Home » et cetera (etc.) » Artis atau Selebritis Dunia » 21 Selebriti Dunia yang Gemar Beramal

21 Selebriti Dunia yang Gemar Beramal

21 Selebriti Dunia yang Gemar Beramal

21 Selebriti Dunia yang Doyan Beramal

thecorrsclub.com

Salah-satu hal yang paling membahagiakan dalam hidup adalah… menjadi sumber kebahagiaan bagi orang lain. Caranya bisa apa saja, termasuk memberi sesuatu untuk membantu orang lain. Amalan ini tentunya jadi wujud cinta, kebaikan dan rasa syukur kita.

Semua orang bisa melakukannya, tak terkecuali dengan artis atau selebritis. Padahal mereka terkenal sebagai ‘makhluk’ yang glamor, tukang foya-foya, enggak peduli sesama dan terlalu memikirkan diri sendiri. Namun setelah membaca kisah kebaikan dari 21 seleb populer ini, stigma itu tentu akan luntur sendiri.

Jadi benar, ya. Seburuk-buruknya selebritis, mereka tentu punya sisi positif yang bisa kita tiru. Beberapa diantara mereka bahkan mendedikasikan waktu dan uang hasil kerja kerasnya untuk tujuan yang mulia. Tapi mungkin ada yang protes dan bilang, “Mereka ‘kan punya yang? bisa saja amal mereka hanya dilakukan untuk menarik perhatian publik? Kita juga kalau punya uang banyak pasti bakal beramal.”

Ekhem… yakin nih semua orang yang ber-uang bakal beramal? Kalau sudah ‘di atas’, biasanya suka langsung amnesia sama yang di bawah. Hehe… peace! 😀

Oke. Soal ikhlas atau tidak seseorang dalam melakukan kebaikan, sorry, itu sudah bukan jalur manusia untuk menilainya. Serahkan sama Dia, hakim yang sebenar-benarnya hakim. So, kita langsung saja membongkar, siapa sih artis atau selebritis dunia yang doyan beramal? Daku urutkan sesuai abjad saja, ya. Jom!

1. Brad Pitt dan Angelina Jolie

Brad Pitt dan Angelina Jolie

usmagazine.com

Brad Pitt dan Angelina Jolie boleh saja hectic sama jadwal dan urusan rumah tangganya. Namun hal itu tidak membuat mereka lupa untuk beramal. Keduanya memang sudah sering terlibat dalam kegiatan amal sebelum jadi pasangan. Mereka bahkan merilis Yayasan Maddox Jolie-Pitt. Yayasan ini sudah menyumbang jutaan dollar ke berbagai organisasi. Mereka begitu concern terhadap perlindungan SDA atau Sumber Daya Alam dan pengurangan angka kemiskinan.

~

2. Curtis Jackson aka 50 Cent

Curtis Jackson aka 50 Cent

returnofkings.com

Salah-satu rapper paling terkenal ini, sebelumnya memang hidup dengan penghasilan yang rendah di kotanya, New York. Ketika ia masih remaja, 50 Cent  bahkan sempat terjebak dalam bisnis jualan obat terlarang. Rutinitas buruk itu kemudian terhenti setelah ia ‘ditemukan’ rapper ganteng yang sering duet sama penyanyi terkenal, yaitu Eminem. Perjalanan berlikunya kini bermuara pada kesuksesan. Namun hal itu tidak lantas membuat 50 Cent lupa daratan. Ia justeru kerap membantu anak-anak yang malang. Alasannya, dia pengin anak-anak itu hidup lebih senang ketimbang dirinya dulu ketika kecil.

Sang rapper dan anggota G-Unit mendirikan Yayasan G-Unity. Yayasan yang mereka bangun fokus pada anak-anak kurang mampu. Mereka membantu agar anak-anak menikmati pendidikan, kesehatan dan asupan nutrisi yang lebih baik dan laik. Tak hanya itu, 50 Cent juga mendonasikan penghasilan dan waktunya untuk penderita HIV AIDS serta lingkungan.

~

3. Daniel Radcliffe

Daniel Radcliffe aka Harry Potter, poto terbaru Daniel Radcliffe 2015

express.co.uk

Sang Harry Potter benar-benar memanfaatkan kekayaan dan popularitasnya untuk membantu organisasi-organisasi amal. Dia jadi penyokong dana bagi Yayasan Lupus Amerika dan Book Aid International. Hmm… ganteng, muda, kaya, beken dan beramal. Hmm…

~

4. David Beckham

David Beckham, gaya rambut David Beckham, hairstyle David Beckham terbaru

skullweb.org

David Beckham. Meski ia sudah hampir ‘sepuh’, namun ia tetap pernah jadi pemain sepakbola paling terkenal di dunia, jadi salah-satu pemain sepakbola paling mahal, jadi salah-satu atlet paling kaya, jadi lelaki paling seksi, jadi pahlawan bagi timnas Inggris, dst.

Soal kebutuhan duniawi, dia memang sudah merangkulnya. Dia tidak memilih untuk terus menggali dollar sampai recehan demi pundi-pundi yang dikumpulkan. Ketika bermain di Prancis, ia justeru mendonasikan honornya yang sebesar 5 juta dollar alias 65 milyar rupiah untuk membantu anak-anak. Tak puas dengan amal segitu, Beckham dan isterinya (Victoria) memang sering kerja sama dengan UNICEF. Mereka membantu mengurangi kematian bayi, khususnya di negara-negara berkembang.

Baca Juga :  10 Musisi atau Penyanyi Dunia yang Memulai Karier Dari Balik Layar

~

5. Ellen Degeneres

Ellen DeGeneres, show Ellen DeGeneres

joy105.com

Selain sebagai pecinta binatang, Ellen ini memang sudah terkenal sebagai satu dari sekian artis dunia yang memiliki hati emas. Dia membantu The Gentle Barn, organisasi yang khusus menangani kasus kesewenang-wenangan terhadap hewan. Ia juga berperan membantu Feeding America, The American Red Cross dan The Cure Foundation.

~

6. Elton John

Elton John, tur Elton John

onstageweb.com

Elton John, penyanyi senior yang sudah menyelami karier musik selama kurang-lebih 50 tahun. Karya-karyanya jadi legenda. Sebanyak 58 lagunya berhasil bertengger di top 40 tangga lagu Billboard. Sebanyak 7 albumnya juga kokoh berdiri di puncak. Hasil keringat Elton John itu ia manfaatkan juga membasmi penyebaran HIV AIDS. Pada tahun 2014 kemarin, yayasan Elton John’s AIDS Foundation menguras dana sebesar 7 juta dollar alias 91 milyar rupiah. Semua itu dianggarkan untuk melawan HIV AIDS serta meningkatkan kesadaran akan bahayanya.

~

7. George Clooney

George Clooney memakai syal

annetouraine.com

Sudah enggak muda tapi tetap ganteng dan begitu berkharisma. Itulah George Clooney… Ia sempat ditangkap oleh polisi di Sudan. Bukan karena sudah membegal, melainkan karena sudah ‘nakal’. Dia dianggap melanggar aturan sebab sudah membantu menyuarakan Hak Asasi Manusia aka HAM di Sudan. Ia sampai menuliskan sebuah artikel di media Washington Post. Artikel itu berisi ajakan untuk melawan rejim politik Sudan yang ia anggap merugikan. Tak hanya itu, Clooney juga banyak menyuntikkan dana untuk kampanye ONE-nya Bono.

8. George Lucas

George Lucas

irishexaminer.com

Melihat bagaimana suksesnya “Star Wars”, kita bisa langsung menebak kalau George Lucas juga terkena imbas kesukesannya. Ia juga mulai merintis Lucasfilm. Walau dijual pada Disney di tahun 2012, namun perusahaan itu sudah menghasilkan film-film yang sukses. Ia mendonasikan 25 juta dollar alias 325 milyar rupiah kepada University of Chicago. Lucas pengin mendirikan gedung kesenian yang baru di sana. Bukannya diberi nama Lucas atau apa, dia malah menamainya dengan Gordon Parks. Siapa Gordon Parks? Dia tak lain merupakan seorang penyanyi dan sutradaranya film “Shaft”. Lewat bantuan itu, ia hanya pengin orang lain meneruskan mimpinya di bidang kesenian.

