24 Artis Atau Selebritis Dunia dan Cerita Inspiratif Mereka Ketika Menjadi Korban Bullying

24 Artis Atau Selebritis Dunia dan Cerita Inspiratif Mereka Ketika Menjadi Korban Bullying

zac efron poto
#unknown source :/

Bullying.

Rasanya fenomena ini terus terjadi di manapun. Entah di sekolah, tempat kerja, lingkungan umum bahkan media sosial. Mungkin kita sudah bosan harus kembali meringis atau mengelus dada ketika pemberitaan bullying menyeruak. Mulai dari yang biasa, sampai yang brutal.

Menjadi korban bullying tentu tidak mudah. Apalagi mereka kadang lupa kalau ada beberapa pihak yang siap membantu. Baik itu orang tua, sahabat, guru, dsb. Mereka juga kadang kecolongan, kalau apa yang disembulkan para pembully tidak lantas menjadi deskripsi diri.

Pengalaman bullying memiliki dua sisi berlainan. Pengalaman itu bisa membawa korban ke sisi gelap, lengkap dengan rasa frustasi dan sikap untuk terus mengutuk hidup. Namun di sisi lain, pengalaman itu bisa menjadi pecut atau kekuatan untuk proses pembuktian diri. Yang terpenting, tak perlu mengulangi aksi yang sama pada orang lain. Sebab kita sudah merasakan betapa rumitnya posisi tersebut.

Tak hanya orang biasa, beberapa selebriti atau tokoh popular dunia pun sempat mengalaminya. Berikut 24 nama terkenal dengan sekilas cerita tentang bullying yang sempat mereka alami. Namun kini semuanya sudah membuktikan diri dengan menjadi aktor, aktris, musisi dsb yang jauh lebih keren dari para pembully itu sendiri. Jom!

#1. Bill Clinton

bill clinton bullying
Pict on: smore.com

Dia merupakan mantan presiden sekaligus politikus yang sangat berpengaruh di dunia. Namun sebelum menjadi seorang Bill Clinton, dia pun terlebih dahulu menjadi siswa SMP biasa. Waktu itu badannya cukup gemuk dan dia tidak begitu fashionable. Melalui Memoirnya, My Life, Clinton sempat menyinggung tentang bagaimana insiden yang sempat dia alami. Dulu seniornya sempat mengolok-olok celana jeans ‘sang presiden’ yang masih kecil, bahkan sempat memukul rahangnya. Namun waktu itu Clinton tidak melawan, tidak juga menyerah. Dia hanya diam. Dari sana dia belajar kalau banyak sekali cara untuk menghadapi suatu agresi atau katakanlah, serangan. Kisah bullying yang ia alami tidak membuat Clinton terpuruk. Ia justeru mengembangkan diri dengan menjadi pemain saxophone dan seorang politikus handal.

~

#2. Chris Rock

Chris Rock bullying
Pict on: cnn.com

Kalau seorang selebriti sudah bercerita, kemungkinan pendengarnya akan banyak. Demikian juga dengan Chris Rock yang mengadakan show bertajuk “Everybody Hates Chris”. Di dalamnya, ia memang membeberkan cerita hidup dan perjuangannya ketika tumbuh-besar. Begitupun dengan pengalaman bullyingnya, yang sering ia alami ketika masih kecil dan tinggal di Brooklyn.

~

#3. Christian Bale

Christian Bale Bullying

Si ganteng yang gagah ini sudah memiliki imej yang keren sebagai batman. Namun siapa sangka, sang hero ini pernah mengalami masa anak-anak yang cukup sulit. Ketika masih duduk di bangku sekolah, sekelompok anak lelaki kerap menghantam tubuh Bale. Ia pernah menuturkannya pada Majalah People, tentang bagaimana anak-anak berandalan itu memukul dan menendangnya tiap waktu. Namun Bale bilang,

“Jika kamu pernah menghadapi aksi bullying di sekolah dan melewatinya dengan cukup kuat, maka itulah salah-satu pelajaran hidup.”

