9 Artis Dunia yang Tidak Lulus SMA

9 Artis Dunia yang Tidak Lulus SMA

Daniel Radcliffe DO dari SMA 1
fanpop.com

“Lulusan SD mau jadi apaan? Lulusan SMP mau kerja apaan? Lulusan SMA mau hidup dari mana? Lulusan sarjana mau..? bla… bla… bla…”

Pernah mendengar kalimat menyebalkan itu, enggak? Maaf, soalnya agak terusik aja kalau segala sesuatu – termasuk masa-depan – hanya diukur oleh tingkat pendidikan. Oke, edukasi memang penting. Penting banget, sampai banyak orang tua yang banting tulang supaya anaknya tetap berseragam dan lulus.

Namun, baiknya kita mempertimbangkan ‘faktor kesuksesan lain’ di luar pendidikan. Toh banyak karier yang bahkan gelar sarjana pun tidak bicara banyak. Pebisnis? Aktris? Penulis? Penyanyi? dst. Daku yakin banyak contohnya, orang dengan level pendidikan tidak terlalu tinggi, tapi justeru berhasil menggapai kesuksesan yang melangit.

9 artis dunia ini, misalnya. Mengejutkan, pas diketahui ternyata mereka drop out ketika masih tingkat SMA. Well, siapa saja mereka? Kita urutkan dari 10 dulu, ya. Jom!

  1. Jim Carrey
Jim Carrey DO dari SMA 1
newshoesshop.blogspot.com

Ketika masih berusia 15 tahun, Jim Carrey ini mesti keluar SMA. Ia terdesak, sebab mesti membantu keluarganya yang kekurangan. Ayahnya kehilangan pekerjaan. Ibunya sakit-sakitan. Memang mirip cerita sinetron, tapi itulah yang terjadi. Jim Carrey pun mesti jadi pesuruh demi memenuhi kebutuhan keluarga. Namun syukurlah, pria asal Kanada ini memiliki bakat ngelucu. Karena bakatnya itu ia memiliki kesempatan ‘nampang’ dalam acara Yuk Yuk di Toronto. Ia juga berhasil mendapat perhatian Rodney Dangerfield. Atas bantuannya, Carrey bisa sampai menginjakkan diri ke dunia Hollywood. Ia bahkan sukses memainkan film “Ace Ventura: Pet Detective” sama “The Cable Guy”. Menurut Carrey, andai saja karier lawaknya enggak berhasil, kemungkinan ia masih jadi pesuruh di pabrik-pabrik lain.

  1. Christina Applegate
Christina Applegate DO dari SMA
subein.blogspot.com

Aktris yang satu ini memang sudah akrab dengan kamera sedari kecil, yakni ketika ia masih berumur 7 tahun. Tidak, Christina Applegate tidak berasal dari keluarga kurang mampu. Ayahnya seorang produser rekaman, sedangkan ibunya sudah terlebih dahulu jadi artis. Karena itulah mungkin darah ‘keartisannya’ begitu kental. Bahkan Applegate berusia 16, ia rela DO dari sekolah. Pilihannya jatuh pada sebuah sinetron komedi berjudul “Married… with Children”. Dia kebetulan berperan menjadi Kelly Bundi. Dari sanalah ia perlahan namun pasti meniti karier. Walau ia sempat menyesal karena tidak tuntas sekolah, namun toh ia memeroleh kesuksesan di dunia Hollywood.

  1. Cameron Diaz
Cameron Diaz DO dari SMA
ouchpress.com

Ternyata Cameron Diaz ini sudah dari belia meniti karier di dunia modelling. Nah ketika usianya menginjak 16 tahun, ia membuat keputusan besar. Diaz meninggalkan sekolah dan teman-temannya demi menggapai impian menjadi model. Kebetulan sekali waktu itu Elite Model Management tertarik dengannya dan mereka pun terlibat kontrak. Dari sana pula ia mulai menjajal akting. Ia pertama kali main di The Mask bersama Jim Carrey. Diaz bilang, dirinya dan sekolah memang bukan kolaborasi yang baik. Dan bisa dikatakan keputusannya untuk meninggalkan bangku pendidikan itu cukup tepat. Buktinyaia menjadi salah-satu perempuan terkaya yang ada di dunia hiburan dunia.

  1. Jessica Chastain
Jessica Chastain DO dari SMA
fashiongonerogue.com

Pernyataan mengejutkan diungkapkan Jessica Chastain  pada Entertainment Tonight. Dia mengaku dulunya merupakan ‘siswi yang berantakan’. Dia tidak pernah lulus sebab sering bolos sekolah. Karena itu dia merasa bukan tipikal orang yang inteligen. Namun dia memberi tambahan pesan bagi siswi yang ‘senasib’ dengannya. Katanya,

Ada banyak anak di luar sana yang sekolahnya sedikit berantakan dan aku harap mereka enggak pernah berpikir kalau mereka itu tidak pintar, alias bodoh. Semua ini tentang bagaimana menemukan minat dan bakat kita yang sebenarnya, sekaligus menemukan kita ini bagus dalam hal apa.”

  1. Hilary Swank
Hilary Swank DO dari SMA
facebook-pictures.drippic.com

Siapa sangka pengakuan DO dari SMA juga keluar dari Hilary Swank, sang pemenang Oscar dua kali. Dia pernah bilang,

Akhirnya aku drop out dari SMA, dan hal ini sama-sekali bukan hal yang dibanggakan. Tapi aku emang punya seorang guru dan dia enggak mau aku ada di sana (di sekolah). Nah aku enggak bisa dong dapat inspirasi dari seseorang yang bahkan enggak menginginkan keberadaanku di sana?”

Masih ingat dengan filmnya yang berjudul “Freedom Writer”? Dia kebetulan memerankan diri sebagai seorang guru SMA. Dia pun menceritakan pengalamannya. Menurutnya masalah terbesar yang ia hadapi di SMA adalah aturan sekolah dan kebawelan dia sendiri. Namun ia juga berpesan sebagai berikut,

Kurasa sekolah itu amat sangat penting tapi kita punya seabreg masalah soal pendidikan di negeri ini dan ini benar-benar memalukan. Memalukan, karena anak-anak merasa putus asa atas masa depan mereka.”

  1. Daniel Radcliffe
Daniel Radcliffe DO dari SMA 3
rumberanetwork105.com

Enggak kenal sama Daniel Radcliffe? Oke, kita panggil saja dia Harry Potter. Pasti kenal, ‘kan? Nah dia ini ‘kan memerankan peran sebagai siswa setingkat SMA gitu di sekolah persihiran, namun ternyata Daniel tidak menyelesaikan pendidikannya di dunia nyata. Kebetulan dia mulai terlibat proyek film ketika masih berusia 10 tahun. Jadwalnya makin padat. Namanya makin harum dan terkenal ke seluruh penjuru dunia. Tentu semua itu memengaruhi pendidikannya. Ia pun drop out ketika berusia 17 tahun. Sementara teman-temannya sendiri terlihat senang. Bukan karena Danile keluar, melainkan karena ia bisa meraih kesuksesan di usia dini.

  1. Ryan Gosling
Ryan Gosling DO dari SMA
moviestarspicture.com

Karena pekerjaan ayahnya yang menuntut ia mesti pindah-pindah tempat tinggal, otomatis Ryan Gosling pun mesti gonta-ganti sekolah. Dia mengaku pernah dibully ketika kecil. Dia juga pernah kasus sebab membawa pisau untuk memotong steak ke sekolah dan bahkan melemparkannya ke sekitar. Ryan juga mengaku butuh waktu lama untuk belajar membaca. Rupanya dia didiagnosa ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Semacam kelainan yang menyebabkannya hyperactive dan kurang bisa fokus atau kurang mampu memerhatikan sesuatu. Sang bunda pun memutuskan untuk menerapkan home schooling saja. Ketika Ryan berusia 12 tahun, ia gabung sama Mickey Mouse Club. Di sana ia tinggal dengan Justin Timberlake, penyanyi dan juga teman sesama member. Setelah itu Ryan kembali ke Kanada dan berakting dalam “Are You Afraid of the Dark?” sama “Breaker High”. Begitu memasuki usia 17 tahun, ia memutuskan untuk keluar dari SMA dan lebih serius dalam dunia akting.

  1. Seth Rogen
Seth Rogen DO dari SMA
hollywoodreporter.com

Seth Rogen pernah melucu sekaligus memberi pencerahan. Dia bilang,

Ketika aku sadar bahwa ngelawak bisa jadi sebuah pekerjaan, maka itulah pekerjaan yang aku dambakan”.

Rupanya aura pelawaknya sudah tertanam sedari kecil. Dia bahkan sempat menuliskan kembali script Superbad dengan temannya, Evan Golberg. Dan ketika usianya masih 16 tahun, tiga hal penting terjadinya padanya. Pertama, ayah-ibunya kompak kehilangan pekerjaan. Kedua, ia memenangkan kontes Vancouver Amateur Comedy dan terakhir, ia memutuskan untuk keluar dari SMA. Keputusannya itu membawanya ke dunia karier sebagai komedian, sekaligus menjadikannya tulang-punggung bagi keluarga.

  1. Keanu Reeves
Keanu Reeves tanpa kumis_Do dari SMA
pinterest.com

Keanu Reeves ibarat makhluk nomaden. Ia pernah tinggal di Lebanon, New York, Australia dan juga Toronto. Otomatis tempat sekolahnya pun demikian. Ia mengaku diusir dari sekolah bernama Etobicoke School of Arts. Alasannya karena “Dia terlalu bikin onar. Dia juga umumnya bukan siswa yang baik di sekolah”. Ternyata Keanu kecil menderita dyslexia. Ia berjuang melawannya. Bahkan ia mesti pindah-pindah sekolah. Sampai kemudian Keanu merasa lelah dan memutuskan DO ketika usianya mencapai 17 tahun. Dia memutuskan untuk mengejar karier saja di dunia akting.

Jangan salah-paham, K? Daku sama-sekali enggak memprovokasi pembaca untuk ikut-ikutan DO. Hehehe… yang terpenting di sini, kita mesti siap tanggung-jawab atas segala keputusan yang sudah diambil. Iya, ‘kan? [#RD]

You May Also Like

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: