25 Ide Bisnis atau Peluang Usaha untuk Orang Introvert, Pemalu & Pendiam

25 Ide Bisnis atau Peluang Usaha untuk Orang Introvert, Pemalu & Pendiam

ide bisnis, ide bisnis kreatif, ide bisnis untuk pemula, contoh ide bisnis kreatif, ide bisnis unik, ide bisnis kuliner, ide bisnis modal kecil, ide bisnis online, ide bisnis untuk pendiam, ide bisnis untuk orang introvert, ide bisnis untuk anak muda, ide bisnis kreatif, ide bisnis rumahan, ide bisnis modal kecil
By: Chow Hon lam via IG: @deeannrose

Berbisnis atau memanfaatkan peluang usaha sedang menjadi trend tersendiri di masyarakat. Sebagian dari kita merasa sangat sulit untuk mencari kerja, sebab seringkali mesti melibatkan prinsip “uang, kekeluargaan atau orang dalam”. Banyak juga yang sudah bosan jadi pegawai. Apalagi, ada beberapa usaha yang bisa dijalankan dengan modal kecil.

Namun untuk beberapa orang, khususnya yang introvert, kadang tak semua pekerjaan itu cocok. Lebih lagi kalau mesti “melanggar” zona nyaman mereka. Introvert tipikal orang yang bekerja “di belakang layar”, ndak perlu show up. Kalau bisa sih, pekerjaannya itu tidak terlalu melibatkan banyak orang atau tim. Pekerjaannya musti terkesan personal, enggak usah ke luar rumah, tak memerlukan promosi dengan berbicara sana-sini, dsb.

Wah, pekerjaan macam apa yang seperti itu? Jom!

  1. Penulis Lepas atau Freelance Writer

Sekilas, orang yang introvert itu terkesan membosankan, kurang gerak, atau seperti enggan berusaha. Namun biasanya, mereka itu memiliki kreativitas dan imajinasi yang bisa liar. Tak jarang, penulis lepas banyak dipilih untuk mengakomodasi bakatnya tersebut.

  1. Desainer Web atau Web Designer

Bisnis seperti ini tak memerlukan banyak persyaratan khusus. Yang penting bisa online dan tentu menguasai dunia desain. Memang ada proses marketing atau promosi. Namun semua itu bisa dilakukan secara tidak langsung, tidak musti disaksikan banyak pasang mata.

  1. Desain Grafis atau Graphic Designing

Pekerjaan yang satu ini juga tak perlu membuat orang eksisnya ke muka. Namun posisinya begitu penting. Lebih lagi pekerjaan seperti ini tengah banyak dicari atau diperlukan.

  1. Blogger

Enggak suka berbicara, bukan berarti enggak memiliki banyak hal untuk “dibicarakan”. Namun seseorang yang introvert bisa “menyuarakannya” dengan cara lain, misalnya kegiatan blogging. Selain meluapkan isi pikiran atau perasaan, blog juga bisa menjadi sumber penghasilan.

  1. Penulis Artikel/ Penulis Konten/ Content Writer

Serupa dengan blog, namun yang satu ini tak wajib memilikinya. Seorang penyedia artikel biasanya menulis untuk blog orang. Tarifnya bisa berbeda-beda. Bisa dilihat dari banyaknya kata, unik atau tidaknya topik, pengalaman menulisnya, dsb. Ada yang mencantumkan nama asli si penulis, sekadar inisial, bahkan banyak juga yang jual lepas.

penulis, jasa penulis, penulis lepas, penulis lepas adalah, jasa penulis artikel bahasa inggris, jasa penulis artikel, jasa penulis content, peluang menulis, peluang menulis novel, lowongan menulis 2016, lowongan menulis artikel
By: Joel Robison via Ig: @deeannrose
  1. Pengendali atau Konsultan Media Sosial

Menjadi introvert juga bukan berarti kehilangan skill untuk bersosialisasi. Kadang mereka tak perlu eksistensi secara fisik, melainkan via media sosial. Khusus untuk pekerjaan seperti ini, biasanya diperlukan oleh perusahaan kecil-menengah-besar untuk sarana iklan. Asal siap-siap saja dipanggil “Min”, “Admin”, “Kakak”, “Gan”, dsb.

  1. Cleaning Services atau Pelayanan Kebersihan

Tujuan inti dari pekerjaan ini adalah keadaan yang berubah bersih dan higienis. Prosesnya pun tak memerlukan banyak bualan. Banyak bekerja, dan sedikit atau mungkin sama-sekali tidak berbicara.

  1. Seniman

Memang ada seniman yang musti tampil, namun banyak juga yang bisa menjalankannya tanpa perlu “eksistensi”. Misalnya pelukis, pemahat, pematung, penulis, dsb. Introvert biasanya tenggelam dalam profesi tersebut, apalagi kalau mereka sudah jatuh cinta kepadanya.

  1. Membuka Usaha Online Store atau Toko Online

Menjadi pedagang memang dituntut untuk memiliki skill berkomunikasi dengan baik. Entah itu komunikasi dengan rekan bisnis, ketika negosiasi, membujuk pembeli, dsb. Kalau melakukan semua itu secara langsung, introvert bisa merasa enggak nyaman. Beda lagi jika sistemnya memang online, ndak perlu berhadap-hadapan.

  1. Reseller Produk

Mirip dengan poin sebelumnya, yang satu ini juga memerlukan kemampuan berkomunikasi. Misal ketika membicarakan kerja-sama dengan pihak produksi pusat. Lalu ketika transaksi dengan para pembeli. Belum lagi ketika melayani pertanyaan atau komplain dari mereka. Namun karena hubungannya via online, kita pun bisa melayani secara tidak langsung. Kecuali kalau ada yang minta ketemuan, kita mesti sedikit menebalkan nyali.

  1. Manajemen Sampah

Industri seperti ini tak harus kita pandang sebelah mata. Justeru yang satu ini dianggap keren dan sedang melambung di tengah topik tentang bisnis. Kadang keuntungannya pun ternyata menjulang tak terkira. Contoh usahanya seperti bisnis rongsok atau mengolah sampah menjadi produk yang bernilai jual tinggi.

  1. Penulis Lirik Lagu atau Musik

Sudah kita ketahui bersama, banyak sekali penyanyi besar yang mendendangkan hits, namun ternyata karya tersebut tak datang asli dari dirinya. Di belakangnya terdapat seseorang yang introvert dan tak dikenal publik. Namun ialah pencipta asli dari lagu keren yang sudah melambungkan para penyanyi. Eksistensi tak masalah baginya, yang terpenting bisa melakoni hobi, mengungkapkan emosi, dan tentu memeroleh gaji.

  1. Jasa Pindah Rumah atau Tempat Singgah

Yang satu ini menjadi satu diantara usaha yang patut dilirik. Apalagi orang di zaman sekarang memang “hobi” pindah. Ke rumah baru, kontrakan baru, kos-kosan, dsb. Kadang banyak orang yang tak punya waktu untuk mengurus segalanya. Karena itu, seseorang yang introvert bisa menawarkan jasa untuk membantu memindahkan berbagai properti yang diperlukan.

  1. Jasa Akuntan dan Pembukuan

Biasanya seorang akuntan dan ahli pembukuan musti seseorang yang memiliki daya fokus tinggi. Hal ini bertujuan agar tak ada error atau kesalahan, yang bisa mengusik segalanya. Rasanya seorang introvert pas juga mengambil job seperti ini.

  1. Pengendali Hama

Pekerjaan yang kurang populer, namun bisa jadi ide untuk bisnis jasa. Lebih lagi memang ada peluang, mengingat hama yang berasal dari penyakit atau serangga memang kerap menjadi gangguan menyebalkan bagi banyak orang. Kalau berhubungan dengan hama ‘kan tak memerlukan banyak omongan. Hanya saja kita memang menguasai bidangnya.

Baca Juga :  10 Komik Tentang Perasaan, Pikiran, dan Keadaan Orang Introvert (Bagian 1)
bisnis pengendalian hama, pembasmi hama, usaha hama, layanan pembasmi hama, jasa pembasmi hama
Via: accpestcontrolfl.com
  1. Bisnis Usaha Menggunakan Mesin Produksi

Ini dia salah-satu usaha yang tengah banyak dirintis orang, khususnya para pemula atau kawula muda. Kita hanya menentukan dulu hendak membuka usaha apa, lalu menempatkannya di daerah yang strategis. Misalnya minuman cepat saji, makanan cepat saji, potokopian, dsb. Mesin yang “banyak bicara”. Kalau sudah mendapat banyak pelanggan, biasanya jalan untuk membuka cabang bisa terbuka lebar.

  1. Potografer

Usaha di bidang poto juga tengah menanjak. Memang kamera bagus itu sudah tersedia di hampir smartphone tiap orang. Namun tetap saja ada kesan berbeda antara jepretan seorang amatir dengan mereka yang memang memiliki passion di bidang potografi. Kita bisa memajang hasil terbagus pada media sosial, melakukan promosi atau marketing, serta melayani pelanggan dengan sebaik mungkin.

  1. Edit Poto

Mirip seperti potografer. Tapi yang menjepretnya tak perlu kita langsung. Klien yang menyerahkannya, lalu kita yang mengedit sesuai pesanan. Misalnya pengin membuat poto tersebut terlihat lebih bagus. Atau sekarang juga sedang musim editing poto manipulasi. Entah itu terlihat seperti sedang di mana, sedang bersama siapa, atau mencampurkan poto dengan unsur seni yang lebih menarik.

  1. Kurir

Yang penting bukan kurir narkoba, ya? Hehe… jasa seperti ini bisa dipilih, sebab memang tak memerlukan banyak chit-chat. Kita membantu orang mengantarkan anu, lalu mendapat upah se-anu.

