9 Cara Meningkatkan Kepercayaan Pengunjung Website Toko Online

0
SHARE

tips meningkatkan kepercayaan toko online, website toko online, cara meningkatkan kepercayaan pengunjung ke website toko online

Meningkatkan kepercayaan pengunjung website toko online adalah sebuah keniscayaan bagi para pebisnis e-commerce.

Belanja online sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern sejak hampir 20 tahun terakhir. Kepraktisan dan efisiensi menjadi alasan utama mengapa belanja online semakin digemari masyarakat, terutama mereka yang tinggal di perkotaan. Dan karena semakin terbukanya pasar seiring dengan pesatnya teknologi digital, semakin banyak orang yang tertarik untuk membuat toko online-nya sendiri.

Dengan persaingan yang kian ketat, mendorong para pemilik bisnis online terus melakukan inovasi pada websitenya dengan tujuan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Dengan kepercayaan pelanggan yang besar, tak hanya merawat pelanggan lama, peluang menggaet pelanggan baru pun akan semakin membesar.

Lalu, bagaimana cara untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung website toko online Anda? Ini dia caranya!

1Membangun Relasi Dengan Audiens

Pernahkah Anda, suatu saat merasa asing dan tak tahu harus kemana saat pertama kali mengunjungi sebuah website?

Begitu pula yang akan dialami kebanyakan pengunjung saat kali pertama datang ke website toko online Anda. Karena itulah yang pertama kali harus Anda lakukan adalah membuat pengunjung nyaman berada lama-lama di website Anda. Jika mereka (pengunjung) semakin mengenal siapa Anda, mereka akan percaya untuk berbelanja di toko online Anda.

Salah satu cara untuk membangun relasi bagus dengan pengunjung adalah dengan cara melengkapi halaman tentang kami. Berikanlah informasi selengkap mungkin tentang toko online Anda. Di halaman tentang Kami, anda bisa memperkenalkan diri dan berikanlah informasi kepada pengunjung betapa pentingnya menggunakan produk yang Anda jual.

Salah satu perusahaan yang sangat bagus dalam mengelola halaman Tentang Kami adalah Gojek. Perusahaan ride sharing ini memberikan informasi sejarah korporasi dari awal hingga layanan yang mereka saat ini. Cara lain membangun relasi yang bagus dengan pengunjung website adalah mengisi blog dengan konten-konten bagus untuk mengedukasi dan membuat calon pelanggan familiar dengan produk Anda.

2Menambahkan Lencana Kepercayaan

Salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung toko online adalah dengan menambahkan lencana kepercayaan. Dengan menambahkan lencana kepercayaan, Anda berarti tengah memberikan informasi kepada pengunjung bahwa website Anda dapat aman dan dapat dipercaya. Beberapa lencana yang bisa Anda tambahkan antara lain:

Baca Juga :  Desain Furniture Kantor Kekinian

3Sertifikat SSL

Secure Socket Layer, atau SSL adalah sebuah protokol keamanan yang menggunakan enkripsi modern untuk menerima dan memberi informasi dari seluruh penjuru internet. SSL akan memuat saluran yang aman antara pengguna browser dan server website yang terhubung. Dengan demikian, website Anda akan lebih bisa dipercaya keamanannya oleh bot mesin pencari.

Selain keamanan website yang lebih terjamin, menggunakan sertifikat SSL juga dapat menaikkan ranking website pada mesin pencari. Karena bot mesin pencari akan mengidentifikasi dan mengarahkan pengguna untuk menghindari website yang tidak memiliki keamanan yang terenkripsi.

Oleh sebab itu, ketika akan membuat website toko online, pilihlah jasa pembuatan website yang menyediakan sertifikat SSL pada layanannya. Kebanyakan provider website menyediakan sertifikat SSL yang sudah bundle dengan paket mereka tawarkan. Sangat memudahkan bukan?

4Logo Payment Processors

Penggunaan logo payment processors juga mampu meningkatkan kepercayaan pengunjung pada website toko online Anda. Dengan mencantumkan logo payment processors,  Anda bisa mempersuasi pengunjung bawa Anda menerima segala jenis metode pembayaran.

Tentu Anda pernah mengamati suatu website toko online yang menyediakan beragam logo metode pembayaran. Semakin banyak pilihan pembayaran, akan memberikan penilaian positif di mata pengunjung bahwa website toko online Anda memberikan kemudahan transaksi.

Siapa sih yang tidak kesal ketika Anda sudah mengincar barang bagus di toko online karena si toko online tidak menyediakan pilihan pembayaran yang kompatibel dengan yang Anda gunakan?

