Air Kelapa Bisa Hambat Penyakit Difteri?

0
SHARE
Air Kelapa Bisa Hambat Penyakit Difteri, pencegahan difteri, penyebab difteri adalah, air kelapa difteri, air kelapa hijau, air kelapa muda
Image via: parenting.firstcry.com

Selama ini, cara terbaik untuk mencegah difteri adalah melalui vaksinasi. Lalu, bagaimana dengan air kelapa?

Salah satu cara pencegahan utama penyakit difteri adalah dengan melakukan imunisasi DPT. Namun, ada pula pendapat yang mengatakan bahwa difteri juga bisa dihambat dengan rutin minum air kelapa. Benarkah demikian?

Sekilas tentang difteri

Menurut penjelasan dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, difteri disebabkan oleh infeksi bakteri Corynebacterium diphtheria. Bakteri ini mampu menghasilkan racun perusak jaringan pada manusia, terutama pada hidung dan tenggorokan.

Bakteri penyebab difteri umumnya bisa menyebar melalui tiga cara, yaitu bersin (percikan ludah), kontaminasi barang pribadi (misalnya menggunakan gelas bekas penderita yang belum dicuci), dan kontaminasi barang rumah tangga (misalnya handuk atau mainan yang dipakai bersamaan).

Selain itu, ada pula penularan secara khusus, yang mana Anda bisa terkena difteri apabila menyentuh luka seseorang yang sudah terinfeksi penyakit tersebut.

Rutin minum air kelapa bisa hambat difteri?

Air kelapa memang diketahui memiliki beberapa khasiat baik bagi kesehatan tubuh. Namun, apakah benar salah satunya adalah efektif untuk menghambat penyakit difteri?

“Difteri itu, kan, infeksi. Kalau mau mencegah penularannya, solusinya adalah dengan menjauhi faktor risikonya. Jadi, air kelapa tidak ada hubungannya secara langsung dengan difteri,” kata dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter saat dikonfirmasi.

“Dalam hal ini, menjaga lingkungan sebersih mungkin. Jangan lupakan pentingnya vaksin difteri karena ini dapat membentengi tubuh Anda. Kalaupun tertular, maka penyakit tak akan memberat,” sambung dr. Ega.

Tak cuma itu, menurut dr. Ega, air kelapa fungsinya adalah menjaga vitalitas tubuh secara keseluruhan, bukan spesifik mencegah atau mengatasi difteri.

Dengan demikian, cara terbaik mencegah difteri hingga saat ini adalah melalui vaksinasi, bukan dengan air kelapa.

Baca Juga :  5 Kopi Arabika Terbaik di Indonesia, Pernah Mencicipinya?

Selain itu, ketahui juga cara penularan serta faktor risikonya sehingga penyebaran difteri bisa diminimalkan. Dengan demikian, Indonesia bisa menjadi negara bebas difteri. Air Kelapa Bisa Hambat Penyakit Difteri? #EHKD

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twelve − 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.