36 Pikiran yang Membuat Kita Selalu Bersikap Positif

36 Pikiran yang Membuat Kita Selalu Bersikap Positif

pikiran, pikiran positif, berpikir positif, sikap positif, pribadi yang positif, cara agar berpikir positif, berpikir positif dan berjiwa besar
By: Bartosz Kosowski

Pikiran memiliki kekuatan amat besar. Kalau isinya negatif, maka pengaruhnya pun kurang baik. Kita cenderung pesimis, tak bergairah, dan mudah menyerah. Sebaliknya kalau positif, efeknya juga begitu baik. Ada energi tersendiri yang membuat kita semangat, bertahan, dan terus berjuang.

Hanya saja, kenyataan hidup memang tegaan. Kita masih sering menghadapi ujian, penolakan, kekecewaan, kehilangan harapan, dan malah tepian putus asa. Pada saat itu, pikiran kita kacau. Jangankan berisi hal-hal positif. Yang ada, impian kita serasa hancur lebur.

Namun tentu saja keadaan tersebut tak sepenuhnya benar. Kondisi buruk menjebak kita untuk membenci hidup, jatuh dalam depresi, dan lupa untuk bersyukur. Perlahan namun pasti, kita sudah menjerumuskan diri sendiri.

Padahal sudah tugas diri sendiri untuk mempertahankan motivasi. Sehebat apapun dukungan dan kata-kata mutiara dari orang lain, kalau diri sendiri tak tergerak, maka sikap positif kemungkinan akan lemah dan kalah. Kenyataannya, sikap positif ini sangat berguna. Kita akan lebih fokus pada sisi baik dari hidup.

Tapi, bagaimana caranya? Paling tidak, ada beberapa pemikiran yang bisa menjaga pikiran agar tetap positif. Jom!

  1. Pikirkanlah… begitu kita bangun tidur, berarti masih ada kesempatan untuk berubah. Menjadi lebih baik, lebih sehat, lebih makmur, dan lebih bahagia.
  2. Pikirkanlah… senyum orang-orang yang kita kasihi. Orang tua, saudara, kakek/ nenek, kerabat, sahabat, pasangan, dan siapapun itu. Pasti akan ada kebahagiaan tersendiri jika kita menjadi alasan di balik senyum mereka.
  3. Pikirkanlah… kalau setiap orang itu berhak bahagia. Termasuk daku, kamu, pokoknya kita semua.
  4. Pikirkanlah… segala sesuatu yang tidak kita suka di dunia ini masih bisa diubah, dihindari, atau ditiadakan.
  5. Pikirkanlah… kebahagiaan itu acapkali sangat dekat, dan bahkan berasal dari hal-hal kecil di sekitar. Kitanya saja yang musti lebih peka lagi. Lebih bersyukur lagi.
  6. Pikirkanlah… setiap kali kita melewati satu ujian, saat itu derajat kita naik. Demikian juga dengan kekuatan kita. Lebih tegar dan kokoh!
  7. Pikirkanlah… kesalahan apapun yang kita lakukan pada akhirnya menjadi pengalaman terbaik. Kita jadi lebih tahu dan hati-hati agar tak jatuh ke lubang yang sama.
  8. Pikirkanlah… kesalahan yang terus dipikirkan tak lantas mengubah segalanya. Semua sudah terjadi. Kita masih diberi kesempatan untuk memaafkan diri sendiri, dan menebusnya dengan kebaikan-kebaikan lain.
  9. Pikirkanlah… kita hidup “di sini” dan “di detik ini”. Fokus utama kita adalah masa sekarang. Tak perlu terlalu melibatkan masa yang sudah lalu, atau masa yang belum datang.

    pikiran positif, positive thinking, setelah kegelapan akan ada terang, perempuan ketika matahari terbit,
    Via: Pinterest
  10. Pikirkanlah… suatu saat kita akan bertemu dengan seseorang atau beberapa orang, yang mungkin saja mengubah hidup secara drastis.
  11. Pikirkanlah… keadaan buruk yang tengah dialami hanya bersifat sementara. Segala sesuatu di dunia ini bersifat fana. Hujan ada redanya. Badai ada waktu berhentinya.
  12. Pikirkanlah… penentu kesuksesan seseorang bukanlah dari kekayaan, tingkat pendidikan, penampilan, usia, tempat tinggal, dsb. Siapapun, kita perlu lebih percaya diri untuk fokus meraih mimpi.
  13. Pikirkanlah… jika hari ini begitu menyebalkan, bukan berarti keseluruhan hidup kita akan berisi kesialan. Berdoa semoga bisa bertemu dengan hari berikutnya, kesempatan berikutnya.
  14. Pikirkanlah… setelah matahari tenggelam dan kegelapan yang menakutkan hilang, matahari akan terbit dan membawa cahaya yang membawa harapan.
  15. Pikirkanlah… orang-orang memperhatikan. Mungkin kita tidak menyadarinya. Tak perlu dipikirkan, cukup buktikan kalau kita memang sesuatu yang menarik untuk diperhatikan.
  16. Pikirkanlah… tak ada amal yang sia-sia belaka. Tak perlu ragu untuk tetap berlaku baik, ramah, penolong, dan mengabdi pada Tuhan YME.
  17. Pikirkanlah… hubungan kita dengan orang lain akan berangsur-angsur membaik, apabila kita bisa memperbaiki hubungan dengan diri sendiri. Mulai menerima, mendengar, mengapresiasi, dan mencintai diri sendiri untuk kemudian menerapkannya pada orang sekitar.
  18. Pikirkanlah… tak ada usaha yang sia-sia. Apapun hasilnya, selama baik dan benar, maju terus. Bagaimanapun langkahnya; lari, berjalan, atau merangkak sekalipun.
pikiran positif, menikmati hari, menikmati masa kini, bersikap positif, perempuan dalam ayunan, perempuan santai, nikmati hidup, ilustrasi karya pascal campion
“Slightly Breezy”, by Pascal Campion

19. Pikirkanlah… kejadian buruk di masa lalu mustinya tidak terus menghuni masa kini. Setelah belajar banyak darinya, kita bisa melepasnya. Masa sekarang musti diisi dengan memori yang baru dan lebih mengesankan.

20. Pikirkanlah… kita seringkali fokus pada sesuatu yang belum dimiliki. Untuk itu, asah kepekaan dan mulai lihat sekitar. Syukuri apa yang sudah dianugerahkan dan diamanahkan.

21. Pikirkanlah… kewajiban kita hanya ikhtiar, bukan menentukan. Tuhan YME Maha Tahu. Dia Hakim yang Maha Adil. Serahkan dan percayakan pada-Nya setelah kita mengerahkan kemampuan maksimal. Tak perlu menginterupsi-Nya.

22. Pikirkanlah… berbagai penyakit datang kebanyakan dari mental yang lemah, pikiran, stress, dan gaya hidup tak sehat. Tapi kita masih hidup. Masih ada kesempatan untuk mengubah kebiasaan dan memulai hidup yang lebih membahagiakan.

23. Pikirkanlah… kita dan orang lain itu berbeda. Semua orang memiliki keunikan masing-masing. Tak perlu berimajinasi menjadi siapapun.

24. Pikirkanlah… selama bernapas, hidup selalu menawarkan berbagai kesempatan. Kita perlu pendekatan dan melakukan percobaan.

25. Pikirkanlah… betapa senangnya kalau hobi yang kita sukai bisa diramu jadi pekerjaan, yang kemudian menjadi sumber biaya hidup. Kenapa tidak?

26. Pikirkanlah… sekarang kita masih punya waktu. Tak perlu grasa-grusu. Pelan-pelan saja. Tapi waktu terus berjalan. Sebaiknya tak kita sia-siakan.

27. Pikirkanlah… kita tak perlu menjebak diri dengan lingkungan yang bikin depresi. Masih ada kemungkinan untuk pindah ke tempat yang lebih baik.

positive thinking, berpikir positif, bersikap positif, tetap bahagia, perempuan bahagia, gadis bahagia, menikmati hidup, mensyukuri hidup,
“Free Bird”, by Itty Bitty Nidhi on DeviantArt

28. Pikirkanlah… setiap orang memiliki pandangan dan selera masing-masing. Jangan membebani diri untuk tampil sesuai dengan pandangan dan selera mereka. Kita tak mungkin memuaskan semua orang.

29. Pikirkanlah… kita adalah diri kita sendiri. Kita memiliki aturan tersendiri. Walau sedikit berbeda atau melenceng dari umumnya, jalani saja. Tapi pastikan kalau langkah kita itu masih ada di jalan yang baik dan benar.

30. Pikirkanlah… hubungan kita dengan orang lain pasti mengalami gesekan. Tapi selalu ada jalan keluar untuk menanganinya. Kita harus terus belajar untuk berlaku jujur, merendahkan hati dengan memohon maaf, atau mengalihkan pikiran dari hal-hal buruk yang sudah terjadi.

31. Pikirkanlah… Tuhan YME itu sangat dekat. Dengan kata lain, kita tak pernah benar-benar sendiri. Ada Kekuatan Besar yang selalu siap menjadi sandaran. Terus jaga kedekatan dengan berdoa dan menyerahkan diri pada-Nya.

32. Pikirkanlah… jaminan maaf sudah ada dari Tuhan YME. Akui kesalahan dan kembali pada rangkulan-Nya. Jika menjauh, jiwa kita bisa hampa dan semakin tersiksa. Jika mendekat, Dia akan lebih dekat dan memberi rasa tenang.

33. Pikirkanlah… kita tak tercipta untuk menjadi sosok yang sempurna tanpa cacat sekalipun.

34. Pikirkanlah… kebahagiaan sejati tidak tergantung pada sesuatu atau seseorang. Toh, mereka juga sama-sama sedang mencari pegangan untuk berbahagia. Seperti kita, mereka juga rapuh dan tak bersifat abadi.

35. Pikirkanlah… kalau lebih bersyukur, kita akan menyadari betapa masalah yang kini hadir tak sebanding dengan kenikmatan yang sudah “terlupakan”.

36. Pikirkanlah… masa depan itu masih belum pasti. Namun kita musti percaya, selama masa sekarang diisi dengan kebaikan, hasil memuaskan sudah menanti di depan.

~

Mungkin masih banyak pikiran-pikiran lain yang bisa menjaga sikap positif kita?

Semua pikiran di atas kadang-kadang tak masuk dalam ingatan. Apalagi kalau keadaan kita tengah buruk terpuruk. Yang ada, kita terus-terusan mengutuk hidup.

Namun tak ada salahnya untuk saling mengingatkan, ya. Tak ada kata terlambat untuk mengubah pikiran dan sikap jadi lebih positif, bukan? Semoga kita bisa terus memandang kehidupan dari sisi yang benar. 36 Pikiran yang Membuat Kita Selalu Bersikap Positif. #RD

Baca Juga :  Tema Hari Anak Perempuan Sedunia 2018, “With Her: A Skilled GirlForce”

You May Also Like

4 Comments

  1. Wah memotivasi banget nih!! Thanks ya 😀 Btw, salam kenal ya.. Ditunggu post berikutnya dan kehadirannya di blog ane hehe :)) Salam blogger!

    [jevonlevin(dot)com]

Comments are closed.