~

9. Jimmy Buffett

Jimmy Buffett, parrothead

al.com

Fans clubnya Jimmy Buffett, Parrotheads, begitu mengagumi musik sang idola dan gaya hidupnya. Jimmy mungkin tidak terlalu tenar, ia tetap bisa menghasilkan banyak uang. Kalau daftar di atas beramal untuk orang-orang kurang beruntung, maka Buffett sedikit lain. Ia membantu critters yang tinggal di sekitaran pantai. Apalagi Buffet memang suka sekali sama pantai. Oh ya, critters adalah istilah untuk hewan-hewan domestik semacam sapi, keledai dan kuda. Karena Buffett menyukai manatee atau mamalia laut, Ia juga mendirikan yayasan Save the Manatee.

~

10. Justin Bieber

Justin Bieber dalam Ellenshow

justjared.com

Nama fans Justin Bieber itu Beliebers, bukan? Yang masuk fans club ini pastinya senang sebab pemuda ini masuk list. Dia muda, kaya dan bisa mendirikan Believe Charity. Penyanyi muda ini juga kerap memotivasi fansnya untuk saling membantu dan memanfaatkan waktu dengan baik.

~

11. Kendrick Lamar

Kendrick Lamar

latinpost.com

Ketika Lamar masih berusia 16 tahun, ia memang sudah terjun ke bisnis hip hop di Compton, California. Pada tahun 2012, ia mendapat kesempatan emas darri Aftermath dan Interscope Records. Kesempatan itu makin berharga sebab produser rekamannya adalah sosok yang sudah memiliki nama besar, yaitu Dr. Dre.

Lamar sukses. Kesuksesannya itu ia pakai untuk membatu Red Cross serta kegiatan amal lain. Ia juga mengadakan konser yang mana uangnya disumbangkan khusus bagi gelandangan perempuan dan anak-anak di India.

Baca Juga :  21 Artis atau Selebritis Dunia yang Muslim atau Beragama Islam

~

12. Lady Gaga

Lady Gaga, busana Lady Gaga ketika Oscar

ibtimes.co.uk

Artis nyentrik ini memang terkenal sebagai sosok yang anti-bullying. Pada tahun 2011, Gaga mendirikan Yayasan Born This Way. Agenda besar yayasan itu yaitu untuk memberi inspirasi pada anak muda serta untuk mendirikan komunitas-komunitas yang lebih baik dan benar. Yayasan itu juga membantu menciptakan lingkungan yang nyaman bagi anak. Sehingga generasi penerus itu bisa menggapai cita-citanya, tanpa merasa khawatir akan kegiatan bullying. Gaga juga memiliki andil dalam proyek It Gets Better dan kampanye MAC Viva Glam untuk membantu pendanaan AIDS.  Ia tak sendiri, melainkan ditemani oleh penyanyi Cindy Lauper.

~

13. Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg

businessinsider.com

Sudah jadi rahasia umum, pendiri fesbuk ini memang termasuk salah-satu orang kaya paling muda di dunia. Nah ketika berita soal virus Ebola merebak di Afrika, Zuckerberg dan Priscilla (isterinya) memberi bantuan pada Center for Disease Control. Dana yang mereka bagikan yaitu sebesar 25 juta dollar atau sekitar 325 milyar rupiah. Dana itu digunakan untuk melawan virus ebola serta mencegah penyebarannya. Ia juga sempat menyumbang dengan jumlah fantastis pada Silicon Valley Community Foundation, yakni sebesar 500 juta dollar atau sekitar 6,5 Trilyun rupiah. Woah! Tak heran dia jadi orang nomor dua dengan bantuan tunai paling banyak di Amerika Serikat.

