30 Quotes atau Kata Mutiara Gus Mus Tentang Kehidupan

2
SHARE
quote gus mus, kata mutiara gus mus tentang kehidupan, quote gus mus tentang kehidupan, buku gus mus, buku terbaru gus mus, buku mengenal diri sendiri gus mus
Kredit foto: Instagram @s.kakung

Gus Mus adalah panggilan populernya Pak Kyai Haji Ahmad Mustofa Bisri. Berkat Alm kakak, nama beliau sudah cukup familier dari dulu. Apalagi kakak juga, bisa dibilang, ngefans sama Gus Dur.

Saya ingat betul kata-kata Gus Mus:

“Keajaiban” media sosial: Melaluinya orang bisa mencintai atau membenci orang lain tanpa bertemu muka dan berkenalan sekali pun.

Dari media sosial juga, saya ‘jatuh hati’ pada beliau – sekali pun belum bertemu muka dan apalagi sampai berkenalan.

Lewat internet, saya semakin menggali seluk-beluk beliau. Tapi apalah saya, yang cuma bisa mengikutinya di Twitter (@gusmusgusmu), Instagram (@s.kakung), Youtube, dan nyicil koleksi bukunya.

Kadang saya juga “berburu” hashtag khusus tentang beliau. Namun kalau urusan postingan yang bukan dari akun beliau langsung, memang mesti hati-hati. Beberapa ada yang hoax. Gusti…

Awalnya saya kira beliau adalah ‘kyai pesantren biasa’. Rupanya beliau juga ulama (Rais Syuriah PBNU), desainer logo PKB, penulis, penyair/sastrawan, dan budayawan.

Entah kenapa beliau itu ‘adem’, syahdu, moderat, toleran, humoris, dan lain-lain – khas ‘kyai kampung’ yang hangat dan bisa jadi lentera. Lebih lagi, saya pribadi yang dari kampung memang lebih akrab dengan keberadaan para kyai. Meski ada ustaz-ustaz yang bermunculan di medsos dan jadi ‘guru ngaji online’, patokan saya tetap kepada para kyai.

Luar biasa! Beliau adalah paket lengkap!

Entah ada berapa kutipan yang diam-diam saya screenshot, copas, dokumentasikan, dan share. Berikut ini hanya 30 quotes atau kata mutiara Gus Mus Tentang Kehidupan:

1. “Sesungguhnya kita semua milik Allah dan kepadaNyalah kita kembali.”  Kalimat ini bukan sekadar simbol takziah. Cobalah renungkan lagi maknanya.

2. Allah tidak segera menghukum kita ketika kita berbuat dosa, untuk memberi kesempatan kita bertobat & memperbaiki diri.

Baca Juga :  Kenapa Sesekali Kita Perlu Menyendiri? Inilah 5 Alasannya!

3. Bebaskanlah dirimu dari belenggu penjajahan siapa dan apa saja, kecuali Allah, maka engkau akan merasakan betapa nikmatnya kemerdekaan yang sesungguhnya.

4. Belajar mendengarkan dengan baik,  memudahkan kita bicara dengan baik.

5. Berlebihan dalam mencintai maupun membenci, bisa menghilangkan akal sehat.

6. Beruntunglah mereka yang tahu kapan harus bicara, kapan harus diam dan selalu berusaha agar diam dan bicaranya bermanfaat.

7. Bila tak mampu memberi manfaat, janganlah berbuat mudarat.

8. Dijelek-jelekin kan tidak berarti jelek. Kalau membalas jelek-jelekin, malah jadi jelek dan membenarkan  ucapan orang yang jelek-jelekin.

9. Hamba yang percaya dan berbaiksangka kepada Allah, tidak penakut dan tidak kikir.

10. Jangan berlebihan mengharap sesuatu yang keputusan wujudnya tidak di tangan kita, agar kita tidak terlalu kecewa bila tidak terwujud.

11. Jika kau bergembira, perlihatkanlah kegembiraanmu, agar orang di sekitarmu ikut gembira. Tapi bila berduka, jangan perlihatkan kecuali kepada-Nya.

12. Kalau hari-harimu, hari inimu dan kemarin-kemarinmu sama, untuk apa engkau memelihara kalender dan ikut memusingkan pergantian tahun?

13. Kalau kita berbuat baik karena Allah, kita tidak akan risau dengan pengabaian dan penilaian orang.

14. Kalau tidak ingin kehilangan kekasih, pastikanlah kekasihmu adalah Kekasih yang selalu Ada.

15. Kesombongan tidak mampu menutupi kebodohan, bahkan justru memperjelas. Kebodohan hanya bisa terkikis oleh kerendahan hati untuk terus belajar.

Ada yang tertarik dengan buku-buku Gus Mus? Kebetulan saya menerima pre-order dari 18-28 Februari 2019. Mau satu buku juga bisa, kok. Untuk info lebih lanjut, silakan kontak blog ini atau hubungi nomor WA yang tertera, ya.

buku gus mus, buku karya gus mus, buku kumpulan cerpen gus mus, jual buku gus mus, paket buku gus mus, pre order buku gus mus
Pre-Order paket khusus Gus Mus (18-28 Februari 2019)

16. Kita diperintah berikhtiar; namun berhasil atau tidaknya ikhtiar kita, ada di ‘tangan’ Allah. Maka kita tidak boleh lupa memohon pertolongan kepadaNya.

Baca Juga :  6 Sikap dan Respons Utama Ketika Ada yang Menghina, Merendahkan, atau Menjatuhkan Kita

17. Banyak orang yang kondisi kehidupannya lebih buruk dari kita & bahagia. Sebaliknya banyak orang yang kondisi kehidupannya lebih baik dari kita tapi menderita.

18. Kita perlu berusaha selalu berbuat baik kepada hamba Allah; bukan demi mendapatkan balasannya, tapi demi mendapatkan ridaNya.

19. Malaikat tak pernah salah. Setan tak pernah benar. Manusia bisa benar, bisa salah. Maka kita dianjurkn saling mengingatkan, bukan saling menyalahkan.

20. Manusia yang benar-benar beriman kepada Allah dan istiqamah,  tidak akan pernah merasa khawatir dan sedih. Inilah kebahagiaan hakiki.

21. Menghargai orang mulai dari yang sederhana dan mudah:  memandang wajahnya dan tersenyum saat bersalaman.

22. Mensyukuri anugerah tidak cukup dengan ucapan; tapi terutama dengan mempergunakan anugerah itu semestinya.

23. Nasihat “Berpikirlah sebelum bertindak”, mencakup juga berpikir “sebelum bicara” dan “sebelum menulis”.

24. Orang akan tetap pandai selama dia terus belajar. Bila dia berhenti belajar karena merasa sudah pandai, mulailah dia bodoh.

25. Orang baik ialah orang yang mengingat kebaikan orang kepadanya dan melupakan kebaikan sendiri kepada orang lain.

26. Sebesar apa pun masalah kita, akan terasa kecil bila kita  benar-benar yakin mempunyai Tuhan yang Maha Besar.

27. Sederhana saja. Jangan lakukan terhadap orang lain, apa yang kamu tak ingin orang lain melakukannya terhadapmu.

28. Seperti ujian kenaikan kelas, jika Allah menghendaki menaikkan derajat hambaNya, Dia akan mengujinya.

29. Seringkali pilihan Tuhan untuk kita tidak seperti yang kita inginkan. baru belakang kita ketahui bahwa pilihanNyalah yang terbaik.

30. Setiap hari kita perlu berusaha menambah amal baik sesederhana apa pun. Setidaknya berusaha menghindari perbuatan buruk sekecil apa pun.

Baca Juga :  12 Rahasia Orang yang Kuat Dari Luar Tapi Sebenarnya Rapuh Dari Dalam

~

Beliau adalah investasi besar bagi umat dan nusantara. Semoga Allah Swt memberi karunia berupa umur panjang, keberkahan, dan kemuliaan. Kami masih sangat membutuhkanmu, Gus. 30 Quotes atau Kata Mutiara Gus Mus Tentang Kehidupan. #RD

SHARE

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 − 6 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.