8 Cara Mengambil Hati dan Mencintai Orang Introvert Sesuai dengan Tipenya

0
SHARE
cara mengambil hati orang introvert, ciri pria introvert menyukai wanita, cara mendekati wanita introvert, bahasa tubuh pria introvert jatuh cinta, tips meluluhkan hati pria introvert, cara menghadapi orang introvert
Image via: singsnap.com

Orang bilang, ‘don’t tell, show!’, artinya jangan hanya bicara saja tapi tunjukkan juga.

Kurang-lebih seperti itulah cara mengambil hati siapa pun. Kata-kata manis memang bisa jadi pemanis, tapi kata-kata bukanlah yang utama. Sebab pada akhirnya, aksi nyata yang akan menjadi penentunya.

Pada postingan sebelumnya, sudah dibahas mengenai “8 Tipe Orang Introvert Kalau Menjadi Kekasih Seseorang”. Sekarang jika kamu adalah seorang introvert, atau hendak merenggut hati introvert lain, postingan ini barangkali bisa membantu.

Masih menurut Jenn Granneman, ada beberapa cara yang bisa dipakai untuk mengambil hati seorang introvert. Namun kalau merujuk pada Myers-Briggs, orang introvert sendiri berbeda-beda, ya. Ada ISTP, ISFP, ISTJ, ISFJ, INTP, INFP, INTJ, dan INFJ.

1ISTP (Introversion Sensing Thinking Perception)

Image via: elitedaily.com

Kunci: Kamu mesti menyediakan ‘spasi’ bagi ISTP, jangan mengekangnya.

ISTP menjadi salah-satu tipe introvert yang paling independen alias mandiri. Mereka lebih banyak membutuhkan waktu untuk menyendiri. Entah untuk mengerjakan proyeknya, pekerjaannya, hobinya, dll. Termasuk juga waktu untuk meredakan kecamuk pikirannya atau waktu untuk menata rencananya.

Dari luar, mereka tampak ‘ekstrovert’ karena lebih bisa ‘mengikuti arus’ dan selalu berenergi. Tetapi namanya juga introvert, mereka tidak bisa terbuka untuk semua hal. Hanya saja, ISTP juga tipikal kekasih yang menikmati quality time. Kalau momennya tepat, mereka senang menghabiskan waktu bersama.

2ISFP (Introversion Sensing Feeling Perception)

Image via: verywellmind.com

Kunci: intimasi/keakraban

Bisa dibilang, ISFP itu penuh dengan enigma alias teka-teki. Mereka bisa jadi pemalu tapi penuh daya tarik, emosional tapi privat, pendiam tapi cerewet. Apalagi kalau pada kesan pertama, mereka benar-benar tidak bisa ditebak. Mereka bisa menyamarkan emosinya, sekali pun sebenarnya sedang sensitif.

ISFP berjiwa artistik, kreatif, dan penuh warna. Mereka mampu mengekspresikan perasaan lewat musik atau karya seni lain. Namun mereka menikmati intimasi secara fisik, mental, dan emosional – khususnya dengan pasangan.

Baca Juga :  11 Momen Di mana Orang Introvert Ingin Menyendiri dan Diam Di Rumah

3ISTJ (Introversion Sensing Thinking Judgment)

Image via: accenture.thriveglobal.com

Kunci: Apresiasi mereka

ISTJ dikenal sebagai pekerja keras, tegas, dan berdedikasi. Kadang mereka juga keras kepala. Namun ISTJ ini memang bisa diandalkan. Bisa dibilang, mereka merupakan tipikal ‘orang penting’ di belakang layar. Mereka akan memastikan semuanya berjalan lancar.

Hanya saja, kadang mereka juga butuh pengakuan. Mereka senang diperhatikan, diberi pujian, atau sekadar diberi ucapan ‘terima kasih’. Kalau kamu tidak peka akan kontribusinya, mungkin mereka akan merasa tidak diapresiasi.

4ISFJ (Introversion Sensing Feeling Judgment)

Image via: reductress.com

Kunci: peka dan hargai mereka

Mirip seperti ISTJ, ISFJ juga sosok yang bertanggung-jawab, bisa bekerja keras, dan penuh dedikasi. Mereka juga lebih nyaman berkontribusi di belakang layar. Mereka sebisa mungkin mengerjakan sesuatu dengan baik, sehingga mereka cukup sensitif jika dikritik.

ISFJ ini sosok yang setia, sabar, murah hati, dan mengayomi. Kadang ada saja yang keliru memperlakukan mereka. Namun dasar ISFJ yang baik hati, mereka kerap tidak enakan sekali pun tahu kalau mereka sedang ‘dimanfaatkan’. Bahkan mereka cenderung memendam perasaan sebenarnya.

Jika kamu benar-benar mengapresiasinya, tak perlu sungkan untuk memuji atau berterima kasih. Pastikan mereka tahu kalau eksistensi mereka itu berharga dan bikin kamu bahagia.

