7 Kegiatan Ideal untuk Mengisi Waktu Selama Ramadan

0
SHARE
kegiatan mengisi ramadan, kegiatan mengisi bulan ramadan, kegiatan ideal mengisi ramadan, kegiatan untuk mengisi ramadan, kegiatan positif untuk mengisi bulan ramadan, mengisi kegiatan di bulan ramadan
Image via: mvslim.com

Apa kegiatan selama Ramadan?

Pada dasarnya aktivitas sehari-hari tidak jauh dari bulan-bulan biasanya. Namun Bulan Ramadan itu spesial, sehingga selalu ada kegitan-kegiatan pleus yang tidak ada di bulan yang lain.

Apalagi keadaan kita sangat berbeda. Kita dalam keadaan menahan lapar, dahaga, hawa nafsu dan angkara murka. Hehe … jadinya perlu ada seleksi aktivitas selama beribadah di bulan Ramadan. Idealnya, Ramadan itu diisi oleh kegiatan sebagai berikut:

1Sahur

Saya tidak habis pikir ada seseorang yang dengan bangganya bercerita, kalau dia tidak suka sahur tapi kuat berpuasa. Kalau pun ikut bangun, paling dia hanya minum segelas air putih.

Sekilas, ceritanya tampak tangguh. Padahal nyatanya dia merugi juga, sebab sahur itu sunnah dan penuh berkah. Jadi idealnya, jadwal sahur selama Ramadan mesti tetap dilaksanakan.

2Tidak Tidur Lagi Setelah Sahur

Sesaat setelah salat subuh, salah-satu godaan pertama orang berpuasa yaitu tidur lagi. Padahal keputusan itu tidak ideal. Maka, perlu niat dan perjuangan serius untuk meruntuhkan godaan itu.

Saya pribadi meminta bantuan pada sapu dan lap pel agar bisa bergerak dan mengenyahkan rayuan untuk kembali terlelap. Sejauh ini, agenda bersih-bersih rumah masih berhasil. Apalagi aktivitas itu membuat kita berkeringat. Lalu setelah diam sejenak, dilanjut dengan mandi pagi. Seger!

3Beraktivitas Normal dengan Optimal

Orang berpuasa biasanya memiliki energi ajaib dari kekuatan niat. Sehingga ujian lapar dan haus biasanya masih bisa teratasi. Orang-orang tidak mogok kerja, tidak mogok dagang, tidak mogok melamar pekerjaan, tidak mogok ngojek, dan tidak mogok mengeksekusi proyek serabutan hanya karena puasa.

Kadang godaan berat datang kalau kita memiliki candu tertentu, misalnya perokok atau peminum kopi. Tetapi jangan sampai alasan ini membuat kualitas kerja jadi merosot. Usahakan tetap optimal bekerja. Orang bilang, ‘semoga lelah kita lillah dan berbuah berkah’. Begitu….

Baca Juga :  Mereka Sudah Meminta Maaf, Apa Kamu Benar-Benar Memaafkannya?

4Tidur Siang

Di masa puasa, orang ramai mengatakan, ‘tidurnya orang puasa itu ibadah’. Apalagi kalau tidak tidur, ya, tapi mengerjakan hal-hal berfaedah. Tetapi kondisi tubuh memang tidak seperti hari biasanya.

Kalau penat dan mengantuk di kala siang, sebaiknya tidur saja – kalau memang ada waktu dan kesempatan. Niatkan agar tidur kita menjadi bekal energi untuk ibadah salat tarawih, atau agar acara mendaras Alqurannya lancar tanpa ngantukan.

5Menyiapkan Buka Puasa

Mempersiapkan atau memberikan makanan pada orang yang buka puasa itu, tidak diragukan lagi, menjadi salah-satu amal ibadah yang memiliki keutamaan melimpah.

Mau laki-laki atau perempuan, sebaiknya terjun langsung ke lapangan – maksudnya, dapur. Entah itu mempersiapkan nasinya, air minumnya, sirupnya, gorengannya, dst. Syukur-syukur kalau sampai tahap mencuci dan membereskan segala sesuatunya.

6Ngabuburit yang Bermanfaat

Ide ngabuburit pasti sangat banyak. Sesuai selera juga. Ada yang lebih suka indoor, ada yang memilih outdoor. Ada yang suka ngabuburit dengan membaca buku, ada yang lebih suka ngabuburit dengan jalan-jalan di alun-alun atau tamkot.

Ada juga yang lebih memilih mendaras Alquran, mengaji pada seorang guru, membaca salawat terus-menerus, berzikir, olahraga, menonton atau mendengar ceramah, menulis postingan blog yang berguna, memosting status inspiratif, dst. Bisa disaring sendiri, mana aktivitas ngabuburit yang mendatangkan manfaat lebih banyak.

7Memperbanyak Sunnah dan Perbuatan Baik

Pak Kyai di kampung saya sering menasihatkan, ‘mumpung bulan Ramadan, silakan sambil belajar mengamalkan sunnah-sunnah’. Beliau mencontohnya salat rawatib atau salat sunnah yang diamalkan sebelum dan sesudah salat wajib lima waktu.

Lebih bagus lagi kalau ditambah dengan salat sunnah duha, tahajud, memperbanyak sedekah, memamerkan senyuman, dst. Bagaimana pun, ibadah sunnah bisa menjadi pelengkap bagi semua amalan wajib. Sambil mengerjakan ibadah sunnah, upayakan juga untuk memperbaiki dan memantapkan yang wajibnya.

Baca Juga :  5 Cara Praktis Agar Kamu Tidak Terus-Terusan Menjadi People Pleaser

Lebih mantap lagi kalau ditambah dengan menggalakkan aura positif dan perbuatan-perbuatan baik. Entah itu dengan memudahkan urusan orang lain, memberi utang pada yang membutuhkan, mempersiapkan musala atau masjid untuk tarawih, membahagiakan orang tua atau keluarga, dst.

Wah … senangnya kalau bisa mengamalkan 7 kegiatan ideal untuk mengisi waktu selama bulan Ramadan.

Tentu upaya kita tidak akan sempurna. Ekspektasi dan realita bisa sangat berbeda. Tetapi setidaknya kita bisa mencoba melakukan yang terbaik, ya.

Intinya,  sebisa mungkin mengerjakan pekerjaan sehari-hari dengan penuh semangat, sehingga hasilnya optimal. Kurangi aktivitas yang sekiranya berpotensi membatalkan puasa. Lalu tambahkan aktivitas yang bisa meningkatkan takwa dan melipatgandakan pahala. Betul, ya? 7 Kegiatan Ideal untuk Mengisi Waktu Selama Ramadan. #RD

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four − 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.