7 Perjuangan Orang Introvert Dalam Urusan Percintaan

0
SHARE
introvert cinta, introvert tentang jatuh cinta, perjuangan introvert dalam urusan percintaan, introvert dan cinta, introvert tentang cinta
Image via: pxfuel.com

Apakah orang introvert itu rentan jadi jomblo menahun?

Orang introvert identik dengan sosok yang susah terbuka, cepat lesu dengan aktivitas sosialisasi, banyak pertimbangan, waktu me time yang dibutuhkan lebih panjang, dll. Sehingga karakter tersebut cukup mengusik mereka ketika hendak menjalin hubungan spesial.

Banyak introvert yang mencoba menjalani hubungan seperti lazimnya manusia, namun kemudian mengeluh karena semua itu ternyata melelahkan. Banyak juga yang merasa bersalah karena kerap mengasah kesabaran pasangannya. Bagaimana pun, tidak banyak yang langsung memahami karakteristik unik seorang introvert.

Khusus perkara cinta, introvert menghadapi cukup banyak kebingungan dan dilema.

Nah, berikut ini 6 perjuangan yang biasanya dihadapi orang introvert dalam urusan percintaan:

1Di Satu Sisi Ingin Menyendiri, Di Sisi Lain Ingin Ada yang Menemani

Image via: shutterstock.com

Energi orang introvert cenderung mudah terkuras ketika harus berinteraksi dan bersosialisasi, apalagi dengan orang-orang yang asing atau tidak sesuai kehendak hati. Perlu pendekatan lebih intens agar introvert nyaman dan percaya. Sebab bagaimana pun, sebagai manusia biasa, introvert tetap memerlukan koneksi dan kasih sayang dari orang lain.

2Tidak Semua Orang Bisa Memahami Introvert

Image via: unsplash.com

Introvert bisa menjalin hubungan dengan ekstrovert, ambivert, atau sesama introvert. Namun ketika dekat dengan sosok yang kepribadiannya berbeda, introvert cukup sering disalahartikan. Misalnya ketika introvert meminta waktu untuk menyendiri, disangkanya malah ngambek, sedang ada masalah, atau sedang stres berat.

Introvert kerap dipandang lemot dan gagal fokus ketika mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan sesuatu. Introvert juga lumayan suka ‘dituduh’ anti manusia karena tidak betah lama-lama dalam keramaian.

Kesalahpahaman seperti ini kadang sepele, tapi manjur juga untuk mencederai hubungan. Perlu partner yang benar-benar paham, atau setidaknya, bersedia mendengar maksud sang introvert sebenarnya.

Baca Juga :  5 Kesalahan Utama atau Dosa Tak Terasa Dari Seorang Introvert

3Agenda Kencan atau Janjian Bisa Jadi Begitu Melelahkan

Image via: sheabundantly.com

Jika sudah suka terhadap seseorang, introvert akan berusaha melakukan apa pun agar hubungan tetap terjalin. Namun bagaimana pun, kencan atau ketemuan tetap bisa menyedot energi. Pasalnya, agenda tersebut tidak jauh dari rasa grogi, basa-basi, atau mungkin interogasi. Demikian juga kalau pembicaraannya sudah mengarah pada pertemuan dengan orang tua, keluarga besar, sirkel pertemanan, dll.

Hal-hal seperti ini kadang menjadi pertimbangan, kenapa introvert memilih untuk mundur dahulu. Introvert ingin berusaha mengumpulkan dan memantapkan kesiapan dengan matang. Taruhannya selain perasaan diri sendiri, tentu saja hati orang lain yang dicintai.

4Sensitif

Image via: goalcast.com

Sebagian introvert memikul sifat sensitif. Introvert bisa mudah baper atau jadi bucin. Lagi-lagi, emosi yang cukup melimpah ini bisa jadi merangsang rasa capek tersendiri. Oleh karena itu, beberapa introvert memilih untuk menghindari dunia percintaan dulu agar tidak terjebak pada masalah intens yang menggerogoti pikiran dan hati.

5Perlu Waktu

Image via: Freepik.com

Ada orang-orang, yang baru jadian, namun sudah menuntut password ponsel, media sosial, email, dll. Ada juga yang langsung kepo soal latar belakang keluarga, mantan, masalah yang sedang dihadapi, pekerjaan, rumah, bahkan kamarnya. Mereka tentu kurang pas jika disandingkan dengan introvert.

Orang introvert tidak bisa tiba-tiba terbuka begitu saja tentang banyak hal. Cukup banyak ‘lapisan’ yang mesti dikupas dengan berurutan dan penuh kesabaran.

Introvert perlu menilai dulu, apakah figur tersebut membuat nyaman dan layak dipercaya atau tidak. Jika dipaksa atau ditodong, bisa jadi introvert malah ilfeel dan memilih untuk jaga jarak saja.

6Ada Isu Tersembunyi

Image via: storiedmind.com

Hal lain yang cukup mengganggu orang introvert dalam urusan cinta, yaitu aneka isu yang bersarang dalam dirinya. Mungkin saja orang introvert tersebut merasa minder, tidak mudah menaruh kepercayaan terhadap seseorang, punya ketakutan kalau diabaikan/ditinggalkan, was-was akan pengkhianatan, dll.

Baca Juga :  7 Quotes Kahlil Gibran untuk Orang Introvert yang Sedang Berjuang Sendirian

7Takut Memakan Korban

Image via: istockphoto.com

Introvert yang tahu diri akan berpikir beberapa kali untuk terjun ke dunia percintaan. Soalnya dunia tersebut tidak hanya melibatkan hatinya saja, melainkan hati orang lain juga.

Mereka bisa membayangkan betapa sulitnya memahami dan menghadapi orang introvert, sehingga rentan patah hati. Oleh karena itu, kadang mereka memilih mengorbankan perasaan sendiri ketimbang harus memakan korban. Misalnya mereka cukup mengagumi dari jauh atau mencintai dalam diam.

Tetapi semua perjuangan itu masih bisa dilalui dan diselesaikan jika semua pihak menyadarinya. Introvert perlu skill komunikasi yang baik dengan pasangan. Jangan sampai dipendam sendirian, sehingga menimbulkan prasangka yang tidak-tidak.

Introvert tidak bisa hanya menunggu untuk dipahami tanpa menjelaskan secara rinci. 7 Perjuangan Orang Introvert Dalam Urusan Percintaan. #RD

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.