  1. Pemesanan Tiket dan Reservasi

Orang sibuk kadang dianggap menyebalkan, namun bisa menjadi sumber ide usaha juga. Kita bisa menjadikan mereka sebagai “pasar” yang menjanjikan. Salah-satunya dengan membuka jasa pemesanan tiket seperti untuk kereta api, kapal terbang, konser, dsb. Bisa juga melayani mereka dengan jasa reservasi hotel.

usaha tiket online
By: retronator via DevianArt
  1. Bisnis Kerajinan Tangan

Tipikal yang banyak bekerja, kreatif dan memiliki imajinasi bagus, sangat diperlukan untuk pekerjaan yang satu ini. Jika sudah jadi, jalan distribusinya bisa secara langsung ke outlet atau toko, bisa juga dipasarkan secara online. Kita tentu saja berkomunikasi, namun secara tidak langsung.

  1. Bisnis Makanan atau Minuman

Untuk usaha yang satu ini, “model” yang lebih eksis adalah makanan dan minuman yang dibuat. Bisa juga menggamit model manusia juga sebagai pemanisnya. Pembuatnya cukup bekerja atau mungkin sampai kotor-kotoran di belakang. Tak masalah. Ia hanya memasarkan dan menjualnya saja, bisa langsung atau tidak.

  1. Mekanik

Fokus pekerjaan ini bukan untuk membujuk orang. Mekanik hanya perlu konsentrasi memperbaiki mesin yang dikeluhkan rusak. Mekanik juga musti memelihara atau melakukan pengujian. Namun semua proses tak mewajibkan orangnya untuk bersosialisasi lebih intens.

  1. Penerjemah atau Translator

Anugerah tersendiri jika kita bisa menguasai berbagai bahasa. Apalagi di zaman sekarang. Banyak dokumen, buku atau tulisan lain yang diminta dialihbahasakan, entah oleh perorangan atau proyek sebuah perusahaan/ instansi. Meski sudah ada google translate atau mesin penerjemah lain, namun tetap diperlukan tenaga ahli untuk menyusun bahasa secara baik dan benar. Seorang introvert yang melahap aneka bahasa bisa eksis di ranah menjanjikan ini.

  1. Gamer atau Ahli Video

Di blog ini sudah dibahas mengenai pekerjaan sebagai game tester, yang mengetes sejauh mana keasyikan atau kelayakan sebuah game. Pekerjaannya tinggal nge-game, lalu membuatkaan review sejujur dan sedetail mungkin. Ada juga yang bekerja-sama dengan perusahaan untuk menciptakan karakter, merancang lingkungan virtual, membuat animasi, dsb. Selanjutnya masih berhubungan dengan video, yakni pembuatan dan proses editingnya. Banyak sekali yang memerlukan video bagus dan layak untuk dinikmati.

Baca Juga :  8 Cara Mengambil Hati dan Mencintai Orang Introvert Sesuai dengan Tipenya

Nah, demikianlah 25 Ide Bisnis atau Peluang Usaha untuk Orang Introvert, Pemalu & Pendiam. Cukup lengkap, ya?! Ada yang sudah biasa kita dengar, atau juga yang terbilang unik. Ada yang musti bermodal tinggi, ada juga yang bermodal sedikit. Ada yang musti berasal dari tingkat pendidikan tertentu, banyak juga yang bahkan tak memerdulikan titel pendidikan.

Bicara soal bisnis, kepercayaan menjadi salah-satu topik vital. Intinya, kita musti memiliki skill atau kemampuan mumpuni, kejujuran serta pelayanan sebaik mungkin. Dengan demikian, partner bisnis merasa puas dan rezeki yang kita raih menjadi berkah. Aamiin… #RD

You May Also Like

14 Comments

  1. Mbak, Izin copas boleh?
    Tips ini mau saya terbitkan d salah satu forum.
    Nanti saya post sumbernya.

  2. Mbak misal butuh writer ttg artikel spt web anda mau melamar hehehe kebetulan sering nulis artikel, cerpen, manga, dan sering melakukan aktivitas travel baik di dalam juga luar negeri(pernah beberapa). Terimakasih ^^

    1. Wow. Keren, jack18. Terima kasih banyak, ya. Kalau memang membutuhkan penulis artikel tambahan, kemungkinan besar blog ini akan memostingnya, kok. ^_^

  3. Min, aku seorang introvert juga. Menurut Aku sih pengen punya dan jadi blogger, soalnya ngga pake modal besar kan 😀

    1. Halo, Muzaku. Iya sudah ciri khas introvert untuk “canggung di awal” dan perlu waktu beradaptasi agak spesial. Hmm… potografer memang keren. Daku pengin, cuma kepentok terus. 😀 jadinya belajar ngeblog. Kamu juga udah punya blog, ‘kan?

  4. Jadi introvert itu memang suka canggung kalau tatap muka sama orang yang baru dikenal.
    Aku juga suka susah min milih kerja yang enak, bukan soal gaji besar ya.. yang penting betah gitu 🙁
    Dari sekian Ide bisnis diatas, aku tertarik untuk jadi fotografer nih, yang lainnya kuarang sreg aja! Hehehe
    Makasih ya min atas artikelnya 😀

Comments are closed.