Apa Iya Semakin Dewasa dan Menua, Kita Jadi Semakin Introvert?

0
SHARE
semakin dewasa, introvert dewasa, semakin dewasa semakin introvert, semakin tua semakin introvert
Image via: freeimages.com

Meski saya cenderung introvert sejak dulu, namun ketika “sedang muda”, saya cukup sering keluar kamar dan rumah. Menjelang akhir pekan, liburan, tahun baruan, atau di saat bebas sekolah, saya dan kawan-kawan langsung merancang rencana. Entah untuk menginap di salah-satu rumah kawan, makan-makan, atau sekadar “keluyuran di jalan”.

Namun semakin ke sini, rencana terbaik untuk mengisi akhir pekan atau waktu luang justru dengan menyendiri dan enggak ngapa-ngapain.

Jika dulu seperti butuh banyak ‘people time’, sekarang justru lebih nyaman menikmati banyak ‘me time’.

Semakin menua, rasanya semakin “gak apa-apa” dengan kehidupan yang lebih sunyi dan santai. Tidak perlu yang bising dan ramai.

Apa cuma saya saja?

Mungkin semakin berpengalaman hidup (alias tua), kita semakin selektif terhadap segala sesuatu. Apalagi kita juga mulai punya komitmen serius dengan kehidupan. Kita fokus terhadap pekerjaan, pendidikan, bisnis, keluarga, biaya hidup, mencari pasangan (bagi yang belum menikah), membangun rumah tangga, membesarkan anak, membayar cicilan, berkeinginan menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, dll.

Mulai ada perasaan, ‘tidak masalah lah tidak nongkrong juga’, ‘teman-teman yang lain juga pasti sama-sama sibuk’, ‘quality time dengan keluarga lebih berharga dari undangan pesta’, dll.

Tidak, bukan berarti semakin tua, semakin “tidak butuh manusia”. Bukan begitu. Hanya saja, intensitasnya memang semakin menurun. Lingkar persahabatan pun mengecil dan mengecil.

Sesekali saya juga merasa sangat senang jika janjian ketemuan dengan kawan lama. Apalagi rata-rata pertemuan kami sudah tidak ‘semudah dan seleluasa’ zaman dulu. Kadang hanya bertemu setahun sekali dan itu pun dengan waktu yang terbatas. Namun kenyataan ini tidak lagi membuat saya sedih atau berburuk sangka, kalau-kalau teman saya sudah berubah. Kami hanya saling memaklumi.

Baca Juga :  7 Waktu Di Mana Orang Introvert Melakukan Sabotase Terhadap Kebahagiaan Diri Sendiri

Apa kecenderungan untuk hidup lebih kalem dialami juga oleh kawan-kawan ekstrovert? Entahlah…. Apa Iya Semakin Dewasa dan Menua, Kita Jadi Semakin Introvert? #RD

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 − 11 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.