5 Hal yang Mesti Dihindari Ketika Sedang Terpuruk dan Merasa Lelah Sekali

2
SHARE
merasa terpuruk, ketika merasa terpuruk, merasa hidup terpuruk, merasa sangat terpuruk, lelah sekali, lelah hati
Image via: everydayhealth.com

Adakah yang tidak pernah mengalami fase terpuruk? Adakah yang tidak pernah kelelahan?

Setiap orang tentu memiliki masa sulit masing-masing.

Ada yang sakit hati menerima penolakan. Ada yang kecewa karena realita tidak sesuai rencana. Ada yang menjerit karena disakiti hatinya. Ada yang sedu-sedan karena merasa kehilangan.

Ada saja masa-masa terpuruk yang buruk itu.

Namun ketika hal itu terjadi, sebaiknya tidak melakukan 5 hal ini:

1Membandingkan ujian dan perjuanganmu dengan orang lain

Image via: thelifeofriley.co

Salah-satu cara cepat untuk menyiksa hati yaitu membandingkan diri dengan orang lain. Sesekali kamu mungkin pernah berpikir, ‘kenapa orang lain lebih anu atau anu?’. Padahal kamu tidak benar-benar tahu.

Demikian juga ketika kamu memandang kesulitan yang mereka hadapi. Hati-hati ketika ‘merasa bersyukur’ karena orang lain menghadapi perjuangan yang lebih rumit. Mungkin di saat itu ego sedang meninggi.

Intinya tidak perlu ada upaya untuk membanding-bandingkan. Situasi setiap orang bisa berbeda-beda.

2Malah fokus pada hal-hal yang bukan prioritas

Image via: socialworker.com

Ketika terpuruk dan merasa letih dengan semuanya, energi kamu otomatis sedang dalam posisi rendah. Tak ayal, mood begitu oleng. Konsentrasi juga juga kacau terus.

Di saat seperti ini, kamu mesti peka untuk melakukan penyaringan; mana yang mesti diperhatikan, mana yang bisa ditunda, dan mana yang boleh diabaikan.

Jika dalam keadaan down, terus terlalu memusingkan perkataan orang, energi dan waktumu pasti terkuras sia-sia.

3Menekan dirimu sendiri dengan keras dan kejam

Image via: nytimes.com

Kadang ketika jiwa dan raga sudah kelelahan, tetapi ambisi tetap menyala, kamu malah memaksakan diri. Kamu berharap banyak pada dirimu sendiri. Hanya saja, kamu lupa, bahwa kamu sedang kelelahan. Fisik dan mental yang lelah memerlukan jeda, bukan dorongan yang terpaksa.

Baca Juga :  6 Hal yang Enggak Asyik Ini Membuat Seseorang Berpeluang Sukses

Jika napasmu sudah terengah-engah, kamu perlu istirahat. Jika pikiranmu hendak meledak, kamu perlu menenangkan diri sejenak. Jika kamu terluka parah, kamu perlu berobat dan memulihkan diri. Jika kamu mengantuk berat, kamu perlu tidur melepas penat.

Menepi saja dulu. Semuanya perlu waktu.

Ada masanya untuk baikan dan ada masanya untuk melanjutkan perjuangan.

4Berandai-andai kenyataan sekarang sesuai dengan harapan masa silam

Dulu, mungkin saja kamu ingin kuliah kedokteran. Tetapi sekarang keinginan itu tidak terwujud karena kendala biaya. Dulu, mungkin saja kamu ingin menjelajah negeri ini. Tetapi sekarang keinginan itu terhambat karena sudah menikah/punya anak/uangnya terpakai/badan tidak fit. Dulu, mungkin saja kamu ingin masuk Akpol. Tetapi sekarang keinginan itu tidak terwujud karena matamu minus. Dll.

Masalahnya, kamu tidak bisa menggenggam semuanya. Tidak bisa menjadi apa pun yang kamu mau. Selalu ada ekspektasi yang tidak tergapai. Selalu ada yang dikorbankan atau dilepaskan.

Sekarang, ketika sedang menghadapi masa-masa sulit, berandai-andai dan terus menyesali keadaan tidak akan mengubah apa-apa. Hal yang bisa kamu usahakan tidak jauh dari menerima apa yang terjadi. Jangan sampai stres oleh hal-hal yang tidak sempat tergapai.

5Membully diri sendiri karena “ketinggalan”

Larangan selanjutnya yaitu dengan terus-terusan mencaci diri sendiri, baik diucapkan langsung atau pun dibisikkan oleh hati. Tindakan ini justru memperparah situasi. Kamu jadi cemas dan panik sendiri.

Kamu juga, lagi-lagi, akan membandingkan pencapaian diri dengan orang lain. Hal ini, tanpa sadar, sudah mencuri kedamaianmu. Rasa percaya dirimu anjlok. Harapanmu juga ikut merosot.

Fase terpuruk, lelah dan penat pasti dirasakan setiap orang. Tidak perlu menghindar. Tidak perlu menyangkal.

Rangkul saja keadaan itu. Namun tidak perlu juga untuk menyalahkan diri sendiri dan realita yang ada. Memang sangat sulit, tapi sebisa mungkin belajar untuk memaafkan semuanya, termasuk dirimu sendiri.

Baca Juga :  70+ Lukisan atau Gambar Surrealisme yang Bikin Bingung Sekaligus Kagum

Di saat seperti ini, kamu sedang butuh kamu. Jangan pergi. 5 Hal yang Mesti Dihindari Ketika Sedang Terpuruk dan Merasa Lelah Sekali. #RD

SHARE

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 − six =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.