4 Tahapan Prosedur Menjalankan Bayi Tabung dan Penjelasannya

0
SHARE

Pernah mendengar istilah ‘bayi tabung’?

Prosedur menjalankan bayi tabung tentu berbeda dengan kehamilan yang umumnya terjadi pada wanita. Untuk prosedur bayi tabung ini ada beberapa langkah tertentu yang mana untuk prosedur akan dilakukan setelah sang ibu atau wanita mengkonsumsi obat-obatan, melakukan tindakan inseminasi buatan atau bedah untuk mengatasi permasalahan ketidaksuburan.

bayi tabung, bayi tabung adalah, prosedur bayi tabung, tahapan bayi tabung, metode bayi tabung
Image via: bocahindonesia.com

Untuk mengetahui apa saja prosedur dalam pembuatan bayi tabung maka Anda bisa melihat metode dan prosedur berikut ini:

1Memberikan suntik hormon

Memberikan suntik hormon ini digunakan untuk merangsang tubuh wanita supaya dapat memproduksi beberapa sel telur dalam waktu yang bersamaan.

2Pengujian Melalui Ultrasound atau Tes Darah

Prosedur yang dilakukan selanjutnya yaitu dengan menguji melalui ultrasound atau tes darah dalam menentukan kesiapan dari pengambilan sel telur. Namun untuk sebelumnya pihak dari wanita akan diberikan suntikan supaya dapat mematangkan sel telur yang telah berkembang maupun memulai pada proses ovulasinya.

3Prosedur Pengambilan Sel Telur

Proses pengambilan sel telur untuk bayi tabung pihak dokter nantinya akan mencari folikel yang terdapat dalam rahim dengan cara bantuan USG. setelah itu sel telur nantinya diambil menggunakan jarum khusus yang mempunyai rongga. Sementara prosedur ini akan berjalan kisaran 30 menit sampai 1 jam lamanya. Saat melakukan prosedur ini maka pihak wanita akan diberikan obat pereda nyeri namun ada juga pasien yang diberikan obat penenang ringan bahkan sampai bius total.

4Pertemuan Sel Sperma Pasangan

Langkah selanjutnya untuk sel telur akan dipertemukan dengan sperma pasangan dan diambil pada hari yang sama. Setelah itu akan disimpan pada klinik supaya memastikan adanya perkembangan secara maksimal. Apabila embrio dari hasil pembuahan sperma dan sel telur sudah matang, maka untuk embrio tersebut dimasukkan dalam rahim melalui tabung penyalur atau kateter dalam vagina sampai bagian dalam rahim. Untuk 3 embrio akan ditransfer sekaligus supaya dapat memperbesar kemungkinan bisa hamil.

Baca Juga :  Cara Aman Belanja Online Melalui Forum

Jika prosedur di atas sudah dijalani oleh wanita yang ingin segera hamil maka selang dua minggu dari transfer embrio dilakukan maka pihak wanita diminta melakukan tes kehamilan. Hal ini untuk memastikan apakah tahapan langkah bayi tabung yang dilakukan di atas telah mencapai keberhasilan atau belum.

Untuk tempat yang menyediakan layanan bayi tabung yaitu di Bocah Indonesia. #BI

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.