5 Kuliner Legendaris Asli Jakarta, Rasa Otentik Betawi Punya

0
SHARE

Setiap harinya bermunculan tempat makan baru, di Jakarta pun juga sama. Bahkan tempat-tempat makan baru ini dilengkapi dengan fasilitas yang lebih memadai dan disesuaikan dengan zaman. Meski begitu tempat kuliner legendaris di Jakarta juga tidak pernah sepi dari pengunjung.

Bagi kamu warga luar kota, misalnya saja masyarakat Medan, ada banyak rekomendasi kuliner legendaris Jakarta yang bisa dicicipi. Akses dari Medan ke Jakarta sangat mudah ya, bisa lewat udara atau darat. Untuk waktu yang lebih singkat, jalur udara adalah pilihan yang bijak. Supaya pengeluaran tetap terkontrol kamu bisa mengecek harga tiket pesawat medan Jakarta murah di berbagai situs pemesanan online, misalnya Traveloka.

Balik lagi ke rekomendasi makanan yang bisa dimakan. Tidak hanya tempat legendaris, berikut ini ada tempat makan dengan menu kuliner asli Betawi atau Jakarta yang bisa dicoba.

1. Soto Betawi H. Ma’ruf (1940)

Soto betawi, soto betawi h maruf
Image via: travel.kompas.com

Rekomendasi yang pertama adalah Soto Betawi H. Ma’ruf. Seperti namanya, tempat makan ini menyajikan menu utama soto Betawi yang resepnya sudah ada sejak zaman penjajahan. Tempat makan ini buka sejak tahun 1940-an. Sampai sekarang ini, rasanya tetap terjaga. Sehingga membuat pelanggannya tetap berdatangan, meski sudah diteruskan oleh beberapa generasi.

Dalam satu mangkok soto, biasanya akan ada perpaduan antara berbagai bahan disiram dengan kuah kental dari santan. Selain soto, ada menu lain yang bisa dipilih. Yakni laksa Betawi, sate kambing, sate ayam, dengan berbagai tambahan contohnya perkedel, emping, dan juga kerupuk. Alamat soto betawi legendaris ini berada di Jl. Gondangdia Lama No. 36, Jakarta.

2. Gado-gado Bon Bin (1960)

Image via: Qraved.com

Gado-gado merupakan kuliner yang menurut banyak referensi berasal dari Betawi. Memang belum ada yang menjelaskan lebih jauh. Namun memang kenyataannya banyak sekali gado-gado legendaris di Jakarta. Salah satunya adalah Gado-gado Bon Bin yang sudah berdiri sejak tahun 1963.

Baca Juga :  4 Tips Menyiasati Rumah Minimalis dengan Pilihan Furniture yang Unik

Selain gado-gado, menu lainnya yang biasanya dipesan adalah asinan. Nah, alamat tempat makan ini berada di Jl. Cikini 4 No. 5, Jakarta Pusat. Jam bukanya mulai dari pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. Dinamakan Bon Bin karena dulunya buka di Jl. Bonbin, singkatan dari Jl. Kebon Binatang 3.

3. Asinan Betawi H. Mansyur (1970-an)

Image via: Traveloka.com

Sudah ada yang pernah mencoba asinan Betawi? Bagi yang belum bisa langsung pesan di Asinan Betawi H. Mansyur. Dikenal juga dengan sebutan Asinan Kamboja Rawamangun, tempat ini wajib masuk list rekomendasi. Tempatnya sudah ada sejak tahun 1970-an. Alamatnya berlokasi di Jl. Taman Kamboja III No. 10, Jakarta.

Biasanya, dalam satu porsi asinan ini akan ada berbagai bahan, mulai dari tauge, kol, selada, kacang tanah goreng, tahu putih, dan juga timun, lalu disiram dengan kuah kacang yang kental. Ada tambahan khas lainnya yang tak boleh ketinggalan, yakni kerupuk mie warna kuning dan merah.

4.  Laksa Betawi Asirot (1978)

Image via: pergikuliner.com

Alamat Laksa Betawi Asirot berada di Jl. Asirot No. 2, Sukabumi Selatan, Jakarta Barat. Saat masuk ke dalamnya, kamu akan sedikit keheranan karena bentuknya lebih menyerupai rumah dibanding warung. Jadi saat makan, kamu akan merasa seperti menyantap di rumah sendiri.

Tempat makan Jakarta ini sudah ada sejak tahun 1978 dan sampai sekarang ini sudah menjadi jujukan banyak orang. Pemilik kedainya bernama Hajah Muroni. Salah satu keunggulan laksa di tempat ini adalah kuahnya yang sangat kaya rempah namun tetap pas rasanya.

5. Gurame Pecak di RM. Haji Nasun (1980-an)

Image via: travelingyuk.com

Namanya adalah Rumah Makan Haji Nasun. Lokasinya berada di Jl. Moch Kahfi II No. 21, Srengseng, Sawah Jagakarsa, Jakarta Selatan. Ada dua menu khas Betawi andalan di tempat ini. Yaitu gurame pecak dan gabus pucung. Sama-sama kuliner yang sudah semakin langka di Jakarta. Jadi jika kamu memiliki kesempatan untuk datang, jangan lewatkan untuk mencobanya.

Baca Juga :  Puisi; Aku Malu

Karena sekarang ini masih pandemi corona, diharapkan bagi kamu yang jalan-jalan ke Jakarta atau ke mana saja, selalu peratuhi protokol kesehatan. #AI

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 − 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.