~

#4. Christina Aguilera

Christina Aguilera bullying

Christina Aguilera kecil hanyalah seorang gadis mungil yang memiliki mimpi dan minat tersendiri. Waktu itu ia sudah bisa perform, sementara anak-anak seusianya sibuk dengan bermain dan belajar. Perbedaan itu menjadi jurang tersendiri bagi dirinya untuk bergaul dengan teman-temannya sendiri. Dia seperti tak diacuhkan bahkan terkesan ‘diisolasi’ dari pergaulan. Bahkan ban mobil milik keluarganya sempat dirusak. Dia pun pindah dan bergabung dengan klub yang memiliki minat sama. Saat itulah dunia barunya bisa menerima Aguilera.

~

#5. Demi Lovato

Demi Lovato bullying

Kasus bullying yang pernah menimpa pelantun “Confident” ini memang sedikit parah. Demi Lovato pernah curhat. DUlu orang-orang sampai menuliskan petisi kebencian padanya, bahkan dibubuhi tanda-tangan juga. Mereka bahkan menyambangi rumah Demi dan meneriakkan hal-hal aneh dari seberang jalan. Demi terpengaruh dan begitu emosional dengan keadaan yang ia alami. Ia hanya ingin kabur, menghilang atau pergi saja. Namun kini Demi sudah menjelma menjadi salah-satu penyanyi terkenal. DIa bahkan menjadi duta bagi kampanye Secret’s “Mean Stinks”.

Baca Juga :  9 Artis Dunia yang Tidak Lulus SMA

~

#6. Emma Watson

Emma Watson atau Hermione Granger bullying

Emma Watson yang sudah menjadi pesohor pun masih menerima aksi bullying. Dia sempat bergabung dengan Universitas Brown, namun kemudian keluar. Alasannya Emma pengin fokus pada kariernya. Tapi ia malah melanjutkan pendidikan di Kampus Worcester, Oxford. Spekulasi pun berkembang, bahwa karakter di Harry Potter itu sudah menjadi korban bullying. Temannya yang sempat mengungkap fakta tersembunyi itu. Misalnya ketika Emma menjawab suatu pertanyaan di kelas, teman-temannya akan berseru “3 poin untuk Gryffindor!”. Emma pun mengambil sikap tegas, dengan meninggalkan kondisi tempat belajarnya yang memang tidak nyaman.

~

#7. Eva Mendes

Eva Mendes bullying

Eva sempat bilang kalau tampilan dirinya dulu sangat berpeluang mengundang para pembully. Benar saja. Ketika masih SMA, ada dua orang yang suka membullynya. Hal itu menjadikan sekolah sebagai tempat yang membuatnya menderita. Sampai kemudian dia sadar kalau para pembully itu semakin parah lantaran dia terlalu takut. Perlahan namun pasti ia mulai menunjukkan sisi beraninya. Hal itu terbilang efektif sebab intensitas bullying jadi berkurang. Namun Eva tidak menampik kalau dampaknya masih terasa hingga kini.

~

#8. Jackie Chan

Jackie Chan bullying

Mengingat Jackie Chan yang jago bela-diri, kita mungkin sulit memercayai fakta ini. Namun Jackie kecil memang pernah mengalaminya. Ia sampai menderita, ketakutan dan tak tahu mesti berbuat apa. Sampai kemudian, dia menyaksikan siswa baru yang dibully juga. Anehnya, saat itu ia bisa mengumpulkan keberanian dan membela si korban.

#9. Jennifer Garner

Jennifer Garner

Aktris ini pernah menyatakan kalau dulu dirinya ini memang cupu. Keinginannya hanya berprofesi seperti layaknya pustakawan. Dia menjadi bagian dari anak gadis yang tidak dilirik. Pakaian tidak fashionable serta otomatis jauh dari kata popular. Dia sudah terbiasa dengan yang namanya bullying. Namun ia tentu saja tidak menyetujui aksi tersebut, serta menyarankan para orang tua agar ikut melawannya juga.

~

#10. Jessica Alba

Jessica alba
Via: Glamour Magazine UK [cropped]

Salah-satu aktris yang pastinya dianggap paling cantik di Hollywood. Namun status dan keadaannya yang sekarang jauh berbeda dengan Jessica Alba ketika anak-anak. Dulu dia sangat pemalu, kerap bersikap canggung, tidak suka melawan dan menerima apapun perlakuan yang diberikan. Namun ia sudah berpikir untuk menghindari bentuk bullying. Begitu menginjak usia belasan, ia pun mulai memerhatikan tampilan. Meski demikian, waktu itu sikap pemalunya masih kental. Dia mengaku kalau kekuatan fisik bisa menjadi ‘cangkang’ kuatnya juga.

~

#11. Jessica Simpson

jessica simpson bullying
Via: Twitter @JessicaSimpson

Sebenarnya Jessica Simpson termasuk popular, sebab dia termasuk anggota cheerleader. Namun ia mengaku sempat menjadi bulan-bulanan sekelompok gadis. Mereka bahkan datang ke rumahnya dan mencoret-coret dinding rumah, mengatainya dengan kata kasar dan jahat. Kejadian itu snagat mengganggu dan membuatnya mengundurkan diri dari tim pemandu sorak. Namun kini Simpson sudah menjadi selebritis terkenal. Ia rasa kejadian masa lampau sudah mengajarinya banyak hal. Di dunianya kini, ia menerima berbagai kata kasar dan jahat lebih banyak. Bedanya, sekarang dia lebih siap dan tegar.

~

#12. Justin Timberlake

justin timberlake bullying
Pict on: victoramaroblog.com

Salah-satu penyanyi dengan bayaran paling tinggi. Namun sebelum dunia glamornya kini, dia sempat mengalami masa-masa gelap. Ketika JT masih kanak-kanak, dia habiskan masa itu di Tennessee. Ketika itu, JT mengalami siksaan mental yang cukup mengusik. Betapa tidak, JT memang berbeda dari anak lelaki kebanyakan yang menyukai aneka olahraga. Dia sendiri malah lebih condong menjatuhkan ketertarikan pada musik dan drama. Sebutan (maaf) ‘banci’ atau apa sudah sering menyambanginya.

~

#13. Kate Winslet

Kate Winslet
Majalah People

Wah Kate Winslet sudah berusia 40 tahun ya Oktober tahun ini! Nah jauh sebelum menjadi “Rose” dan tenar seperti sekarang, dia sempat menjadi korban bullying karena badannya yang berlebih. Kejadian pahit itu sangat menyiksanya. Dia malah setuju pada semua yang dikatakan para pembully. Hal itu membuatnya tak bisa melihat kecantikan diri sendiri. Dia pun melakukan aksi pembiakan. Selain takut, dia memang belum tahu cara membela diri.

Baca Juga :  Band The Corrs dan Media Sosial

~

#14. Lady Gaga

Lady gaga

Penyanyi nyentrik ini sempat mogok sekolah lantaran dia sangat sering menjadi sasaran bullying. Orang-orang sering menyebutnya (maaf) jelek, hidungnya kebesaran, aneh, make up-nya ganjil, sangat annoying, suaranya enggak bagus, dsb. Mungkin aksi itu masih berlangsung sampai sekarang. Namun konteksnya sudah berbeda. Kini penampilan, pakaian atau make up aneh justeru menjadi ciri khas tersendiri baginya. Bisa dibilang, justeru aneh kalau LG terlihat ‘normal’ seperti orang kebanyakan.

~

#15. Megan Fox

Megan Fox

Megan Fox muda sudah menyatakan keinginannya untuk menjadi aktris. Bukannya mendukung, teman-teman SMA-nya malah mengejek. Mereka mengoloknya habis-habisan. Sampai-sampai ia ingin menghabiskan waktu istirahat di kamar mandi saja, ketimbang di tempat ramai dan menjadi sasaran empuk. Ia mengaku kalau masa-masa itu sangat sulit. Ia merasa SMA berlangsung sangat lama dan begitu tersiksa ketika hari-harinya dilalui dengan aksi bullying. Kini dia sudah punya anak, yang cute banget, pastinya tidak ingin hal serupa terjadi padanya.

~

#16. Michael Phelps

Michael Phelps bullying
Via twitter: @MichaelPhelps

Dia merupakan atlit renang yang sangat terkenal. Di tahun 2008 kemarin, Phelps memenangkan Beijing Olympic Games. Ia bahkan menjadi peserta olimpiade paling keren, sebab memenangkan emas sebanyak 9 kali berturut-turut. Sanjungan datang laksana hujan. Hadiah ini-itu menyerbu dirinya. Namun dibalik kesuksesan itu, Phelps kecil ternyata mesti mengalami masa-masa sulit. Dia sering diejek karena bentuk telinganya, karena dia cadel terus karena dia memiliki lengan yang panjang. Namun karena lengan itulah, ia menjelma jadi perenang hebat. Semua ejekan yang ia terima, ia jadikan motivasi untuk berlatih dan berusaha lebih keras lagi.

#17. Miley Cyrus

Miley Cyrus bullying
Photo by Jamie McCarthy/Getty Images for EJAF

Bisa dibilang, sosok yang satu ini masih dibully juga sampai sekarang. Namun sebagai selebritis, hal tersebut sudah dianggap wajar. Bahkan pamor dan popularitasnya bisa naik karena sensasi atau bullying. BEda ketika Miley masih muda. Dulu dia didera jerawat yang cukup mengganggu. Tak ayal, hal itu mengundang teman-temannya untuk memperolok keadaan Miley. Saking keterlaluannya, ia mengaku sampai depresi dan mengunci diri. Ayahnya yang kemudian mendobrak pintu. Dan kini dirinya sendiri yang mendobrak stigma kalau korban bullying juga manusia, yang punya mimpi dan hak untuk mewujudkan mimpi itu.

~

#18. Pangeran Harry

Pangeran Harry bullying
Photo by Max Mumby/Indigo/Getty Images

Serius?
Ya, Pangeran Harry rupanya sering dijadikan target para pencemooh sebab rambut merah yang ia miliki. Sekarang sebagian orang malah mengecat rambut mereka dengan warna merah, ya? Hal itu memang karena perbedaan kebudayaan dan paradigma juga. Sebab di Inggris Raya, lelaki seperti pangeran yang satu ini sering dijuluki ‘Ginger’ (jadi inget Ed Sheeran). Teman-temannya sesama tentara sering menyebut sang pangeran sebagai “Ginger Bullet Magnet”. Mereka juga sering bercanda kalau tentara mesti membeli wig jahe untuk digunakan ketika berada di Irak, dengan demikian para pemberontak tak akan mengenalinya. Semua candaan itu tentu tak berpengaruh pada kerennya Pangeran Harry. Kini dia sudah menjadi kapten di militer korps udara. Dia juga menjadi aktivis penderma. Salah-satunya yaitu di Sentebale, sebuah organisasi amal yang menolong para yatim-piatu atau anak-anak yang menderita, khususnya di Lesotho.

~

#19. Sandra Bullock

Sandra Bullock
Pict on: itolly.com

Sandra Bullock sangat popular dan difavoritkan untuk menjadi aktris pemeran utama. Namun tidak ketika dia masih SMA. Dia pernah menuturkan kalau suatu hari ketika kembali sekolah, dirinya berpenampilan tidak seperti anak kebanyakan. Katakanlah, dia seperti badut di tengah orang-orang yang berkostum keren. Teman-temannya pun menghujani kata-kata kurang sopan. Dan yang menyedihkan adalah… Sandra Bullock mengaku masih mengingat nama lengkap orang-orang yang sudah berkata kasar padanya. Aw!

Baca Juga :  10 Kisah Persahabatan Artis Dunia yang jadi Favorit Fans

~

#20. Tuan Ranulph Fiennes

Tuan Ranulph Fiennes
Pict on: theguardian.com

Sir Ranulph Fiennes bukanlah Dora, namun dia memang merupakan petualang sejati. Sampai-sampai Guinness Book of World Records sendiri yang memberi julukan itu. Ketika usianya sudah 65 tahun saja, tuan ini masih mendaki puncakk Gunung Everest. Namun sebelum menginjak posisi puncak gunung, ia terlebih dahulu ‘diinjak’ rekan-rekan sekolahnya sendiri. Semua perlakuan keterlaluan yang diterima sang ‘pretty boy’ sempat menggiringnya pada rencana bunuh diri. Namun ia berhasil bertahan, dan melanjutkan karier bersama tentara Inggris. Dia bepergian kesana-kemari, menemukan kota bernama Ubar di Oman, memenuhi tantangan “Land Rover 7x7x7 Challenge” untuk Yayasan Jantung Inggris, dsb.

