8 Alasan Utama Kenapa Orang Mulai Terpikat dengan Kuningan – Jawa Barat

12
SHARE

#5. Karena Lokasi Keramatnya

gerbang darmaloka, darma kuningan, lokasi ziarah darmaloka

Ada bulan-bulan tertentu (maulid, rajab atau sebelum puasa), di mana lokasi-lokasi ziarah yang ada di Kuningan disesakki bus-bus peziarah. Salah-satunya yaitu Balong Keramat Darmaloka.

~

#6. Karena Lokasi Mistisnya

mister tukul sumber air gaib di kuningan jawa barat

Ada yang senang melihat Mister Tukul? Atau Petualangan Ki Joko Bodo? Tentu Bro-Sist masih ingat kalau program bernuansa misteri itu pernah memakai Kota Kuningan sebagai setting tempatnya. Keluarga dan teman-teman, apalagi yang langsung datang ke lokasi shooting, begitu heboh. Kecuali daku, yang tidak menontonnya. Tidak, walau ada yang menyogok dengan cakueh, lebih baik tidak. Huft!

~

#7. Karena Gunung Ciremainya

gunung ciremai kuningan jawa barat, jalur pendakian gunung ciremai
weedhabibaty.wordpress.com

Sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat, tentu saja Ciremai ini membetot perhatian banyak orang. Tak hanya di mata pendaki, orang awam pun begitu familiar dengan nama gunung ini. Untuk mencapainya, ada 3 jalur yang begitu popular; lewat Majalengka, lewat Palutungan dan lewat Linggarjati.

~

#8. Karena Upacara Seren Taunnya

upacara seren taun di cigugur kuningan jawa barat
cigugur.com

Upacara yang sangat terkenal ini menjadikan PADI sebagai objek utama atau pusat perhatiannya. Perayaannya memang dilakukan sebagai ‘syukuran’ atas kekayaan pertanian yang sudah dianugerahkan. Acara tahunan yang diselenggarakan pada 22 Bulan Rayagung ini masih dipertahankan di daerah Cigugur, Kuningan.

Daerah Sunda lain yang terkenal masih suka mengadakan Seren Taun yaitu Kasepuhan Banten Kidul di Ciptagelar (Cisolok), Desa Kanekes di Lebak (Banten), Sindang Barang di Pasir Eurih – Taman Sari (Bogor) dan di Kampung Naga (Tasikmalaya).

~

Apa yang dibahas hanya 8 alasan utamanya saja. Tentu masih banyak lagi alasan lain kenapa orang menaruh minat ke Kota Kuningan. Mungkin karena cuacanya yang adem, warganya yang ramah-tamah, pelajarnya yang rajin-rajin, mottonya yang ASRI (Aman Sehat Rindang Indah), dsb. Hehe… ^_^

Baca Juga :  Kebun Raya Kuningan (Taman Kuning) Masih Tutup, Pengunjung Berusaha Tidak Kecewa

Tapi bagi Bro-Sist yang mengunjungi Kuningan, selamat datang dan semoga berkesan! #RD

1
2
SHARE

12 COMMENTS

  1. Saya bangga jadi orang kuningan…
    Kecamatan pasawahan, yang deket mandirancan teh… Tau kan??

  2. tambahan koreksinya….. selain obyek diatas… gedung perjanjian linggarjati yg tidak ada di tempat lain.. serta pemandian air panas sangkanurip ,obyek wisata linggarjati , curug sidomba bandorasa kulon ,lokasi musium manusia purba cipari dan gua maria… maklum saya terlahir di linggarjati

    • Salam kenal, Kang Didi. Hatur nuhun sudah ditambahkan. Bermanfaat sekali infonya! Senang atuh terlahir di salah-satu tanah wisata Kuningan. ^_^ Penjabaran soal lokasi objek wisata ini bisa masuk poin nomor 3 ya, Kang. Hatur nuhun pisan! ^_^

Comments are closed.