7 Hal yang Harus Dihindari Ketika Menjalin Hubungan Spesial dengan Wanita Introvert

2
SHARE
wanita introvert jatuh cinta, wanita introvert adalah, wanita introvert di mata pria, wanita introvert dan pria ekstrovert, ciri wanita introvert, kesukaan wanita introvert, arti wanita introvert
Image via: blog.onescene.com

Wanita introvert memiliki kecenderungan yang sama dengan pria introvert. Kadang pikirannya terlalu dalam (mungkin over-thinking), enggak banyak bicara, banyak pertimbangan, nyaman dalam kesendirian, dll.

Sedangkan lawannya, yaitu wanita atau pria ekstrovert, memiliki kecenderungan berbeda. Mereka ceria, aktif, lugas, spontan, senang menjadi pusat perhatian,  dll.

Kalau si introvert dan ekstravert memiliki hubungan, entah itu sebagai pasangan atau sahabat, tentu ada gesekan komunikasi tersendiri. Cara pandangnya berbeda. Kebiasaannya juga berlainan.

Kalau komunikasi atau interaksi tersebut tidak bisa ditolerir, bukan tidak mungkin relasinya memburuk – bahkan sampai putus.

Benturan dan kesalahpahaman memang wajar. Namun perlu usaha untuk menjaganya, agar jangan sampai menghancurkan hubungan.

Berikut ini 7 hal yang harus dihindari ketika menjalin hubungan spesial dengan wanita introvert:

1Egois

Image via: solutionstoallyourproblems.com

Hubungan yang terjalin dengan wanita introvert akan lebih awet jika ada empati. Dengan kata lain, kamu mesti merasakan betul bagaimana perasaannya. Posisikan dirimu di dirinya.

Hal mendasar ini kadang sulit. Sebab wanita introvert itu sering merasa ‘menjadi korban kesalahpahaman’, sehingga dia harus selalu mengalah.

Misalnya ketika baru dekat, kamu sudah mendorongnya untuk kenalan dengan semua temanmu. Padahal dia menunjukkan rasa belum nyaman, tetapi kamu terus mendesak ‘kalau enggak mau kenalan sama mereka, berarti kamu enggak serius’.

Tak jarang, wanita introvert itu kesepian karena merasa tidak ada seorang pun yang memahaminya, di saat dia sendiri harus memahami orang lain.

Oleh karena itu, tidak perlu ragu untuk mengorek bagaimana perasaan sang wanita sesungguhnya. Saling hormati.

2Mengusik ruang pribadi (personal space)

Image via: introvertdear.com

Mayoritas introvert memiliki ranah pribadi yang enggan diusik orang lain, termasuk sahabat sendiri. Sesuatu yang disebut ‘ranah pribadi’ itu bisa berupa tempat, ritual, objek, atau apa pun. Kadang maksud orang lain itu baik, tetapi wanita introvert memang kurang nyaman.

Baca Juga :  11 Hal yang Dibutuhkan Orang Introvert Agar Tetap Waras dan Bahagia

Contoh kecilnya ketika nomor pribadinya dimasukkan ke grup-grup WhatsApp tanpa izin oleh sahabat, diminta melaporkan sedang di mana dan ngapain, ada yang membereskan kamar tanpa sepengetahuan – sampai ada barang yang hilang, dll. Bahkan wanita introvert bisa terganggu ketika ditelpon di waktu yang kurang tepat.

Oleh karena itu, alangkah lebih baik saling menghargai ruang privat masing-masing.

3Langsung menghakimi mood

Image via: thechalkboardmag.com

Sudah wanita, introvert lagi. Jadinya susah dimengerti. Tetapi wanita introvert memang cenderung percuma untuk dipahami, sebab enggak akan lulus. Jadi, wanita introvert cukup dicintai dan disayangi saja. Hehe

Hanya saja … seringkali introvert itu memiliki ‘dunianya sendiri’. Sehingga mereka memerlukan waktu untuk fokus, merenung, mempertimbangkan sesuatu, menyerap informasi, berdiskusi dengan hati, dll.

Di saat seperti ini, wanita introvert lebih banyak diam, ingin menyendiri, seperti melamun, dll. Orang lain kadang salah menafsirkan ekspresinya. Sehingga si wanita introvert dituding sedang stres, marah, kecewa, atau sedih. Ya, sulit dipahami, memang. Perlu kesabaran.

4Tidak bertanya

Salah-satu hal menyebalkan dari introvert yaitu, kadang merasa apa pun yang dilakukan atau tidak dilakukan itu, tidak salah. Misalnya ketika wanita introvert tidak memberi kabar karena lembur, atau tiba-tiba hilang’ karena traveling. Sang introvert kadang beranggapan ‘tidak mau merepotkan’, ‘tidak mau bikin khawatir’, ‘tidak mau ganggu’, ‘pengin ngasih spasi dulu’, dll.

Rasanya orang lain akan maklum, padahal tidak selamanya demikian. Justru pasangan atau sahabat akan khawatir.

Orang-orang terdekat pun seringkali mesti mengambil inisiatif untuk bertanya duluan. Kamu mesti menanyakan apa saja kegiatannya, apa ada rencana sebulan ke depan, hal apa yang ingin didiskusikan, dll.

Terkadang wanita introvert mesti diyakinkan kalau curhat atau sharing mulai dari hal-hal penting sampai enggak penting itu memang perlu. Tidak apa-apa, tidak perlu hati-hati. Bikin sang wanita terbuka.

5Bicara pada momen yang salah

Mayoritas introvert tidak bisa mengekspresikan diri secara spontan. Perlu waktu. Perlu kenyamanan. Perlu suasana damai. Kamu tidak bisa menodongnya dengan pertanyaan penting yang memaksa wanita introvert untuk menjawab saat itu juga. Misalnya, ‘nikah, yuk?’ atau ‘besok hadir di acara lokakarya, ya’.

Baca Juga :  11 Momen Di mana Orang Introvert Ingin Menyendiri dan Diam Di Rumah

6Enggak suportif

Wanita introvert bisa memberi kesan sebagai makhluk mandiri. Namun ketika ada masalah atau sedang dalam kondisi sulit, mereka begitu butuh dukungan. Bahkan kamu tertuntut untuk sangat peka. Sebab, seringkali wanita introvert yang butuh support itu malah diam saja dan menyembunyikan bebannya.

Introvert perlu sosok yang menyokong, memercayai, dan membuatnya tidak ragu-ragu dalam bertindak. Sembilan puluh sembilan orang bisa saja meragukannya, namun jika ada sesosok manusia yang membuatnya yakin, maka dia bisa percaya diri dan mengabaikan yang 99 itu.

7Langsung salah bertindak

Di saat-saat yang sensitif, kalau kamu salah memijit tombol, maka kelarlah semuanya.

Wanita introvert itu biasanya memiliki perasaan yang rapuh dan rentan. Sang wanita mesti yakin kalau kamu memang menerima dan memahaminya.  Salah kata dan tindakan bisa berakibat fatal.

Perlu ketabahan untuk membuat wanita introvert membuka hati, mencurahkan rasa, dan memercayakan suatu rahasia. Kamu perlu mendengar dan menyimaknya dengan sungguh-sungguh.

Boleh dibilang, wanita introvert itu memiliki radar tersendiri. Bisa mendeteksi siapa yang sekadar gombal, dan siapa yang benar-benar peduli. 7 Hal yang Harus Dihindari Ketika Menjalin Hubungan Spesial dengan Wanita Introvert. #RD

SHARE

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.