8 Jajanan Saat Lebaran Paling Laris dan Jarang Terlewatkan

0
SHARE
jajanan saat lebaran, jajanan unik saat lebaran, jajanan paling laris saat lebaran, jajanan yang ada saat lebaran, jajanan khas saat lebaran
Image via: iloveqatar.net

Lebaran tidak hanya identik dengan ketupat, opor ayam atau rendang. Masih banyak makanan atau camilan yang selalu kita nantikan. Bahkan rasanya tidak kaget kalau makanan khas lebaran itu melimpah di meja-meja ruang tamu setiap orang. Tidak kaget juga kalau banyak yang menjajakannya.

Apa saja sih jajanan khas lebaran yang selalu jadi incaran?

1Es krim

Image via: friendlys.com

Siapa yang tidak suka es krim? Sejak saya kecil, kerinduan akan es krim semakin membuncah saat lebaran. Karena masih dalam keadaan banyak uang, saya dan kawan-kawan pasti membelinya. Apalagi kalau dimakannya bersama-sama, tentu semakin nikmat saja.

Sayang sekali, sudah beberapa tahun belakangan, saya selalu mendapat kalimat menyakitkan. Orang-orang yang lebih dewasa dari saya mulai mengatakan, ‘kamu enggak usah dikasih salam tempel lagi, ya, ‘kan udah gede!’. Huft.

2Bakso

Image via: jawapos.com

Seperti halnya es krim, bakso juga menjadi salah-satu jajanan yang paling diincar. Mungkin karena saya jarang ngebakso di waktu puasa, baik itu saat buka mau pun sahur. Makanya ketika lebaran tiba, rasanya pengin betul melahap bakso. Lebih lagi kalau dimakan siang-siang dan dalam keadaan kepala mulai kening. Dijamin segar.

3Hucap/Kupat Tahu

Image via: travel.kompas.com

Di Kuningan (Jawa Barat), ada jajanan bernama hucap alias tahu kecap. Isinya adalah tahu goreng, potongan ketupat, bumbu kacang yang khas dan kecap. Kadang ditambah juga sama krupuk. Meski pun rata-rata rumah memiliki stok kupat (ketupat), tetap saja pedagang hucap laris-manis.

4Kue Nastar

Image via: PublikReport.com

Tidak lengkap rasanya kalau Nastar tidak disebut dalam daftar jajanan khas lebaran. Kue kering ini bahkan menjadi salah-satu primadona, yang banyak ditawarkan pedagang dan diincar para pembeli. Nastar sendiri merupakan kue kering yang berisi selai nanas. Di bagian atasnya kadang polos, kadang ditaburi keju, kadang juga tertancap cengkeh.

Baca Juga :  Persamaan dan Perbedaan Zakat, Infak Serta Sedekah

5Kue Putri Salju

Image via: sajiansedap.grid.id

Paduan gurih dan manis selalu menjadikan kue ini begitu istimewa. Tampilannya juga cantik ketika disodorkan dalam toples. Apalagi kalau rasanya memang enak. Dijamin bikin tamu jadi betah.

6Kue Kacang

Image via: kanal Youtube Mama Adeeva

Kue kacang di rumah biasanya datang dari Uak. Beliau memang suka membuat kue kacang, walau beliau sendiri tidak memakannya. Rasanya gurih sekaligus manis. Cocok dinikmati bersama teh pahit.

7Rengginang

Image via: blogebuch.com

Di kampung atau desa seperti saya, rengginang cukup mudah ditemukan. Termasuk ketika lebaran. Rengginang bahkan bisa menggeser isian kue kaleng. Wadahnya bisa saja bermerek Khong Guan, namun isinya rengginang.

8Kacang Bawang

Image via: fimela.com

Makan kacang itu memang nagih. Kadang mulut sudah pegal, tapi perut tidak kenyang-kenyang. Maka kita selalu tergoda untuk memakan kacang dalam jumlah banyak. Kadang kita sampai lupa diri, apalagi kalau sambil ngobrol tentang topik menarik bersama orang-orang asyik.

Saya yakin masih teramat banyak jajanan khas lebaran yang berhak masuk ke dalam daftar. Anggap saja ke-8 jajanan di atas hanya perwakilan. Demikian, 8 Jajanan Saat Lebaran Paling Laris dan Jarang Terlewatkan. #RD

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.