Home » Featured » Apa yang Dimaksud dengan Norma? Berikan Contoh!

Apa yang Dimaksud dengan Norma? Berikan Contoh!

Rosediana.net. Apa yang Dimaksud Norma? Norma adalah ide mendasar dalam ilmu pengetahuan sosial. Mereka seringkali diartikan sebagai ketentuan atau harapan yang ditegakkan dengan cara sosial.

Norma, dikenal juga sebagai Etika Sosial yakni ketetapan atau standard sikap yang dimiliki oleh anggota suatu hal kelompok sosial. Norma bisa diinternalisasi — yakni, ditempatkan ke pribadi hingga ada kecocokan tanpa imbalan atau hukuman eksternal, atau bisa ditegakkan oleh sangsi positif atau negatif dari luar.

apa yang dimaksud dengan norma, apa yang dimaksud dengan norma agama, apa yang dimaksud dengan norma kesusilaan, apa yang dimaksud dengan norma hukum, apa yang dimaksud dengan norma sosial, yang dimaksud dengan norma, apa yang dimaksud dengan normal, ok google apa yang dimaksud dengan norma, apa yang dimaksud dengan normalisasi, apa yang dimaksud dengan normal view, apa yang dimaksud dengan normalizing, apa yang dimaksud dengan norma dan contohnya

Ilustrasi norma hukum – via : albawaba.com

Unit sosial yang berbagi beberapa norma tertentu mungkin kecil (misalkan, sekelompok rekan) atau meliputi semua anggota masyarakat dewasa. Norma lebih spesifik ketimbang nilai : kejujuran merupakan nilai umum, tapi aturan yang mendeskripsikan sikap jujur pada kondisi tertentu ialah norma.

Norma kemungkinan memiliki sifat preskriptif (menggerakkan sikap positif; misalkan, “jujur”) atau melarang (menahan sikap negatif; misalkan, “tidak boleh curang” atau “tidak boleh mencuri”).

Istilah ini kadang dipakai untuk merujuk pada skema sikap atau prilaku serta nilai yang diinternalisasi. Norma penting sebagai perannya pada aturan sosial. Pemerintahan (dan hierarki yang lain) dan pasar dianggap berperan untuk ketertiban, seperti halnya motivasi prososial individu.

Baca Juga :  Mini Novel; Hantu Goreng (Bagian 4/5)

Tetapi norma yang ditegakkan lewat kelompok dan jaringan memainkan peranan penting. Norma sudah lama dipakai untuk menjelaskan perilaku, namun pada beberapa tahun terakhir, beberapa sarjana makin fokus pada keterangan norma tersebut — khususnya, kemunculan serta penegakannya.

Ada 2 aliran pemikiran mengenai mengapa orang membiasakan diri dengan norma. Sekolah fungsional sosiologi menyatakan jika norma menggambarkan persetujuan, mekanisme nilai bersama yang dikembangkan lewat sosialisasi, proses di mana seseorang mempelajari budaya kelompoknya.

Norma berperan pada berfungsinya sistem sosial dan dikatakan berkembang untuk memenuhi asumsi “kebutuhan” tertentu dari sistem itu. Sekolah lain memiliki pendapat jika norma ialah proses untuk menangani permasalahan sosial yang berulang-ulang.

Variasi teori konflik Marxian mengatakan jika norma menggambarkan kekuatan satu bagian warga atas bagian lain dan jika paksaan dan ancaman mempertahankan beberapa aturan ini. Norma dipandang sebagai fasilitas di mana satu kelas atau kasta mendominasi atau mengeksploitasi lainnya.

Norma dipakai untuk mendefinisikan standar yang ditentukan secara statistik atau rerata sikap, sikap, atau opini suatu kelompok sosial.

Apa yang Dimaksud dengan Norma Hukum?

Norma hukum ialah ketentuan atau prinsip yang mengikat, atau etika, yang disebarluaskan dan ditegakkan oleh organisasi yang berdaulat untuk mengatur interaksi sosial. Norma hukum menentukan hak dan kewajiban pribadi sebagai subyek hubungan hukum dalam yurisdiksi yang mengontrol pada titik atau waktu tertentu.

Baca Juga :  Mini Novel; Hantu Goreng (Bagian 4/5)

Norma hukum bisa juga memiliki arti norma atau ketentuan yang berasal dari pemerintahan atau negara. Norma hukum dibentuk oleh otoritas pemerintahan.

Contoh Norma Hukum ialah:

  • Mereka yang merenggut nyawa orang lain (membunuh) dikenai hukuman penjara minimum 15 tahun penjara.
  • Pengemudi harus membawa Surat Izin Mengemudi (SIM) serta Surat (STNK) Tanda Nomor Kendaraan.
  • Mereka yang mengambil harta milik orang lain karena diperintah seseorang, akan menjadi saksi kejahatan.

Norma Agama

Norma agama adalah seperangkat ketentuan atau ketetapan yang menjadi sumber kehidupan dari Tuhan yang Maha Kuasa. Norma Agama sebagai ketentuan hidup manusia yang wajib diterima sebagai perintah, larangan, dan tuntunan yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa.

Contoh Norma Agama :

    • Melaksanakan ketetapan agama, misalnya: menolong setiap orang, menghargakan sama-sama, tidak sewenang-wenang pada yang lemah.
    • Larangan agama, seperti judi, mabuk, mengambil, membunuh, mengerjakan riba;
    • Melaksanakan Sholat, atau melaksanakan ibadah tepat waktu.
Baca Juga :  Mini Novel; Hantu Goreng (Bagian 4/5)

Norma Kesusilaan

apa yang dimaksud norma, jelaskan apa yang dimaksud dengan norma, apa yang dimaksud dengan norma hukum, apa yang dimaksud dengan norma kesusilaan, apa yang dimaksud norma kesusilaan, apa yang dimaksud norma hukum, ok google apa yang dimaksud dengan norma, jelaskan apa yang dimaksud norma hukum

Norma kesusilaan ialah standar tentang apa yang bisa diterima secara moral serta sosial dari suatu masyarakat.

Tiap manusia mempunyai hati nurani yang membedakannya dengan makhluk Ciptaaan Tuhan lainnya. Kesusilaan juga bisa memiliki arti ketentuan hidup yang dipandang sebagai suara hati (jiwa).

Contoh Norma Kesusilaan ialah:

  • Jangan bohong, jujur atau mengucapkan yang sebenarnya
  • menghormati orang lain
  • berbuat baik ke orang lain
  • adil untuk pihak lain

Norma Kesopanan

Norma Modesty kerap dikatakan sebagai norma tradisi atau adat warga tertentu atau etika kesopanan. Landasannya adalah ketaatan, kesopanan serta adat istiadat yang berjalan dalam masyarakat. Maka sopan santun ialah aturan hidup yang mengambil sumber dari tata kelola sosialisasi masyarakat atas norma budi pekerti dalam masyarakat. Tetapi sama seperti yang kita ketahui jika sopan santun berbeda pada setiap tempat. Seperti Jawa Timur Jawa mempunyai perbedaan dalam norma kesopanan dengan Sunda di Jawa Barat.

Contoh Norma Kesopanan adalah :

  • Tidak meludah di sembarangan tempat
  • Kata yang disampaikan santun, tidak menyakiti siapapun
  • Memasuki rumah seseorang dengan izin
  • Menghormati mereka yang lebih tua
error: