3 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Garam dan Tips Menghindari Efek Sampingnya

0
SHARE
cara menghilangkan ketombe, cara menghilangkan ketombe dengan ketombe, garam menghilangkan ketombe, garam obat ketombe, garam penghilang ketombe, efek samping menghilangkan ketombe dengan garam
Image via: shecorner.wordpress.com

Mau orang biasa atau pun para influencers ternama akan sama-sama risih jika rambut sudah berketombe. Seringkali aneka sampo dan perawatan sudah digunakan, namun hasilnya nihil.

Bagaimana kalau mencoba menggunakan garam?

Dilansir dari Stylecraze.com (Februari, 2019), garam memang membantu melawan ketomber serta bisa meringankan gejalanya.

Bagaimana bisa garam melawan ketombe?

Penyebab utama ketombean yaitu penyumbatan pori-pori, minyak yang banyak dan kelembapan yang berlebihan.

Garam membantu membuka pori-pori, menghilangkan kulit mati yang menumpuk, serta membersihkan kulit kepala. Garam membantu menyerap minyak berlebih dalam kulit kepala. Garam juga bisa membantu melawan infeksi jamur dan kelembapan berlebih.

Lalu, bagaimana cara menggunakan garam untuk mengatasi ketombe?

1Kombinasi Garam dan Air

Image via: theheartysoul.com

Bahannya cukup 3 sendok makan garam dan secangkir air. Namun kamu mesti memanaskan airnya dulu, lalu memasukkan garamnya. Setelah tercampur, biarkan dulu sampai agak dingin. Kemudian bilas rambutmu dengan air garam tersebut. Pijat pelan-pelan kulit kepalamu.

Selanjutnya kamu bisa menggunakan sampo ringan yang bebas sulfat. Alangkah baiknya jika kamu mengakhiri proses menggunakan conditioner. Namun sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan kulit kepala. Krim atau cairan tersebut cukup diaplikasikan pada bagian tengah sampai ujung rambut.

Dalam seminggu, keramas air garam ini bisa diterapkan 1-2 kali.

2Kombinasi Garam dan Sampo

Kamu cukup menyiapkan satu sdm sampo dan setengah sdm garam. Sebaiknya gunakan garam Epsom. Kalau pun tidak, kamu bisa menggantinya dengan garam biasa.

Kemudian campurkan sampo dan garamnya. Basahi rambut dengan air hangat dan aplikasikan bahan yang sudah dicampur. Setelah memijat kulit kepala beberapa saat, kamu bisa membersihkannya dengan air dingin. Kemudian gunakan conditioner dengan cara yang sama seperti poin 1.

Baca Juga :  10 Tweet Terakhir Paling Terkenal Sebelum Pemilik Akunnya Meninggal

Idealnya, keramas garam ini dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.

3Kombinasi Garam, Minyak Zaitun (Olive Oil) dan Sari Lemon

Bahan yang diperlukan yaitu 2 sdm garam, 1-2 sdm sari lemon dan 1-2 sdm minyak zaitun. Semua bahan dicampurkan dalam sebuah wadah. Mula-mula, kamu bisa membasahi dulu rambutmu. Kemudian aplikasikan bahan pada kulit kepala. Pijat dengan gerakan melingkar. Sekitar 5 menit kemudian, kamu bisa membilasnya.

Ketika mencuci rambut, kamu juga bisa menggunakan sampo ringan yang bebas sulfat. Lalu aplikasikan conditioner seperti pada poin ke-1. Keramas yang satu ini bisa dilakukan 2 kali dalam seminggu.

Minyak zaitun bisa menjadi conditioner alami yang meningkatkan kesehatan kulit kepala sekaligus meringankan sensasi gatal. Sedangkan vitamin C yang terdapat dalam lemon bisa membantu membasmi ketomber sekaligus menyediakan kolagen untuk pertumbuhan rambut.

Tips Menghindari Efek Samping Penggunaan Garam pada Rambut Berketombe

Di satu sisi, garam bisa memberikan kabar gembira karena mampu mengurangi gangguan ketombe. Namun di sisi lain, ada beberapa efek samping yang mengintai. Alih-alih bebas dari masalah rambut, kamu justru menghadapi masalah lain yang lebih pelik.

Dirilis dari Gayarambut.co,id, dampak buruk penggunaan garam bisa mengundang masalah kerontokan, rambut kering dan rapuh, tumbuhnya uban, gatalgatal, dan iritasi pada kulit kepala.

Namun semua itu biasanya terjadi karena kesalahan penggunaan atau penerapan caranya. Tipsnya:

  • Air yang melarutkan garam sebaiknya air hangat.
  • Keramas garam sebaiknya tidak lama-lama, cukup 15 menit saja, lalu bilas sampai bersih total.
  • Tidak perlu terlalu sering keramas menggunakan garam.

Ketombe itu ibarat “musuh” bagi semua manusia berambut. Selain mengganggu, keberadaannya juga bikin frustrasi karena seringkali sulit dibasmi. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba cara alami. 3 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Garam dan Tips Menghindari Efek Sampingnya. #RD

Baca Juga :  8 Model dan Gaya Rambut Pendek Pria 2019
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine − three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.