5Lencana Anti virus

Internet adalah dunia luas dimana penyebaran virus merupakan ancaman yang mengintai setiap saat. Oleh karena itu sebagai pemilik website, Anda harus memberikan rasa aman pada para pengunjung bahwa website bersih dari virus, malware dan segala macam ancaman keamanan yang bertebaran di internet. Beberapa lencana antivirus yang populer antara lain McAfee dan Norton.

Baca Juga :  Puisi; Kadzba

6Garansi uang kembali

Pelanggan di era pemasaran internet saat ini memiliki kecenderungan untuk memilih toko online yang bersedia memberikan garansi uang kembali. Garansi ini banyak dianggap calon pembeli sebagai komitmen dan keseriusan penjual dalam menjaga kualitas produk dan pelayanannya.

7Menampilkan Social Proof

Sebelum menguliti lebih jauh tentang social proof, Anda harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan social proof. Social proof adalah suatu perilaku saat seseorang mengidentifikasi bahwa perasaan dan tindakannya sejalan dengan kebanyakan anggota masyarakat. Bahasa simpelnya, social proof adalah testimoni.

Teknik ini berguna untuk mempengaruhi psikologi pengunjung, untuk sebisa mungkin penasaran dengan produk yang anda jual setelah membaca atau melihat pengalaman orang lain yang telah menggunakan produk anda. Dalam dunia pemasaran, baik modern maupun tradisional, social proof merupakan faktor penting dalam meraih kepercayaan publik.

Di era pemasaran tradisional, yang bisa kita ambil dari rentang waktu hingga sebelum era internet, social proof yang paling umum adalah lewat mulut ke mulut. Di era pemasaran modern di saat mulai berkembangnya pemasaran via internet, social proof bisa beragam bentuknya. Namun yang paling umum adalah penggunaan testimoni dari orang yang telah menggunakan suatu produk. Juga, dengan maraknya penggunaan sosial media, kekuatan selebritis media sosial mempunyai pengaruh untuk menggerakkan pengikutnya menggunakan suatu produk.

8Menampilkan Informasi Produk dan Pengiriman Sedetail Mungkin

Calon konsumen di era modern sekarang ini memiliki kecenderungan untuk mendapat kepastian apa saja yang mereka dapat saat membeli suatu produk. Begitu juga keingintahuan mereka tentang bagaimana proses pengirimannya. Oleh karena itu Anda harus memberikan informasi sedetail mungkin di website toko online Anda.

Pertama, lengkapilah lebih dulu deskripsi produk. Banyak toko online yang menjual produk yang sama. Oleh karena itu lebih baik jika Anda memberikan informasi sedetail mungkin tentang produk yang dijual. Karena banyaknya pilihan, konsumen memiliki kecenderungan mencari informasi selengkap mungkin tentang produk yang mereka cari. Semakin detail produk Anda, kemungkinan terjadinya transaksi akan semakin besar. Informasi ini seperti fitur, komposisi, berat, hingga informasi tentang garansi.

Baca Juga :  Performa Gesit Toyota Rush dan Harganya di Auto2000 Bandung

Informasi penting lain yang harus Anda perhatikan adalah detail pengiriman barang. Ya, konsumen juga menginginkan informasi detail bagaimana proses pengiriman barang yang telah mereka beli. Apabila Anda gagal memenuhi harapan konsumen karena kendala pengiriman bisa membuat konsumen tak lagi mau membeli produk Anda. Ini adalah salah satu faktor penting dalam cara meningkatkan kepercayaan pengunjung website toko online.

9Layanan Pelanggan 24 Jam

Layanan pelanggan yang bagus merupakan salah satu kunci sukses dalam berbisnis, terutama dalam membangun kepercayaan pelanggan di era belanja online. Konsumen masa kini menyukai perusahaan yang memiliki layanan pelanggan 24 jam. Layanan pelanggan 24 jam ini bukan hanya untuk mengatasi permasalahan yang mungkin timbul dari penggunaan produk Anda. Namun juga bagi calon pelanggan yang ingin tahu lebih detail tentang produk Anda sebelum membelinya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki fitur live chat di website toko online Anda. Tak hanya sekedar memiliki fitur live chat, Anda juga harus memiliki tim yang bagus untuk menghandle pelayanan pelanggan. Tim pelayanan pelanggan yang bagus menjadi salah satu kunci cara meningkatkan kepercayaan pengunjung toko online.

Kesimpulan

Itulah tadi beragam cara meningkatkan kepercayaan pengunjung website toko online. Internet marketing merupakan dunia yang selalu berkembang setiap waktu. Hampir semua aspek yang dibutuhkan manusia tersedia di internet. Jadilah bagian dari dunia luas bernama internet dengan membuat website Anda sendiri. Percayakan pembuatan website, membeli domain, dan sewa hosting hanya di IDwebhost. Didukung teknologi terkini dan harga termurah, tunggu apalagi, untuk informasi lebih lanjut, hubungi IDwebhost sekarang! [KF]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 + fourteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.