5INTP (Introversion Intuition Thinking Perception)

Image via: aconsciousrethink.com

Kunci: memotivasi eksplorasi intelektualnya

Ya, INTP itu biasanya intelek. Mereka bisa menganalisis secara logis, berpikir abstrak, termasuk memainkan imajinasi liar. Mereka seru sekaligus filosofis.

Kadang-kadang mereka juga kurang peka dan sedikit ‘linglung’. Tetapi INTP itu tetap sosok yang menghargai kedekatan sebuah hubungan. Kamu bisa membuatnya antusias dengan mendorong eksplorasi intelektualnya. Misalnya dengan mendiskusikan sebuah teori, mendatangi seminar, menghadiri acara bedah buku, menonton film detektif, dll.

Baca Juga :  6 Tanda Sederhana Ketika Seorang Introvert Sudah Sayang, Peduli, dan Percaya Pada Kita

6INFP (Introversion Intuition Feeling Perception)

Image via: girlschase.com

Kunci: romantis

INFP menjadi figur yang penuh energi dan punya passion tinggi. Mereka juga memiliki reputasi sebagai introvert yang idealis. INFP selalu percaya kalau orang baik itu belum punah, percaya kalau setelah badai itu ada pelangi indah, percaya kalau setelah ujian itu ada hadiah, dll. Intinya, mereka bisa menemukan celah yang berwarna di balik muramnya dunia.

Kadang INFP suka tertukar dengan INFJ, padahal INFP dan INFJ memiliki perbedaan utama.

INFP ini suka menebar positif vibes sekaligus optimisme. Mereka bahkan melakukannya secara sukarela. Namun INFP juga pribadi yang emosional dan sensitif. Khusus dalam hubungan asmara, kadang mereka ingin romantisme yang nyata. Mereka begitu suka akan puisi bermakna dalam, lagu cinta, dialog bermakna, atau gestur lain yang penuh romantisme di dalamnya.

7INTJ (Introversion Intuition Thinking Judgement)

Image via: asianfanfics.com

Kunci: menyesuaikan diri dengan pikiran mereka

INTJ adalah introvert punya prinsip kuat, bisa berpikir cepat, imajinatif, dan cerdas. Mereka bisa merancang rencana atau mengatur strategi dengan hebat. Mereka juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Kalau sudah penasaran, mereka akan keukeuh menggalinya sampai dalam.

Kadang karena jiwa ngototnya, mereka juga bisa menjelma menjadi sosok yang keas kepala. Mereka juga cenderung tidak romantis. Kamu pun tidak bisa berharap banyak soal bunga, cokelat, kata-kata puitis, dll.

Mereka ‘bisa didekati’ dengan sesuatu yang menarik minatnya. Tak jauh dari sesuatu yang berhubungan dengan otak atau pikiran. Entah itu obrolan cerdas, studi kasus, karya seni, atau sesuatu yang membuat mereka berpikir keras.

8INFJ (Introversion Intuition Feeling Judgement)

Credit: KIKA/WENN.com via wjla.com

Kunci: pahami mereka

Dalam dunia Myesr-Briggs, INFJ adalah tipe kepribadian yang langka. Mereka merupakan pemimpi sekaligus pelaksana mimpi itu. Mereka punya paket lengkap. Ya berwawasan luas, kreatif, dan bisa menginspirasi. Mereka juga memiliki rasa empati tinggi, berbuat baik tanpa pamrih.

Baca Juga :  15 Hal yang Perlu Diingat Kalau Ingin Berteman atau bersahabat dengan Orang Introvert

Namun INFJ juga  sosok yang sensitif dan emosional. Malangnya, mereka kadang kesulitan untuk mengekspresikan atau mengungkapkannya. Mereka lihai ‘membaca orang lain’, tapi bingung untuk menunjukkan diri sendiri. Intinya, INFJ seringkali merasa bisa memahami orang lain tapi mereka sendiri malah sulit dipahami.

Dari luar, INFJ itu sosok yang santai. Tetapi mereka juga suka merenung dan perfeksionis. Kamu mesti benar-benar ‘ngeh’ akan keadaannya. Kamu bisa belajar menjadi pendengar yang baik bagi mereka. Perhatikan dengan seksama yang apa yang sebenarnya mereka mau.

~

Yang paling penting, biasanya jika kita benar-benar mencintai seseorang, kadang kebaikan kita timbul secara natural. Tidak ada modus agar ‘target kita’ melakukan hal yang sama atau membalas semua kebaikan kita.

Kalau sudah bisa memberi tanpa berharap kembali, kamu mungkin bisa dengan mudah mengambil hati dan mencintai. Demikian, 8 Cara Mengambil Hati dan Mencintai Orang Introvert Sesuai dengan Tipenya. #RD

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 + seventeen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.