9 Tips Memilih Sabun Bayi Baru Lahir yang Bagus

0
SHARE
Perlengkapan bayi, beli perlengkapan bayi, perlengkapan bayi online
Image via: thehungryjpeg.com

Hal wajib yang harus diperhatikan para ibu yaitu kebersihan tubuh si buah hati. Salah satu cara yang bisa menjamin kebersihan tubuh bayi yaitu dengan memandikan bayi menggunakan sabun yang tepat. Dengan demikian maka bakteri maupun serangan kuman pada bayi dapat terhindarkan.

Namun untuk bayi yang masih berusia sangat dini memandikan terlalu sering tidak dianjurkan. Hal ini dapat menyebabkan kulit bayi menjadi kering. Sebagai salah satu perlengkapan bayi baru lahir, memilih sabun yang tepat harus diperhatikan orang tua. Anda harus cerdas dalam memilih sabun yang tepat untuk bayi.

Jika Anda masih bingung apa yang harus diperhatikan dalam memilih sabun untuk bayi, simak tips memilih sabun bayi baru lahir yang bagus berikut ini.

#1. Pilih sabun dari bahan alami
Perlu Anda ketahui, bahwa tidak semua sabun bayi terbuat dari bahan alami. Sedangkan bahan alami sangat bagus digunakan untuk bayi yang baru lahir. Karena bayi yang baru lahir memiliki kulit yang sangat lembut dan sensitif. Untuk menemukan sabun bayi yang terbuat dari bahan alami, maka Anda dapat mencari tahu melalui kemasan produk sabun atau meminta rekomendasi dari dokter yang menangani Anda.

#2. Jangan menggunakan sabun dewasa
Sabun dewasa tidak tepat jika digunakan untuk bayi, karena kandungan sabun yang jauh berbeda. Meskipun sabun mandi dewasa dapat menghindarkan minyak dan bau badan, namun Anda tidak disarankan untuk menggunakan sabun dewasa untuk bayi yang baru lahir.

#3. Kandungan bahan yang simple
Sabun bayi sangat baik apabila memiliki kandungan yang lebih simple, artinya tidak memiliki banyak bahan kandungan, khususnya untuk bahan kandungan kimia. Sebaiknya Anda menghindari sabun bayi yang mengandung antiseptik atau kresol, fenol, deodorant atau heksaklorofen, triclosan, dan kandungan berupa deterjen atau sodium lauryl sulphate. Daftar kandungan tersebut dapat menimbulkan iritasi pada kulit bayi.

Baca Juga :  5 Gaya Rambut Pendek Wanita yang Tepat Dengan Bentuk Wajah

#4. Jangan memilih sabun dengan busa banyak
Kulit bayi tidak sama dengan kulit orang dewasa, sehingga untuk memilih sabun pun juga tidak sama, terutama dari segi busa yang dihasilkan oleh sabun. Untuk sabun bayi yang tepat tidak disarankan menggunakan busa yang terlalu banyak. Hal ini dikarenakan bayi memiliki kulit sensitif maka tidak aman jika menggunakan sabun yang memiliki busa banyak.

#5. Jangan memilih sabun yang memiliki aroma
Kebanyakan dari ibu lebih tertarik menggunakan sabun yang memiliki aroma wangi. Padahal untuk seorang bayi, terutama bayi yang baru lahir, tidak diperkenankan untuk menggunakan sabun yang memiliki aroma menyengat. Sabun yang memiliki aroma wangi, memiliki kandungan bahan kimia yang terlalu keras.

#6. Gunakan sabun hypoallergenic
Sabun hypoallergenic sangat tepat digunakan untuk bayi yang mempunyai kulit hipersensitif maupun menderita kulit eksim atau kering. Sabun bayi yang memiliki label hypoallergenic dapat Anda pilih karena sabun Ini aman digunakan untuk bayi dengan kulit sensitif atau alergi.

#7. Pilih sabun dengan pH netral
Jika dibandingkan dengan orang dewasa, bayi memiliki kulit dengan PH yang jauh lebih tinggi. Kulit akan rentan terhadap infeksi dan kekeringan apabila pH tidak seimbang. Dengan begitu maka Anda di sarankan untuk membeli sabun bayi yang memiliki pH netral. Hal ini untuk menjaga keseimbangan pada pH kulit bayi.

#8. Jangan memilih sabun anti bakteri

Perlu untuk Anda ketahui bahwa bayi tidak membutuhkan sabun anti bakteri. Karena sabun khusus bayi yang biasa sudah dilengkapi dengan kandungan yang dapat menyingkirkan kuman maupun bakteri. Sedangkan anti bakteri banyak mengandung bahan kimia tambahan misalnya seperti triclosan.

#9. Pilih sabun dengan pelembab yang aman

Baca Juga :  Tips Melihat Tampilan Mobile Sebuah Blog or Website di PC

Kulit bayi akan lebih mudah kehilangan kelembaban dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Oleh sebab itu para ibu disarankan untuk memilih sabun bayi yang dilengkapi dengan kandungan pelembab. Dengan demikian maka akan mengembalikan kelembaban kulit bayi yang sudah hilang supaya kelembaban kulit tetap terjaga dengan aman dan baik.

Sebagai orang tua yang memiliki bayi, ketelitian dan ketelatenan harus diperhatikan dengan baik. Terutama dari segi perawatan kulit bayi yang memang tidak boleh dilakukan dengan sembarang cara. Karena kulit bayi masih terlalu sensitif dan lebih sering terkena iritasi. [PM]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 + thirteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.