6 Kebiasaan Introvert Teladan, Bikin Nyaman Kehidupan Sosial dan Pekerjaan

wanita introvert, introvert pekerjaan, introvert dalam pekerjaan, kehidupan introvert, introvert teladan, introvert sukses
Image via: pixabay.com

Dear, orang introvert. Lebih memilih menjadi pekerja atau buka usaha?

Dalam lingkungan kerja, orang introvert kemungkinan besar ingin pekerjaan yang bukan tim. Lalu, suasananya kalem. Lalu, tidak banyak berinteraksi dengan manusia. Kalau soal usaha, saya sudah membahasnya dalam 25 Ide Bisnis atau Peluang Usaha untuk Orang Introvert, Pemalu & Pendiam.

Seringkali orang introvert, termasuk saya, minder duluan. Lebih-lebih di dunia yang seperti memandang sebelah mata orang introvert. Hanya karena tidak banyak bicara, jadi dianggap tidak punya masa depan cerah. Hanya karena suka menyendiri, jadi dianggap tidak layak memimpin.

Padahal tokoh-tokoh dunia seperti  Bill Gates (Microsoft), Mark Zuckerberg (Facebook), Marissa Mayer (Yahoo!), dll, merupakan introvert sejati.

Dengan kata lain, orang introvert pun bisa bersinar, bahkan lebih benderang. Bahkan introvert memiliki 13 Kelebihan atau Kekuatan Tersembunyi yang bisa dimanfaatkan.

Namun tak perlu menjadikan kepribadian introvert sebagai alibi untuk tidak bersosialisasi, tidak menjalin relasi, tidak mengembangkan karier, dsb.

Nah, berikut ini 6 kebiasaan baik introvert teladan yang bisa kita ikuti:

Manfaatkan kekuatan

kekuatan introvert, kekuatan tersembunyi introvert, introvert cerdas, keunikan introvert
Image via: semillas.org.mx

Introvert dikenal sebagai pendengar yang baik, komunikator cerdas, empatinya tinggi, pikirannya kreatif, tidak banyak bicara, dll. Semua senjata itu bisa diolah menjadi kekuatan. Entah sebagai pemimpin, pekerja kreatif, penulis, bahkan mungkin inovator atau penemu. Hanya saja profesi yang penuh hiruk-pikuk dan distraksi sebaiknya dihindari.

Daftar kelebihan itu juga memberi dampak positif bagi kehidupan sehari-hari. Contoh kecilnya, karena tidak banyak bicara tentang hal kurang penting, setidaknya orang introvert terhindar dari bahaya menggosip atau mencelakai orang lain dengan lidahnya.

The power of persiapan

lelaki introvert, persiapan, persiapan berangkat, persiapan introvert
Image via: glamour.com

Meski introvert tidak suka tampil di depan publik, melakukan sesi wawancara, bertemu calon mertua, mengobrol dengan orang asing, dll, namun bukan berarti kita harus menghindari momen itu selamanya. Sebab kita hidup di planet luas bersama manusia lain. Pertemuan dan interaksi itu tidak terhindarkan. Banyak introvert yang menjadi pembicara, pimpinan, guru, pengisi materi seminar, dsb.

Namun kita bisa melakukan praktik-praktik yang meregangkan ketegangan. Silakan tarik napas dalam-dalam, lakukan peregangan, persiapkan diri ketika hendak mengajar, persiapkan diri ketika hendak rapat, persiapkan diri ketika hendak bertemu keluarga partner, dsb. Jika tidak dadakan, dan masih memiliki waktu persiapan, kita masih beruntung.

Menciptakan lingkungan ideal

introvert headphone, laki laki introvert, bahasa tubuh pria introvert jatuh cinta, menghadapi pria introvert, ciri pria introvert
Image via: nationalpost.com

Masalah lingkungan bisa jadi sesuatu yang sensitif. Misalnya introvert itu tidak nyaman kalau meja kerjanya terbuka, suasana sekitar ramai, cahayanya terlalu terang, dll. Jika berpeluang mengaturnya sendiri, kita bisa mensiasatinya. Misalnya dengan mengenakan headphone agar bisa meredam kebisingan sekitar.

Angkat bicara

penulis introvert, introvert penulis, tulisan tentang introvert, blogger introvert, introvert blogger
Image via: growthrabbit.com

Introvert itu seperti memiliki “semesta” sendiri di kepala dan batinnya. Luar biasa, memang. Namun kalau tidak diutarakan, orang-orang di sekitar tidak akan pernah tahu bagaimana isi pikiran dan perasaan kita. Mereka tidak auto-paham.

Isi hati introvert bisa membuncah, namun begitu ditransferkan lewat mulut, kita jadi seperti gagap. Sulit untuk diungkap. Tak heran kalau introvert lebih memilih media tulisan ketimbang dengan membicarakannya langsung.

Jadi, angkat bicara di sini tak harus dengan berkoar-koar. Kita bisa menggunakan media menulis atau karya seni.

Fokus manajemen energi

me time untuk introvert, me time untuk wanita, me time untuk pria, mengatur energi
Image via: baby-chick.com

Energi kita terbatas, sementara pekerjaan seakan tak ada batasnya. Sudah selesai yang satu, sederet pekerjaan lain menanti. Karena itu, introvert mesti mengatur pasang-surut energi. Hindari/ kurang pekerjaan paling menguras pikiran dan perasaan.

Jika energi dan fokusnya lebih bagus di waktu pagi, sebaiknya manfaatkan momen tersebut. Jika energi anjlok di waktu petang, tak perlu memaksakan diri. Lakukan aktivitas yang tidak begitu menuntut tenaga dan konsentrasi. Kalau tidak, rihatlah sejenak.

Introvert juga wajib memerhatikan agenda “isi ulangnya”. Entah dengan ngopi sendiri, membaca sendiri, tidur, bermain dengan hewan peliharaan, menulis, dsb. Pastikan agar raga tetap sehat dan jiwa tetap waras.

Menjadi makhluk sosial sesuai style sendiri

introvert sosial, ciri ciri introvert, memahami introvert, pribadi introvert, dekat dengan orang introvert, berhubungan dengan orang introvert, bersahabat dengan orang introvert, berteman dengan orang introvert
Image via: betterhelp.com

Kita sama-sama tahu kalau orang introvert antisosial, pendiam, dan pemalu itu hanya mitos. Introvert memang punya cara tersendiri untuk membangun hubungan sosial dengan seseorang. Tak apa jika berbeda.

Introvert lebih nyaman berinteraksi empat mata, bukan dalam grup. Introvert lebih terbuka pada segelintir sahabat, bukan pada segerombolan teman. Introvert lebih nyaman chattingan atau ketemuan langsung, bukan telponan atau video call-an. Dsb.

Jika lelah karena terus berhadapan dengan banyak manusia dan aneka permasalahannya, penuhi hak diri dengan “recharging” berupa me time yang cukup lama.

Introvert punya superpower yang akan membantu kehidupan sosial dan pekerjaan agar tetap bersinar, ya. Demikian, 6 Kebiasaan Introvert Teladan, Bikin Nyaman Kehidupan Sosial dan Pekerjaan. #RD

You May Also Like

2 Comments

Comments are closed.

error: