7 Keuntungan Bepergian Dari Bandung ke Surabaya Menggunakan Kereta Api

0
SHARE
jarak bandung surabaya, jarak bandung surabaya naik kereta, kereta api bandung surabaya, kereta bandung surabaya ekonomi, kereta bandung surabaya eksekutif
Foto: Wahyu Dewantara via Flickr.com

Menurut Google sih, jarak Bandung-Surabaya via Jl. Tol Salatiga – Kertosono yaitu 779,4 km. Perkiraan waktunya sekitar 9 jam, 52 menit. Itu pun kalau lancar jaya, ya.

Jadi mengerti, bepergian dari Bandung ke Surabaya memang bukan perkara mudah. Perlu transportasi yang nyaman, agar perjalanan yang dilalui tidak terasa membosankan.

Seperti diketahui bersama saat ini ada cukup banyak jenis transportasi, yang mengakomodasi masyarakat di Kota Bandung untuk bisa pergi ke Surabaya atau sebaliknya. Kereta api adalah salah satu jenis moda, yang sampai saat ini masing dianggap paling nyaman dan tepat selain pesawat.

Kenapa dari Bandung ke Surabaya harus naik kereta api?

Ada beberapa alasan mengapa banyak orang memilih moda transportasi yang satu ini, antara lain, yaitu:

1Bebas macet

Image via: dipomojosari.blogspot.com

Satu hal yang tidak akan pernah bisa didapat oleh jenis transportasi darat lainnya adalah, naik kereta api ini bebas macet.

Bandingkan jika kamu naik moda transportasi darat lainnya seperti bus atau kendaraan pribadi. Ada kalanya la,iakan terjebak macet. Baik itu di lampu merah atau di situasi lainnya. Terutama ketika kamu bepergian pada saat musim lebaran atau liburan tiba. Tentunya jenis kendaran yang menuju kawasan tersebut, akan mulai padat.

2Harga tiket yang lebih murah

Jika dibandingkan dengan tiket pesawat, tiket kereta api ini terbilang lebih murah. Sedangkan jika dibandingkan dengan tiket bus, tiket kereta api ini tidak terlalu jauh berbeda.

Kamu yang berlibur ke kawasan Surabaya ketika musim liburan tiba, tentunya dapat mengalokasikan selisih dana yang ada untuk bujet lainya; seperti kamar hotel, berburu kuliner khas, beli oleh-oleh, dll. Selain itu kini untuk memperoleh tiket kereta terbilang lebih mudah, kamu hanya perlu mengunjungi aplikasi booking tiket online, dan taraaa! aneka tiket kereta akan tertera secara lengkap.

Baca Juga :  3 Wilayah di Indonesia ini Hadirkan Tempat Bermukim yang Cocok untuk Menikmati Masa Pensiun Anda

3Beragam jenis kereta dan jam keberangkatan 

Foto: Ricky Rianto via Flickr.com

Kereta api dengan rute Bandung Surabaya ini memang cukup beragam, mulai dari Kereta Argo Wilis, KA Mutiara Selatan dan KA Turangga.

Masing-masing KA mempunyai jadwal keberangkatan yang berbeda. Selain itu, fasilitas kelas yang dimiliki oleh masing-masing jenis kereta itu sendiri  juga berbeda-beda. Namun umumnya, 3 jenis kereta api tersebut menempuh jarak sekitar 699 km, atau sekitar 11 hingga 12 jam perjalanan. Artinya frekuensi keberangkatan masing-masing kereta hanya 1 kali.

Untuk KA Argo Wilis sendiri misalnya akan berangkat pada jam 08.30, lalu Mutiara Selatan berangkat pada jam 16.50. Sedangkan Turangga jam 19.30.

4Fasilitas yang nyaman 

Dibandingkan dahulu, fasilitas di dalam kereta zaman now terasa lebih nyaman. Kini kereta kelas ekonomi dan apalagi bisnis sudah dilengkapi dengan AC, stop kontak, juga TV LED. Kamu tidak perlu kebingungan ketika akan nge-charge ponsel atau perangkat elektronik lainnya.

Khusus untuk kelas eksekutif, fasilitas tambahan yang akan didapat adalah adanya lampu belajar, sandaran punggung yang dapat diatur, meja lipat, bantal dan selimut. Untuk kelas lainnya, bantal dan selimut ini dapat diperoleh dengan cara membayarnya.

5Bisa menikmati pemandangan secara leluasa

Foto: Wahyu Dewantara via Flickr.com

Jika dibandingkan dengan naik pesawat, jarak tempuhnya memang hanya sekitar 1 jam perjalanan dari Bandung ke Surabaya. Terbilang sangat singkat. Sedangkan naik kereta ini memang terbilang cukup lama, yaitu sekitar 11 hingga 12 jam perjalanan.

Namun salah-satu kelebihan dari naik kereta adalah, kamu bisa menikmati pemandangan yang indah di sepanjang perjalanan. Area persawahan yang indah, adanya panorama gunung, sungai Bengawan Solo yang melegenda, dan panorama lainnya.

6Tidak ada biaya bagasi

Begitu naik kereta api, kamu juga tidak harus membayar bagasi. Karena bagasi untuk tas, dapat diletakkan tepat di depan kursi atau diletakkan di atas kepala. Yang penting, berat bawaan kamu tidak lebih dari 20 kg. Kalau lebih, maka kamu bisa kena sanksi.

Baca Juga :  Naskah Drama Bahasa Indonesia “Pewaris Tahta”

7Leluasa untuk bergerak

Walaupun perjalanan jauh, namun kamu bisa leluasa bergerak. Ketika merasa pegal, kamu bisa berjalan-jalan di sekitar gerbong yang ada, untuk melakukan peregangan. Ketika kereta api berhenti lama di salah satu stasiun, kamu juga dapat ikut turun untuk membeli beberapa camilan tambahan.

Selain itu, kamu juga bebas untuk bermain ponsel, atau bahkan bebas menelpon, karena tidak akan mengganggu jalur frekuensi kereta api.

Dengan banyaknya keunggulan yang ada, tentunya kamu tidak perlu ragu lagi untuk bepergian menggunakan kereta api! 7 Keuntungan Bepergian Dari Bandung ke Surabaya Menggunakan Kereta Api. #RMH

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.