8 Manfaat atau Hikmah Menangis Bagi Kesehatan Seseorang

0
SHARE

#5. Perlawanan Terhadap Emosi Diri

Kadangkala ada orang yang enggan menangis lantaran merasa tak perlu ada yang ditangisi. Faktanya, banyak hal yang membujuk airmata untuk keluar. Banyak juga yang merasa malu untuk menangis. Padahal dampaknya tak baik jika tak segera dilampiaskan. Ketika menghadapi kesedihan atau kesulitan pun, diri ini sudah begitu menderita. Apalagi ditambah dengan sikap yang pura-pura kuat. Risiko stress atau depresi bisa memuncak. Kelirunya, kita sering menganggap kalau sosok yang tegar itu adalah mereka yang diberi ujian, tapi mampu menahan diri untuk tak menangis.

#6. Meningkatkan Komunikasi

Ketika orang dekat tiba-tiba menangis, kita tentu akan melempar asumsi… bahwa ada yang tidak beres dengan diri orang tersebut. Untuk mengkomunikasikan rasa itu tak perlu kata-kata, airmata sudah mewakilinya. Meski dari luar nampak tersenyum ceria, namun tangisan bisa menjadi bocoran ada sesuatu di balik orang itu. Tangisan itu membuka “tanggul” yang menumpahkan isi rasa dan pikiran sebenarnya. Komunikasi dengan cara ini bisa dipilih daripada memendamnya, sebab nanti bisa jadi beban pikiran dan berpeluang memacu depresi.

#7. Mencegah Iritasi

Sebenarnya airmata tak hanya muncul ketika bersedih saja. Begitu kita kelilipan pun, airmata akan mendesak keluar. Hal itu menjadi respons tubuh akan benda asing yang “masuk tanpa izin”. Sekecil apapun itu, termasuk juga dalam bentuk gas. Dengan demikian, airmata sudah melindungi terjadinya infeksi atau iritasi pada membran mata kita.

#8. Meningkatkan Kesehatan Secara Keseluruhan

Jika kita rangkum manfaat-manfaat yang ada di atas, tentu menangis memiliki efek yang lebih baik ketimbang dengan menahannya. Menangis menjadi upaya tubuh untuk menghalau bakteri, membuat mood lebih baik, menghadang potensi stress, dsb. Kita pun terhindar dari masalah-masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, diabetes, atau juga obesitas.

Baca Juga :  18 Makna Kebahagiaan Dalam Gambar atau Ilustrasi Menggemaskan

Diantara airmata yang ada, tangisan emosional membuat kandungan dalam cairan asin tersebut berbeda. Airmata hasil tangisan emosional mengandung 24% kandungan protein abumin lebih banyak. Protein itu sendiri bisa membantu tubuh dalam proses metabolisme. 8 Manfaat atau Hikmah Menangis Bagi Kesehatan Seseorang. #RD

1
2
SHARE