7 Ciri Kalau Kondisi Mentalmu Sedang Lelah Parah

kondisi mental, kesehatan mental adalah, kesehatan mental psikologi, mental lelah, kelelahan mental, gejala kelelahan mental, ciri ciri fatigue
Image via: lifehack.org

Sensasi lelah dan letih ternyata tidak hanya menyerang fisik, namun juga mental.

Kamu tidak angkat beban, tidak ngepel keramik masjid agung, tidak juga ngecat tembok rumah sekomplek – namun kamu merasa lesu.

Otak seakan tidak kuat diajak berpikir, konsentrasi oleng, dan pundak seakan menanggung beban berat. Kamu rihat sejenak, tetapi tetap saja merasa penat.

Kamu benar-benar ingin berteriak.

Lebih-lebih kalau kondisimu tidak memberi keleluasaan untuk jeda sebentar.

Apa kamu sedang mengalami kelelahan mental yang parah? Bagaimana ciri-cirinya?

Ada keinginan mem-pause kesibukan dunia

lelah, lelah hati, aku lelah, kata lelah, lelah parah
Image via: 123rf.com

Ada beberapa orang, terutama introvert, yang rentan terhadap rangsangan berlebihan. Ada titik di mana kamu begitu muak dengan kebisingan, berita-berita, bunyi ponsel tiada henti, dsb. Sehingga kamu merasa ingin hengkang dulu dari aktivitas di dunia maya, mengunci pintu, menutup jendela, mematikan lampu, dan mungkin tidur seharian.

Moody kronis

mood swing adalah, mood swing wanita, mood swing pada pria, mood swing quotes, mood swing apa sih, moody adalah
Image via: wikihow.com

Saking cepatnya perubahan suasana hati, kamu mungkin hampir terkecoh dengan gejala bipolar. Dua menit yang lalu, kamu merasa seperti anak kecil yang ceria dan baik-baik saja. Namun dua menit berikutnya, kamu menjelma menjadi bocah emosional yang sesenggukan di pojok kamar. Jangankan orang lain, dirimu sendiri tak benar-benar paham. Mood swing~

Pola makan berantakan

makan karena stres, banyak makan karena stres, tidak nafsu makan karena stres, makanan penghilang stress, makanan pereda stress, makanan penenang otak,
Image via: indiatvnews.com

Keletihan mental mendatangkan perubahan signifikan pada pola makan kamu. Bisa jadi kamu makan seperti seorang pembawa acara mukbang. Porsi dan menunya juga sudah tidak diatur. Atau sebaliknya, kamu seperti orang sakit yang lidahnya sudah tak bisa mendeteksi rasa.

Daya fokus sangat singkat

tidak fokus, cara mengatasi kurang fokus, penyebab kurang fokus, penyebab kurang fokus dan pelupa, pikiran bercabang
Image via: imgflip.com

Kamu mendadak seperti balita, yang perhatiannya tak bisa lama-lama. Kamu paksakan untuk konsentrasi pada pekerjaan, pelajaran, atau kewajiban lain, namun daya fokus itu seperti gelembung pecah. Bahkan ketika membaca karya fiksi, mendengar lagu, atau menonton film pun, kamu seakan tak benar-benar menikmatinya. Skill berimajinasi ikut hanyut.

Baca Juga :  3 Kebohongan Pada Diri Sendiri yang Menguntungkan

Memutuskan sesuatu yang sederhana pun terasa susah

sulit memutuskan, sulit memutuskan sesuatu, sulit memutuskan pilihan, memutuskan pilihan, menentukan pilihan
Image via: regionalpt.com

Bukannya lebay, namun memutuskan sesuatu dalam keadaan mental down memang luar biasa. Ibarat laptop atau komputer, pikiran dan perasaan seakan sudah membuka terlalu banyak tab. Jadinya kemampuan untuk memutuskan pun seperti error/ macet. Kamu seperti linglung hendak mempertimbangkan apa.

Entah ke mana perginya motivasi dan inspirasi

tak ada motivasi, tak punya motivasi, hilang semangat hidup, cara mengembalikan semangat hidup yang hilang
Image via: weheartit.com

Di tengah perjuangan menghadapi kelelahan mental, energi dan motivasi jadi sulit masuk. Mungkin tubuh, perasaan, dan pikiranmu memang kecewa karena selama ini kamu memforsir mereka. Jika diibaratkan, mereka adalah karyawan yang diperas dan diberi upah minim, sehingga terpaksa demo besar-besaran agar haknya terpenuhi. Untuk itu, mereka juga seperti belum siap menerima nasihat.

Badanmu sendiri marah-marah

psikosomatik, ciri ciri psikosomatik, psikosomatik dan contohnya, penyebab psikosomatik, psikosomatis, klinik psikosomatik
Image via: em-action.fr

Ada istilah psikosomatis, di mana penyakit fisik yang kamu derita bisa berasal dari keadaan mental yang sedang buruk. Misalnya mental yang lelah, cemas, banyak pikiran, dan stres. Kondisi ini menjadi bukti ‘kekompakan’ antara otak, hati, dan seluruh tubuh. Semuanya sedang sakit.

Keletihan mental berpotensi mengacaukan sistem pencernaan, mengundang sakit otot, sakit kepala, kram, alergi, dll. Semakin larut dalam kelelahan mental, proses penyembuhan dan pemulihannya juga semakin sulit.

Berikut ini 5 Solusi Ketika Keadaan Mentalmu Sedang Lelah Parah.

Semoga kamu mampu memberikan masa rihat yang layak untuk dirimu sendiri. Jika masih menghambat aktivitas, kamu bisa pergi ke klinik dan konsultasi ke psikolog, dokter, atau psikiater.

Semoga lekas pulih dan kembali fit melanjutkan perjuangan. 7 Ciri Kalau Kondisi Mentalmu Sedang Lelah Parah. #RD

You May Also Like

2 Comments

Comments are closed.