya. :’)

Masalahnya, kenapa langsung ‘ke arah sana’?

Saya cukup kesulitan menjawab sesuatu yang kompleks dengan jawaban simpel.

Pertama, saya pun masih pemula dan sedang belajar. Kedua, bagi saya pribadi (entah bagi yang lain), ngeblog itu merupakan perjalanan panjang yang jalanannya tidak mulus abadi. Bahkan sampai sekarang, saya masih belum tahu banyak hal. Tak pernah ada titik hentinya.

Entah kenapa, mereka tidak bertanya dulu seputar ‘bagaimana cara bikin artikel?’, ‘kenapa suka menulis?’, ‘biaya ngeblog berapa?’, ‘kapan akhirnya mendapat penghasilan dari blog?’, ‘suka menulis di waktu sepi atau dalam keramaian?’, ‘kok bisa rutin update tulisan?’, ‘apakah writer’s block itu nyata?’, ‘bagaimana awalnya ngeblog?’, ‘ide postingannya dari mana tuh?’, ‘suka kopi atau teh?’, dll.

Beda pertanyaan, beda juga efeknya.

Tetapi saya memaklumi, sebab jika mawas diri atau introspeksi, saya pun sempat memiliki keingintahuan yang sama. Namun saya masih ingat betul, ketika mentor mengingatkan; kalau mau mendekati bisnis atau usaha dari internet, menjauhlah dari pikiran tentang uang atau keuntungan instan.

Peringatan ngeblog

Di awal-awal bikin blog, kalau sudah membayangkan akan gajian rutin dengan nominal meroket, sebaiknya berhenti. Mumpung belum lama dan belum merasakan frustrasi. Cari usaha lain. Atau, lamarlah beberapa pekerjaan yang ditawarkan.

Banyak term asing yang tentu harus dipahami dulu. Misalnya tentang SEO, domain, anchor text, hosting/ web hosting (lihat Niagahoster), alexa rank, keywordadsense, dll.

Begitu menerjunkan diri ke dunia blogging, bersiaplah berkomitmen lama. Berkomitmenlah untuk menyajikan konten berkualitas-bermanfaat-original, berkomitmenlah untuk kerja sukarela tanpa bayaran (dulu), berkomitmenlah untuk menerima beragam komentar,

berkomitmenlah untuk membaca aneka referensi, berkomitmenlah untuk berinteraksi dengan blogger lain, berkomitmenlah untuk menghadapi situasi ngeblog yang berubah-ubah, berkomitmenlah untuk terus belajar dan tumbuh, serta aneka komitmen lainnya.

Demikian “ultimatum” yang selalu diberikan mentor, yang sudah lebih dahulu berkecimpung dengan semesta blog.

Waktu untuk menghasilkan uang dari blog

Ketika ada yang mengajukan pertanyaan ini, saya tidak tahu jawaban pastinya. Bisa bulanan atau tahunan. Yang jelas tidak seperti berdagang cakue, yang hari itu digoreng, hari itu terjual dan menghasilkan uang juga.

Perlu kesabaran, kegigihan, ketekunan, dan ke-keukeuh-an untuk tidak buru-buru putus asa.

Faktornya sangat banyak. Entah itu dari kualitas postingan, trafik pengunjung blognya, ketangguhan persaingannya, konsekuen atau tidak update blog-nya, istikamah atau tidak belajarnya, dsb.

Tetapi kalau memang mau mencoba, tentu silakan saja. Mari menjadi bagian penyedia konten yang menginspirasi atau menghibur orang banyak. Mulailah dengan menentukan niche blog, memilih platformnya, menentukan web hostingnya (coba: hosting unlimited), membuat dan mendaftarkan nama domain, mengaktifkan dan menjalankan platformnya, membuat konten, dan terus melakukan maintenance atau pemeliharaan.

Memangnya ada yang ngeblog dengan tujuan bukan uang?

Siapa tahu?

Banyak yang mendesain blog sekadar untuk memuntahkan unek-unek, membangun branding, mempromosikan produk atau jasa, iseng saja, formalitas agar dianggap kekinian, dll.

Tetapi intinya, jika terus-terusan mengarahkan blog pada uang, kemungkinan besar alurnya tidak mudah. Bicara Tentang Blog, Kenapa Intinya Harus Tentang Uang? #RD

SHARE

2 COMMENTS

  1. terkadang ada temen yang pengen belajar buat website/blog, mungkin yang ia pikir ‘hanya’ dengan membuat web/blog, uang akan datang dengan sendirinya…

    kemudian saya kasih materi untuk belajar, ia pun menyerah… Haha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.