8 Tipe Orang Introvert Kalau Menjadi Kekasih Seseorang

2
SHARE
pacar introvert, kekasih introvert, pasangan introvert, introvert cintanya, introvert jatuh cinta, introvert jatuh cinta pada ekstrovert, introvert putus cinta, introvert mencari cinta
Image via: introvertspring.com

Enaknya pakai istilah apa, ya? Pacar, pasangan, atau partner? Hehe

Tetapi saya akhirnya menggunakan kata ‘kekasih’ di judulnya. Biar kesan romantisnya itu lebih kental, gitu. Terus biar netral juga.

Nah, kalau angka 8 itu pasti datang dari tipe kepribadian introvert berdasarkan teorinya Myers-Briggs. Ada yang ISTP, ISFP, ISTJ, ISFJ, INTP. INFP, INTJ, dan INFJ. Kalau kamu belum tahu termasuk golongan yang mana, bisa cek dulu artikel ini.

Penulis sekaligus founder dari IntrovertDear, Jenn Granneman, membeberkan 8 tipe orang introvert kalau jadi kekasih seseorang:

1ISTP (Introversion Sensing Thinking Perception)

Image via: askmen.com

ISTP itu sosok santai, spontan, dan tidak banyak basa-basi. Kamu bukan tipikal orang yang harus bikin rencana dulu untuk melakukan sesuatu. Kamu juga cenderung tidak monoton.

Bisa dibilang, kamu berpotensi menjadi kekasih yang kerap menyajikan pengalaman baru. Kamu senang menghabiskan waktu bersama pasangan. Entah untuk jalan-jalan, ngopi, termasuk bersih-bersih rumah. Kamu memang bukan partner yang suka menyiapkan bunga atau kata-kata manis manja, tetapi kamu mengapresiasi waktu bersama pasanganmu.

Kamu mencoba untuk menempatkan masa lalu pada tempatnya dan tidak terlalu mengkhawatirkan masa depan. Ya, kamu memilih hidup di masa sekarang.

Kadang kamu merasa benci untuk diatur-atur pasanganmu. Sehingga kalau tidak saling pengertian, salah-satu dari kalian bisa frustrasi sendiri. Tetapi intinya, kamu sosok yang membuat jalinan asmara jadi tidak membosankan.

2ISFP (Introversion Sensing Feeling Perception)

Image via: Pixabay.com

Kamu dikenal sebagai ‘sang penjelajah’. Jiwamu bebas. Kamu juga terbuka akan hal-hal baru. Sehingga kamu tipikal kekasih yang penuh antusias, spontan, fleksibel, easy-going, dan bisa menularkan semangat.

Awalnya mungkin kamu malu-malu, tetapi lama-lama kamu akan menunjukkan sisi yang unik dan menarik dalam dirimu.

Ada keinginan kecil dalam dirimu untuk ‘mengendalikan’, menguatkan, atau mendukung orang lain (khususnya pasanganmu) agar lebih berani. Lebih lagi kamu memiliki kreativitas dan jiwa seni yang bagus. Kamu pun bisa percaya diri unjuk gigi melalui media tulisan, lagu, sketsa, dll.

Baca Juga :  21 Fakta Unik, Menarik dan Mengejutkan Seputar Orang Introvert dan Ekstrovert

Kamu suka sekali ketika memberi kejutan-kejutan kecil tapi bermakna. Bahkan kamu selalu menemukan cara tersendiri agar segala sesuatunya tidak membosankan. Hanya saja, kadang-kadang kamu misterius, sensitif, dan emosional. Sehingga pasanganmu mungkin merasa ‘terkunci’ atau tidak mampu memahami apa yang kamu rasakan dan pikirkan.

3ISTJ (Introversion Sensing Thinking Judgment)

Image via: get-a-wingman.com

Baik laki-laki mau pun perempuan ISTJ sama-sama memiliki sifat bertanggung-jawab. Kamu juga lebih stabil, tidak mudah terbawa zaman, dan mempertahankan nilai-nilai tradisional. Kamu lebih mengedepankan akal sehat dan realita. Kamu juga sosok pekerja keras yang sebisa mungkin menyelesaikan misimu seutuhnya, tidak setengah-setengah.

Kamu bukan tipe kekasih yang puas dengan kata-kata romantis. Kamu kurang lihai menggombal, sebab kamu memang ingin mencari atau menjadi pasangan yang benar-benar diandalkan aksinya – bukan janji manisnya.

Tetapi kadang sikap rasionalmu membuat kemesraan jadi hambar. Kamu cenderung terlalu serius dan ingin memenangkan semua perdebatan. Hal ini bisa menjadi masalah jika pasanganmu menginginkan ikatan emosional yang lebih dalam.

4ISFJ (Introversion Sensing Feeling Judgment)

Image via: theawesomeintrovert.com

Kamu merupakan pengamat sejati yang teliti. Kamu juga bisa menjadi kekasih dengan paduan langka. Mulut dan aksimu sama-sama manis.

Bahkan kamu selalu ‘ngeh’ akan keinginan atau kebutuhan pasangan. Misalnya ketika sandal pasanganmu rusak, diam-diam kamu akan menabung dan membelikannya – tentu kamu sudah tahu nomor dan karakter sandal kesukaannya.

Karena sifat dasarmu yang jeli, kamu bisa menjadi pribadi yang menyayomi. Lebih lagi kalau kamu sudah berada dalam ikatan yang sah alias berkeluarga. Bagimu, keluarga itu nomor satu. Kamu cocok menjadi kepala keluarga atau ibu rumah tangga idaman.

Tetapi kadang kamu suka memendam perasaanmu sendiri. Kamu bisa jadi sensitif, emosional, atau mudah tersinggung karena sesuatu, tetapi kamu selalu berusaha menyamarkan ekspresimu – seakan semuanya baik-baik saja. Tak jarang kamu mengorbankan air matamu demi tawa orang lain. Hal ini tentu bisa menjadi bom waktu kalau tidak dikomunikasikan dengan baik dan terbuka.

Baca Juga :  Faktor Penyebab Emosi Orang Introvert dan Cara Mengatasinya

5INTP (Introversion Intuition Thinking Perception)

Image via: thoughtcatalog.com

Di dunia Myers-Briggs, kamu sering diberi gelar sebagai ‘profesor gokil’. Paduan karaktermu begitu unik dan sering mengejutkan. Ide-idemu cemerlang dan kalau kata orang, ‘out of the box’. Kamu sangat suka kalau pasanganmu mendengar teori atau ide-ide gilamu dengan sabar.

Sebenarnya kamu bisa ceria, tetapi kamu cukup privat dan malu-malu. Sehingga perlu waktu dan proses untuk membongkar sisi seru kamu.

Begitu kamu mendapatkan figur yang ‘klik’, kamu pasti memperlakukannya dengan spesial. Totalitas kesetiaan dan keseriusanmu hampir tidak diragukan. Kamu juga tidak akan segan-segan menunjukkan sisi yang genit, lucu, dan absurd-mu.

Namun kamu cenderung tidak mudah terbuka 100%. Kadang-kadang kamu memendam perasaan tertentu yang kadang membingungkan dan sulit dijelaskan.

6INFP (Introversion Intuition Feeling Perception)

Image via: theladiescoach.com

Kamu menjadi sosok paling idealis dalam dunia introvert Myers-Briggs. Kamu itu imajinatif, humoris, dan romantis. Di tengah zaman yang mulai meragukan kesejatian cinta, jauh di lubuk hati kamu mengharapkan kalau cinta sejati itu masih eksis dan nyata.

Kadang kamu sampai berfantasi mengenai cerita cinta atau kekasih sempurna versimu. Bahkan kamu mungkin berharap banyak kalau kekasihmu di dunia nyata akan sesuai dengan bayangan dan harapanmu. Kamu sendiri merupakan partner yang keren. Kamu berusaha berkontribusi pada hubunganmu.

Tak jarang kamu begitu sensitif, tetapi kamu begitu tulus. Kamu selalu berusaha menjaga ikatan emosimu bersama pasangan. Bahkan kamu sendiri terus mencoba menjadi mitra yang ideal bagi kekasihmu. Kamu ingin keharmonisan cintamu tetap terjaga.

Kamu bukan tipikal kekasih yang mengekang pasangan, sebab kamu sendiri ingin mandiri dan bebas. Kamu tidak ingin membebani pasangan. Justru kamu lebih senang jika pasangan bisa terbuka, mengekspresikan diri, saling menerima, memahami, dan menyayangi.

7INTJ (Introversion Intuition Thinking Judgement)

Image via: psychologytoday.com

Bagimu, hubungan asmara itu perkara serius. Kamu mesti berkomitmen. Mentalmu harus siap. Hal ini tentu menjadi tantangan besar bagimu. Tapi kamu memang selalu mencari jalinan yang dalam dan serius, bukan main-main.

Begitu menemukan sosok yang tepat, kamu akan total menjalani hubungan. Namun jangan lupa, kamu dan pasanganmu hanya manusia biasa. Kalian bisa khilaf dan lupa.

Kamu terkesan seperti robot. Sikapmu dingin. Tetapi loyalitasmu tak perlu dipertanyakan. Kamu biasanya tidak akan memulai suatu hubungan jika tidak untuk jangka panjang. Lebih lagi kamu sosok yang cerdas, bertanggung-jawab, dan penuh perhitungan dalam memilih atau memutuskan. Ketika terjadi permasalahan, kamu akan serius menghadapi dan menyelesaikannya.

Baca Juga :  11 Hal Tentang Cinta Di Mata Orang Introvert

8INFJ (Introversion Intuition Feeling Judgement)

Image via: simpleslowlovely.com

Jumlahmu hanya sedikit, sehingga kamu tergolong introvert yang langka. Kamu cukup intensif dan membingungkan. Pilihanmu akan sesuatu atau seseorang juga kadang tidak mudah dipahami. Kamu punya standard tersendiri untuk menentukan, apakah seseorang itu layak menjadi kekasihmu atau tidak. Ukurannya sendiri tidak sebatas penampilan fisik saja, lebih dari itu.

Kadang kamu begitu disegani sebab kamu mampu ‘membaca’ orang lain. Kamu seakan bisa mendeteksi kapan seseorang mengutarakan kebohongan. Jika merasa tidak cocok dengan seseorang, seringkali kamu itu langsung memutuskan hubungan. Kamu tidak plin-plan lagi. Mungkin standardmu memang tinggi. Sehingga menempati spot spesial di hatimu memang bukan hal mudah.

Tetapi ketika menemukan Mr.Right/Ms.Right, kamu akan mengapresiasi mereka. Kamu juga paham akan kebutuhan, mental, dan emosi mereka. Kamu berusaha menjadi pasangan yang membuat mereka senang dan nyaman. Kamu juga menerapkan hal yang sama pada sahabat atau orang-orang terdekat yang sudah terpercaya. Kamu menikmati hubungan yang asli dan dalam.

Nah, kamu yang mana? adakah tipe kekasih ideal dari 8 introvert di atas? Demikian, 8 Tipe Orang Introvert Kalau Menjadi Kekasih Seseorang. #RD

SHARE

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 − 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.