5 Amalan Puasa Untuk Wanita Haid, Sudah Jangan Sedih…

0
SHARE
amalan puasa untuk wanita haid, amalan puasa bagi wanita haid, amalan puasa untuk wanita yang sedang haid, amalan untuk wanita haid saat bulan puasa
Image via: quartetgram.com

Bulan puasa itu menciptakan vibes yang religius.

Meski yang ngebacot dan ngehoax di media sosial masih ada, namun ada aura berbeda yang terasa. Misalnya di hari-hari biasa suka malas salat sunnah, namun di bulan suci ini malah semangat tarawih dan witir. Bahkan ditambah dengan salah tahiyatul masjid, tahajud dan duha juga.

Kalau sudah meresapi ketenteraman ibadah memang nikmat, ya.

Tetapi wanita tidak bisa merasakan versi full-nya. Meski sedang semangat berpuasa, mendaras Alquran dan ikut salah berjamaah di masjid, kalau haid sudah datang … ya sudah, semua amalan ibadah itu terhenti.

Sedih juga, sebab diri ini merasa tertinggal. Mau maksain puasa juga hukumnya sia-sia, sebab sudah auto-batal dengan sendirinya.

Dirilis dari Nu.or.id, berikut ini amalan-amalan ibadah yang bisa dilakukan perempuan haid ketika puasa Ramadan:

1Belajar/mencari ilmu

Pahala amalan ibadah akan tetap mengalir ketika perempuan haid membaca kibat, buku, mendatangi majelis ilmu (wajib), mendengarkan ceramah, dll. Bahkan mengkaji ilmu bisa setara dengan jihad. Jadi jihad itu tidak perlu yang berbau peperangan saja.

2Zikir

Ibadah ini menjadi indikasi hidupnya hati. Zikir sendiri bisa berupa ucapan tahmid, tasbih, takbir, dll. Bisa dilakukan sendiri, bisa juga ikut dalam majelis istigotsah, forum zikir, tahlilan, dll.

3Berdoa

Amalan ini bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, oleh siapa saja dan dalam bahasa apa saja. Tidak wajib Bahasa Arab. Namun doa tidak hanya menjadi ibadah untuk meminta-minta saja, melainkan juga untuk mendekatkan diri, memanggil dan menyeru Allah Swt.

4Melakukan kegiatan sosial

Sebagaimana yang kita tahu, amalan ibadah tidak sebatas bersifat ritual. Lebih bagus lagi kalau dilengkapi dengan kegiatan sosial. Entah itu memudahkan orang lain, mengajar ngaji, donor darah, memberi takjil, sedekah, memosting postingan bermanfaat di media sosial, dll.

Baca Juga :  4 Tips Menghadapi Karakter Guru dan Dosen

5Menyediakan sahur dan buka

Dari lingkaran terdekat dan paling sempit, yaitu keluarga atau orang-orang yang satu atap. Wanita haid masih bisa memanfaatkan peluang pahala dari amalan mempersiapkan sahur dan buka. Membantu memasak, menyediakan air minum, membersihkan piring kotor, dll, juga bisa memberi nilai tambahan ibadah.

Saya kebetulan menulis ini dalam keadaan datang bulan. Huhu … 5 Amalan Puasa Untuk Wanita Haid. #RD

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.