~

#21. Taylor Swift

Taylor Swift bullying
Photo by Kevin Mazur/Getty Images for Keds

Melalui lagu “Shake it Off”, TS seolah mengajak siapapun untuk bersikap seperti dirinya. Lagunya seolah menjadi curahan hatinya untuk siapapun yang tengah berjuang melawan aksi bullying. Dulu ketika masih sangat muda, TS mengaku bukan menjadi sosok yang popular. Dia menghabiskan lebih banyak waktu dengan menyendiri, sehingga kesempatan itu sering dipakai untuk menulis lirik lagu. Ketika sedang duduk sendirian dan menggoreskan kata, rekan-rekannya akan ramai berseru soal pesta dan sengaja menaikkan volome suaranya ketika berkata,

“Semua orang diundang, kecuali Si Taylor Swift!”

Oalah… ckckck!

~

#22. Tom Cruise

Tom Cruise

Selain bertalenta, Tom Cruise juga dikaruniai wajah yang ganteng. Tak heran meskipun sudah tidak muda, namun ia masih memiliki banyak penggemar. Hal itu sedikit bertolak belakang ketika TC masih kanak-kanak. Dia belum terlalu diapresiasi. Ayahnya sering keluar-masuk pekerjaan, sehingga membuatnya ikut keluar-masuk sekolah baru. Dia pun kerap terjebak pada situasi di mana dirinya tidak memiliki teman dan sulit beradaptasi. Sepatu dan logat bicaranya sering dianggap aneh. Perkelahian ala anak-anak pun tak bisa dihindarkan. MEski masih bocah, namun dia sudah memiliki hati dan emosi. Selain tidak suka akan aksi bullying, dia juga berpikiran kalau dirinya tidak melawan, maka sang pembully akan keenakan memojokkannya.

~

#23. Winona Ryder

Winona Ryder 2015 bullying

Aktris Amerika ini juga tak luput dari sasaran. Dia sempat bercerita kalau dulu dirinya memakai kaus tentara penyelamat ke sekolah. Saat itu teman-temannya membully dirinya. Secara fisik maupun psikis. Kata-kata tidak sopan meluncur ke arahnya. Tendangan demi tendangan bahkan membuatnya tersudut ke locker. Sampai kemudian… dia bisa tersenyum menang, sebab salah-satu pembully menginginkan tanda-tangannya. Namun sebagai manusia biasa yang tidak bisa melupakan hal-hal pahit dalam dirinya, dia menolak permintaan itu. Hehe…

~

#24. Zac Efron

zac efron bullying

Nama terakhir yang sekarang, 19 Oktober 2015 ini, lagi ulang tahun ke-28 nih! Hehe…

Zac Efron dulu dan sekarang daku rasa tetap ganteng. Walau dulu memang kelihatan sekali nerd-nya. Dia belum popular dan seksi. Dia juga terlihat lebih menyenangi musik atau seni, ketimbang bergaul dengan temannya. Karenanya dia sering menerima perkataan-perkataan yang tidak seharusnya. Bagaimanapun, minatnya dianggap tidak keren. Dia bahkan jadi korban bullying oleh rekan-rekannya yang lebih tinggi, berotot dan merasa sangat kece. Namun kini keadaan berbalik. DIa menjadi salah-satu sosok yang paling disenangi bahkan mungkin diimpikan oleh banyak orang.

~

Wah tak terasa sudah 24 nama. Cerita-cerita bullying mereka memang menarik. Semuanya seolah mengajarkan kalau pengalaman buruk bisa diolah jadi motivasi.

Begitupun dengan balas dendam dan kemenangan besar yang bisa didapatkan dengan aneka cara. Salah-satunya dengan menjadikan diri kita sukses, keren dan unggul melebihi mereka yang sudah merendahkan kita.

Hanya dengan begitu saja, kita bisa tersenyum tanpa perlu menyiksa orang. Namun bisa dipastikan, ‘mereka’ akan langsung gelisah dan tak enak hati. *peace! #RD

You May Also Like

6 Comments

  1. Haha biasahnya orang2 yg suka d’bully itu,,orang orang yg suka menyendiri :’v

  2. Biasanya orang yang dibully itu lebih sukses daripada yng membully. Mungkin yng ngebully itu ga punya kelebihan kali ya, kelebihannya cuma ngebully org yng dia anggap lemah

Comments are closed.