5 Perbedaan Utama Tipe Kepribadian INFJ dan INFP, Apa Kamu Termasuk Keduanya?

8
SHARE
kepribadian infp, karakteristik infp, kepribadian infj, tes kepribadian infj, infp dan infj, fakta infp dan infj
Image via: blog.asianinny.com

Pernahkan kamu merasa ‘sudah tahu siapa diri sendiri, tetapi kadang justru tidak mengenal siapa diri ini yang sebenarnya’?

Hal ini mendorong saya untuk mencoba tes kepribadian online gratis. Saya mencobanya 2 kali via 16.personalities (Bahasa Indonesia). Hasilnya… saya adalah seorang INFP.

Lalu saya juga mencoba lagi, 2 kali lagi, via Personalityhacker (Bahasa Inggris). Hasilnya… saya adalah seorang INFJ.

Nah loh? Beda 1 huruf saja, tetapi tetap beda. FYI, INFJ itu kepanjangan dari Introversion, Intuition, Feeling, Judgement. Sementara INFP yaitu Introversion, Intuition, Feeling, Perception.

Goyahlah saya. Apakah saya punya kepribadian ganda? bipolar? atau, kerasukan?

Namun rupanya, kebingungan kalau seseorang bertipe INFP atau INFJ itu memang kerap terjadi. Pasalnya, banyak kemiripan di antara dua tipe kepribadian ini. Selidik punya selidik, ada 5 perbedaan mendasar dari keduanya. Saya benar-benar terbantu oleh artikel dari Introvertdear. Jom!

1
Image via: pixabay.com

INFP itu Lebih Artistik, Sedangkan INFJ Lebih Analitis

INFP tampil sebagai figur yang lebih fleksibel, terbuka, kreatif, dan suka mengeksplor banyak hal. Tipikal para seniman, ‘kan? Sementara INFJ sangat mengedepankan hasil maksimal, keputusan terbaik, dan perencanaan yang matang.

2
Image via: globalmedicalco.com

INFP itu Lebih Peka Terhadap Perasaannya Sendiri, Sementara INFJ Lebih Peka Pada Perasaan Orang Lain

INFP itu tipikal orang yang ‘mengikuti kata hati’. Mereka lihai mengolah rasa dalam dirinya sendiri. Tak heran kalau mereka bisa menjadi seniman, penulis, atau musisi handal.

Tetapi INFP bukanlah ‘monster egois’ yang menjunjung perasaannya sendiri. Mereka justru bisa menjelma menjadi makhluk yang memiliki empati tinggi. Dirinya sendiri tahu bagaimana rasanya kehilangan, maka mereka pun bisa membayangkan bagaimana sensasi kehilangan yang dirasakan orang lain.

Sementara itu, INFJ memang cenderung memiliki empati level tinggi, sebab mereka cenderung tahu bagaimana perasaan orang lain. Mereka pun biasanya menjalani karier sebagai terapis, life coaches, konselor, dsb. Terkadang mereka justru menepikan perasaan sendiri. Sehingga mereka itu cenderung mengedepankan kebutuhan dan kebahagiaan orang lain ketimbang dirinya sendiri.

Baca Juga :  Menebak Kepribadian Berdasarkan 11 Olahraga Kesukaan

Baca Juga: 12 Cara Agar Orang yang Terlalu Baik Terhindar dari Rasa Sakit

3
Image via: michelecushatt.com

INFP itu Mengeksplor Pengalaman, Sedangkan INFJ itu Lebih Melihat Ke Sisi Dalam

Baik INFP mau pun INFJ sama-sama menyukai kata-kata. Mereka berminat terhadap dunia menulis dan membaca.

Namun INFP lebih tertarik pada topik yang mengeksplor kondisi atau pengalaman manusia. Misalnya tentang kebahagiaan, kesulitan, cobaan hidup, atau emosi lain yang dialami manusia.

Sementara topik favorit bagi seorang INFJ tak lepas dari psikologi, hal-hal berbau spiritual, perkembangan diri seseorang, berita, dan karya fiksi.

4
Image via: medcitynews.com

INFP itu Bimbang, Sedangkan INFJ itu Tegas

Butuh perjuangan tersendiri bagi seorang INFP untuk memutuskan sesuatu atau menyatakan pernyataan dengan tegas. Bahasa mereka biasanya “cari aman”.

Mereka tak tega mengatakan “cara terbaik untuk menghukum penyebar hoax yakni dengan menggelitikinya sampai pingsan”. Mereka akan lebih memilih kalimat “sebaiknya para penyebar berita hoax mendapat hukuman setimpal”.

Berbeda dengan INFJ, yang cenderung bisa lebih percaya diri, brutal, blak-blakan, tegas, dan jelas.

5. INFP dan INFJ dari Luar dan Dalam

belajar kepribadian, belajar kepribadian wanita, belajar ilmu psikologi kepribadian, belajar psikolog otodidak, ilmu psikolog membaca karakter, psikologi kepribadian wanita
Image via: soulspiritguidance.com

Dari luar, INFP itu tampak sebagai sosok yang tidak begitu memedulikan jadwal, tenggat waktu, rencana, peraturan, kerapian, kesesuaian, dsb. Padahal dari dalam, sebenarnya mereka itu cukup terstruktur dan keras.

Sedangkan INFJ itu, kalau dari luar, orangnya lebih terorganisir, suka tepat waktu, dan percaya pada penyusunan rencana. Padahal dari dalam, mereka juga bisa fleksibel, terbuka, serta eksploratif.

~

Nah, sambil menulis postingan ini, saya sepertinya bisa menyimpulkan sendiri: diri ini lebih condong ke tipe kepribadian yang mana. Hehe..

Well, apa pentingnya mengetahui kepribadian dirimu sendiri? Setidaknya, informasi ini akan memberi gambaran tentang siapa dirimu. Siapa tahu bisa membantu untuk terus belajar dan tumbuh.

Baca Juga :  Menebak Kepribadian dari 8 Genre Film Kesukaan

Pada dasarnya, tipe kepribadian tak harus membuat hidupmu terkotak-kotak. Lagipula, tipe kepribadian itu biasanya masih menjelaskan siapa dirimu secara general (umum), belum spesifik. Sebab, kepribadian manusia itu begitu rumit. Yekan? 5 Perbedaan Utama Tipe Kepribadian INFJ dan INFP, Apa Kamu Termasuk Keduanya? #RD

SHARE

8 COMMENTS

  1. Ini seru ini kalau bahas soal MTBS. Heheh…

    Betewe, saya dulu di INFJ, kemudian saat mencoba lagi saya dapat INFP. Saya baru mengerti dan merasa “Wah, pantesan!” setelah membaca artikel ini Mbak. Semacam mengakui kalau diri ini mengalami perubahan kecenderungan dari waktu ke waktu meskipun hal kecil. Ya walaupun memang dasarnya ya tetep rang introvert huihui …

  2. Kalau daku biasa menyebutnya MBTI, Mbak..

    Ahaha… ngikutin aja, Mbak Ajeng ini. 😀
    Tapi bener, tipenya masih ada di lajur “I”, untuk Introvert. Ngeri juga kalau hasilnya tiba2 jadi ekstro.. haha

  3. Makasih artikelnya mbak, menginformasi 🙂

    Punya case yang mirip, saya test pertama kali hasilnya INFJ lalu beberapa bulan kemudian test hasilnya INFP. Di masing-masing test, perbedaan antara J dan P nya tipis, 54% ke 46% dan sebaliknya. Sempat bingung dan tetap bingung hahaha. Karena setelah baca artikel ini dari poin 1 – 3 saya merasa lebih ke INFJ tetapi di poin 4 dan 5 justru saya ke INFP :’D

    • Hehe.. artikel ini ditulis dan diposting karena alasan yang kurang-lebih sama. Kita senasib. 😀 Namun pada akhirnya, dari dua kecenderungan, selalu ada yang mendominasi – walau sedikit. :’)

  4. Waah suka bgt artikelnya ka,sempet waktu itu baca perbedaanya diwebsite apa gitu, tapi masih kurang faham,yang ini penyampaiannya lebih dapet..

  5. 3 poin INFJ, 2poin INFP… hhmmmm
    Pantes aja sih klo kita berada ditengah2 antara INFP dan INFJ…
    Sikap kita juga kan dibentuk berdasarkan kondisi lingkungan baru/lama, dan juga pengalaman baru/lama yg didapet, entah pengalaman sendiri ato dari orang lain.

Comments are closed.