~

14. Matt Damon

Matt Damon

upi.com

Keren nih, Matt Demon jadi orang berpengaruh di water.org. Misi mereka yaitu membantu menyediakan air bersih. Site tersebut memang melakukan pendekatan unik. Menjalin kerja sama dengan organisasi di luar pemerintahan, dengan komunitas-komunitas setempat serta beberapa partner. Matt Damon juga dikenal sebagai penyokong kampanye ONE. Kampanye tersebut bertujuan melawan AIDS dan kemiskinan. Seperti belum cukup, dia juga ikut andil membantu komunitas yang memberi perhatian terhadap kebrutalan manusia.

15. Matthew McConaughey

Matthew McConaughey 2015 lebih kurus

deadline.com

Ini dia pemenang Oscar, thanks to peran yang sudah dia mainkan dalam “Dallas Buyers Club”. Si Om Matthew McConaughey ini sudah berusia 45 tahun. Namun jiwa mudanya begitu membara. Mungkin karena itulah ia masih sangat eksis di jagat perfilman dunia. Well, si Om yang satu ini memiliki sebuah yayasan dengan sebutan yang cukup nyentrik, yaitu “Just Keep Livin”. Hal itu dikarenakan yayasannya begitu konsentrasi terhadap program kesehatan dan mempromosikan kebiasan-kebiasan sehat di sekolah-sekolah menengah atas, khususnya yang ada di pinggiran kota. Tapi Om, kok jadi lebih kurus? Hehe…

~

16. Nick Cannon

Nick Cannon

kansascity.com

Nick Cannon memang sudah cukup sibuk berperan sebagai suami, sekaligus ayah dari dua anak kembarnya. Namun ayah dari Monroe dan Moroccan itu tetap menyisihkan waktu untuk menderma. Ia bersedia jadi host sekaligus produser untuk acara Nickelodeon’s HALO award. Acara itu menayangkan anak-anak yang jadi pahlawan dan membantu sesama. Nick Cannon memang sangat mencintai anak-anak, sehingga ia displays terpanggil untuk jadi presenter di acara Toys for Tots. Tak ketinggalan, ia juga jadi pembicara untuk Stamp Out Hunger. Hebat! sepertinya ayah yang satu ini selalu siaga menolong anak-anak yang malang.

~

17. Selena Gomez

Selena Gomez, hair color selena Gomez

hairspics.com

Karier Selena Gomez, baik sebagai aktris maupun penyanyi, memang cukup mulus. Dia begitu tenar di seluruh dunia. Namun di luar jadwalnya yang padat, ternyata ia kerap berpartisipasi dalam kegiatan amal. Dia jadi duta UNICEF. Selena terus mengkampanyekan kesadaran akan manusia-manusia malang yang ada di Ghana dan Kongo. Atas nama yayasan Ryan Seacrest Foundation, dia bersama Joe Jonas juga merilis pusat media di Rumah Sakit Anak di Pennsylvania.

Baca Juga :  Mengenal Brit Floyd, Band Tribute untuk Pink Floyd

~

18. Sting

Sting & The Police

Band The Police. Sting yang tengah. ~forbes.com~

Sting? Sting yang mana? Sekitar tahun 1970-1980-an, Sting yang satu ini masih bersama “The Police”. Mereka sukses. Namun Sting memutuskan untuk keluar demi solo kariernya. Keputusannya menghasilkan sesuatu yang bagus. Ia amat sukses dan populer. Sting bahkan memenangkan 16 Grammy Award. Di luar prestasinya sebagai penyanyi, ia juga dikagumi karena sifat dermawannya. Ia percaya bahwa industri musik bisa menyentuh dan mengubah kehidupan orang banyak. Karena itu sebagian waktu dan uangnya ia gunakan untuk menangani empat yayasan. Yayasan-yayasan itu fokus pada para musisi yang belum sukses. Bukan untuk membuat mereka terkenal, melainkan menjadi sandaran ketika para musisi mengalami kesulitan untuk menggapai kesuksesan. Mereka juga membantu para musisi kala honor yang mereka terima begitu rendah.

~

19. Taylor Swift

Taylor Swift

celebritiesphotoshoot.com

Bagi yang sudah menunggu-nunggu, kakak kelasku yang satu ini memang pasti masuk. Hehe… dia sudah banyak mendermakan hartanya serta banyak membantu orang juga. Taylor Swift pernah menyerahkan prom dress alias gaun dansa itu pada donatemydress.org.

Dalam album “1989”, trek pertamanya yang berjudul “Welcome to New York” ternyata ia gunakan untuk kegiatan amalnya. Keuntungan dari lagu itu ia serahkan pada sekolah umum kota New York. Jumlah yang berhasil ia kumpulkan baru 50.000 dollar atau sebanyak 650 juta rupiah. Nominal segitu tentunya masih berpeluang untuk membengkak. Hmm… andai saja Kak Taylor Swift ‘menggunakan’ lagu lain yang lebih nge-hits, macam “Shake it Off” atau “Blank Space”, misalnya? Hehe… tapi segitu juga sudah mulia banget, ya. Khusus para penggemar, mereka tentu sangat tersentuh dengan kebaikannya yang lain, yaitu kerap mengadakan konser gretongan buat para fansnya.

~

20. The Corrs

The Corrs menerima penghargaan MBE

Poto Keluarga The Corrs. Empat bersaudara itu ditemani alm ayahanda mereka, Gerrr Corr, ketika menerima penghargaan MBE. Err… Cuma Andrea yang siap dipoto. Sharon sama Caroline enggak fokus. Terus Kakek Gerry? Kepala Jim mau diapain tuh? -_- ~independent.ie~

Hmm… band keluarga The Corrs ini masih tengah berduka, ya. Ayahanda mereka, Gerry Corr, meninggal menyusul isterinya. 🙁 Namun mereka pasti bangga sebab anak-anaknya, Jim Corr- Sharon Corr- Caroline Corr- Andrea Corr aka The Corrs, begitu terkenal karena kegiatan amalnya. Mereka pernah sengaja mengadakan konser amal untuk RS yang telah merawat ibundanya, mengadakan konser di Cape Town – Afrika Selatan, ikut berpartisipasi dalam konser amal “The Prince’s Trust”, eksis dalam konser “Live 8” yang mendukung pengentasan kemiskinan, jadi ikon untuk yayasannya  Nelson Mandela yang khusus memerangi HIV AIDS sampai menerima penghargaan MBE (Members of the Order of the British Empire) langsung dari Ratu Elizabeth II. Semua itu karena mereka doyan bermusik sekaligus beramal.

~

21. Tony Hawk

Tony Hawk

irishtimes.com

Pemain skateboard tentu akrab dengan nama yang satu ini. Oke, dia sudah tidak main, tapi tetap saja istilah ‘skateboard’ sangat kental dengan namanya. Adapun uang yang ia hasilkan kebanyakan bersumber dari tur dan endorsemen. Bagaimanapun dia ini legenda. Nah Tony Hawk ini sudah menyumbang pada 500 taman khusus bermain skateboard di Amerika Serikat. Hal itu ia lakukan sebab sejak kecil, ia begitu kesulitan mencari arena bermain yang aman. Semakin hari bukannya tertangani, malah ia makin kesulitan. Ia pun sadar kalau anak-anak bisa ketakutan kalau tak tersedia tempat olahraga yang nyaman. Hmm… keren, ya? Di sekitaran kita juga, ‘lahan bermain’ anak-anak sudah mulai terkikis. Lapangan sepak bola, tempat adu kelereng, halaman untuk main layang-layang, dst sudah ‘dikuasai’ rumah-rumah, pabrik-pabrik atau jalanan.

~

Daftar ini tentunya tidak bersifat final, ya. Pastinya masih ada orang terkenal lain yang gemar beramal. Hehe…

Well, tanpa menunggu jadi kaya atau terkenal dulu, kebaikan tentu bisa dilakukan semua orang. Mulai dari meringankan beban seseorang, sampai sesederhana menciptakan senyuman. Iya, ‘kan? [#RD]

error: