Home » Your Files » 5 Cara Membuat Catatan Keuangan Online di HP

5 Cara Membuat Catatan Keuangan Online di HP

images 1

Mencatat dan mengatur keuangan terkadang memang tidak mudah untuk dilakukan. Jika hal ini dilakukan secara manual dengan tulis tangan, tentu sangat ribet dan menghabiskan banyak waktu serta tenaga. Untungnya, saat ini telah hadir berbagai macam aplikasi catatan keuangan online yang bisa digunakan lewat HP.

Dengan adanya aplikasi catatan keuangan online tersebut, maka Anda bisa lebih bersemangat untuk membuat catatan keuangan sehari-hari karena sangat praktis dan mudah digunakan. Lantas, bagaimana cara membuat catatan keuangan online di HP?

5 Cara Membuat Catatan Keuangan Online di HP
Sebagai referensi, inilah langkah untuk membuat catatan keuangan online:

1. Pilih Aplikasi Catatan Keuangan Online Sesuai Kebutuhan
Untuk menikmati fitur dan layanan yang memuaskan, pastikan Anda memilih aplikasi catatan keuangan yang terbaik. Sebaiknya, lakukan survey terlebih dahulu mengenai beberapa aplikasi catatan keuangan yang recomended. Bandingkan fitur dan layanan yang tersedia pada satu aplikasi dengan aplikasi lainnya, sehingga Anda bisa menentukan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Dari sekian banyak jenis aplikasi catatan keuangan, salah satu aplikasi yang paling direkomendasikan adalah Senyumku-Buka Rekening Online. Aplikasi digital banking dari PT Bank Amar Indonesia Tbk. ini dipastikan aman karena telah resmi terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain aman, Senyumku juga menghadirkan fitur “Catatan” yang siap membantu Anda untuk mengelola catatan keuangan dengan efisien.

Baca Juga :  Puisi; Sihir

2. Unduh dan Instal Aplikasi Catatan Keuangan Online
Setelah memilih dan menentukan jenis aplikasi catatan online sesuai kebutuhan, langkah selanjutnya adalah mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut. Caranya adalah dengan membuka Play Store, kemudian ketik “Senyumku” pada kolom pencarian. Kemudian, klik “Download” untuk mulai mengunduh aplikasi tersebut. Tunggu beberapa saat sampai proses download dan instal aplikasi berhasil.

3. Lakukan Registrasi atau Pendaftaran
Sama seperti saat menggunakan aplikasi lainnya, aplikasi catatan keuangan juga baru bisa digunakan setelah Anda melakukan registrasi atau pendaftaran. Tidak perlu khawatir karena cara pendaftaran aplikasi catatan keuangan sangat mudah dilakukan.
Pada aplikasi Senyumku, pendaftaran diawali dengan klik “Daftar” setelah membuka aplikasi tersebut. Selanjutnya, isi seluruh data diri yang diminta, seperti alamat, nama lengkap, nomor KTP, dll. Setelah itu, pengguna juga diminta untuk mengunggah foto KTP serta foto selfie. Jika semua prosedur tersebut sudah dilakukan, maka tim Senyumku akan segera melakukan verifikasi untuk mengaktifkan akun.

Baca Juga :  Pengalaman Seru Belanja saat Harbolnas yang Bikin Nagih

4. Buat Catatan Keuangan dengan Fitur “Catat”
Setelah melakukan pendaftaran, maka pengguna sudah bisa menikmati berbagai fitur serta layanan yang tersedia pada aplikasi catatan keuangan. Untuk membuat catatan keuangan harian, silahkan buka fitur “Catat” yang tersedia pada aplikasi dengan simbol gambar pensil.

Melalui fitur ini, silahkan isi data pemasukan dan seluruh pengeluaran sehari-hari. Pastikan tanggal dan nominal pengeluaran sudah sesuai. Selain itu, data pengeluaran juga harus ditulis lengkap. Pengguna dapat memasukkan data pengeluaran harian sesuai dengan kategorinya. Misalnya, pengeluaran untuk kategori makan, biaya parkir, biaya tagihan, biaya transportasi, dan jenis pengeluaran lainnya.

Untuk memudahkan pencatatan, Senyumku juga bisa disambungkan dengan dompet digital atau rekening bank. Dengan begitu, maka segala aktivitas pengeluaran atau pemasukan melalui dompet digital dan rekening bank tersebut akan otomatis tercatat pada catatan keuangan online di aplikasi Senyumku.

Baca Juga :  5 Hal Penting yang Harus diperhatikan Saat Pesan Tiket Kereta Api

5. Cek Laporan Keuangan Bulanan
Saat menggunakan aplikasi catatan keuangan online, pengguna bisa mengecek laporan keuangan bulanan secara otomatis. Anda tidak perlu menghitung jumlah pemasukan atau pengeluaran bulanan secara manual karena semua sudah dikerjakan secara otomatis.

Laporan keuangan bulanan tersebut berupa grafik mendetail mengenai kondisi keuangan Anda selama satu bulan ke belakang. Dengan adanya laporan keuangan akhir bulan tersebut, maka Anda bisa mengetahui kondisi keuangan sebagai bahan evaluasi untuk bulan berikutnya.

Itu dia cara membuat catatan keuangan online di HP. Sangat mudah dan praktis dilakukan bukan? Maka dari itu, pastikan Anda segera beralih ke aplikasi catatan keuangan berbasis android dan tinggalkan kebiasaan lama dalam mencatat keuangan di buku manual. Dengan menggunakan aplikasi catatan keuangan online, maka catatan keuangan Anda bisa lebih terkontrol dan mudah dievaluasi. #

error: