5 Tips Sukses Membuka Bengkel Modifikasi Motor

0
SHARE
Usaha bisnis bengkel motor
Image via: Klikteknik.com

Jumlah pengguna motor makin bertambah dari hari ke hari. Hal ini terjadi karena motor unggul dari segi kepraktisan dan kemampuan menembus kemacetan. Hampir semua lapisan masyarakat menggunakan kendaraan roda dua ini. Bagi pencinta kendaraan roda dua ini, motor tidak hanya sebagai alat bepergian. Apalagi bagi kolektor motor, mereka akan rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mempercantik tampilan kuda besi mereka.

Di sinilah peluang membangun usaha bengkel motor dan sparepart terbuka lebar. Layanan yang diberikan bisa berupa servis ringan dan berat, bengkel spesialis, dan custom builder atau bengkel modifikasi motor. Secara umum, layanan reparasi atau servis harus bisa dilakukan oleh sebuah bengkel.Untuk pemula, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merintis bisnis ini. Bagi Anda yang tertarik membuka bengkel modifikasi motor, berikut ini 5 tips yang bisa dilakukan.

#1. Buat Sample Produk

Membuat sample produk yang bisa dipamerkan akan menarik perhatin calon pelanggan. Anda bisa melakukannya pada motor sendiri. Orang yang melihat motor hasil modifikasi Anda akan tertarik dan nantinya bisa menjadi pelangan setia di bengkel modifikasi motor Anda.

#2. Bergabung dengan Berbagai Komunitas Motor

Tidak perlu lokasi strategis dan modal iklan yang banyak, Anda hanya perlu bergabung dengan komunitas motor yang ada. Ini sudah termasuk cara paling efektif untuk mempromosikan bengkel Anda. Bergabung dengan komunitas ini pasti ada grup WhatsApp, Anda juga bisa memamerkan motor hasil modifikasi Anda di sini sehingga jangkauan pelanggan lebih jauh lagi.

#3. Lakukan Inovasi

Modifikasi motor adalah sesuatu yang tidak berhenti berkembang. Akan selalu ada hal baru yang terus berdatangan. Oleh karena itu, Anda harus mau terus berinovasi dan belajar untuk mengembangkan kemampuan. Tidak harus berguru pada montir ternama, Anda bisa menemukan banyak informasi melalui media sosial, terutama YouTube. Asah terus kemampuan modifikasi, Anda akan menerima banyak pelanggan.

Baca Juga :  Puisi; Memori

Layanan kepada pelanggan juga harus menjadi perhatian. Tunjukkan sikap yang ramah kepada pelanggan. Anda juga perlu memberikan fasilitas hiburan selama pelanggan menunggu motornya, seperti majalah, televisi, dan wifi gratis.

#4. Lengkapi Alat, Perangkat, dan Produk Modifikasi

Memulai usaha bengkel modifikasi motor, artinya Anda harus menyiapkan kelengkapan peralatan yang dibutuhkan. Peralatan yang dimaksud adalah kunci-kunci dan alat lainnya untuk keperluan reparasi motor. Jangan sampai ada satu atau dua alat yang dibutuhkan tidak Anda miliki. Ini akan menghambat pekerjaan dan mengeceewakan pelanggan. Sebagai informasi, Anda bisa membeli satu set toolbox dengan kisaran harga Rp1.500.000-Rp2.000.000. Namun, ini bukan menjadi Patoka. Anda bisa lebih memilih kunci yang dibutuhkan jika membeli secara satuan.

#5. Temukan Supplier Terbaik

Bengkel motor dan sparepart adalah dua sisi mata uang yang tidk bisa dipisahkan. Membuka bengkel modifikasi motor, artinya Anda juga siap menyediakan sparepart yang dibutuhkan. Carilah supplier utama dan hindari membeli dari reseller agar harga yang Anda dapatkan lebih murah. Dengan demikian, Anda bisa memberikan harga terbaik untuk konsumen. Tidak terlalu mahal, tetapi kualitasnya bagus.

Memodifikasi motor bisa dikatakan memberikan sebuah prestise bagi pemiliknya. Ini bisa menjadi peluang bisnis yang bagus untuk Anda yang memiliki hobi yang sama. Namun, pastikan lima hal di atas bisa Anda penuhi. Ada banyak informasi menarik seputar membuka bengkel modifikasi motor di otoloka.id. Anda bisa mendapatkan rujukan tentang otomotif yang lain juga. Semoga artikel ini bermanfaat. #S

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 + fourteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.