Home » My Files » Kumpulan Artikel Menarik » Apa yang Dimaksud Dengan Teks Eksplanasi? Berikut Contohnya

Apa yang Dimaksud Dengan Teks Eksplanasi? Berikut Contohnya

Rosediana.net. Text eksplanasi (kadang dimaksud teks penjelasan) adalah tipe teks non-fiksi yang menerangkan satu proses (misalkan, bagaimana suatu hal bekerja atau kenapa suatu hal terjadi). Agar semakin mengenali lebih detilnya, baca contoh text eksplanasi di bawah ini:

Siklus hidup kupu-kupu atau yang dikenal sebagai metamorfosis kupu-kupu. Kehidupan kupu-kupu dipisah jadi empat tahapan yaitu: telur, larva, pupa dan kupu-kupu. Empat tingkatan itu disebutkan siklus hidup kupu-kupu.

Tahapan Pertama : Telur

dimana kupu kupu hidup jelaskan, apakah kupu kupu mengalami metamorfosis, mengapa kupu kupu mengalami metamorfosis sempurna, kenapa kupu kupu termasuk metamorfosis sempurna

Satu ekor kupu-kupu mengawali hidup sebagai telur. Umumnya telur ditempatkan di atas daun tanaman. Memiliki bentuk bisa bundar, lonjong atau bahkan juga silindris bergantung pada jenis kupu-kupu yang menaruhnya.

Tahapan Ke-2 : Larva (atau Ulat)

Baca Juga :  10 Aplikasi TV Sepakbola Android Paling Popular 2015

explanation text metamorfosis kupu kupu, teks explanation metamorfosis kupu-kupu, explanation tentang metamorfosis kupu-kupu, fase metamorfosis kupu kupu, foto metamorfosis kupu kupu, metamorfosis kupu kupu gambar, gambar metamorfosis kupu-kupu dan penjelasannya, metamorfosis hewan kupu kupu, metamorfosis pada hewan kupu kupu, teks eksplanasi metamorfosis kupu kupu

Dalam telur ada larva, yang dikenali sebagai ulat. Saat telah matang, larva menetas keluar dan makan daun yang paling dekat dengan tempat telurnya ditempatkan. Dia selanjutnya terus makan dalam sebagian besar periode hidupnya yang cepat.

Kulit larva tidak bisa meregang saat dia tumbuh, hingga dia terus-terusan melepas kulitnya dan menumbuhkan atau menukarnya dengan yang baru.

Tahap Ketiga: Pupa (atau Kepompong)

jenis metamorfosis kupu kupu, jurnal metamorfosis kupu kupu, jelaskan proses metamorfosis kupu-kupu, metamorfosis kupu-kupu kepompong, metamorfosis kupu kupu dan penjelasan nya, metamorfosis kupu kupu beserta penjelasan nya, ok google metamorfosis kupu-kupu, metamorfosis kupu kupu penjelasan

Sesudah usai tumbuh, larva beralih menjadi kepompong, yang disebutkan pupa. Pupa itu ibarat tempat untuk mengurung larva saat dia beralih menjadi kupu-kupu. Larva tidak makan saat ada dalam pupa, tapi makin lama dia mengganti tubuhnya dan menumbuhkan sayap.

Tahapan Keempat: Kupu-kupu

Baca Juga :  7 Tips Agar Tidak Terlalu Kecanduan Facebook

metamorfosis kupu kupu cantik, contoh gambar metamorfosis kupu kupu, metamorfosis kupu kupu dan fakta menarik, eksplanasi metamorfosis kupu kupu, teks eksplanasi metamorfosis kupu kupu, fase metamorfosis kupu kupu, foto metamorfosis kupu kupu, daur hidup kupu kupu dan penjelasannya, daur hidup kupu kupu meliputi, siklus hidup kupu kupu adalah, jenis daur hidup kupu-kupu adalah, tahapan metamorfosis kupu-kupu adalah

Apabila sudah siap, kupu-kupu dewasa tampil dan keluar dari kepompong. Sebelumnya sayapnya halus karena telah terlipat dalam kepompong, tapi sesudah diistirahatkan, kupu-kupu memompa darah dan mengalirkannya ke sayap, supaya siap untuk terbang.

Kupu-kupu selanjutnya pergi mencari pasangan serta bertelur di atas daun hingga semua siklus bisa diawali kembali.

Text Eksplanasi Mempunyai tujuan :

Teks eksplanasi ialah teks yang bercerita beberapa proses yang terkait dengan pembangunan peristiwa alam, sosial, ilmiah, dan budaya.
• Untuk menerangkan bagaimana atau kenapa suatu hal terjadi.

Menurut Mark Anderson dan Kathy Anderson (1997: 82) menjelaskan jika tipe teks eksplanasi kerap dipakai untuk bercerita bagaimana dan kenapa suatu hal (peristiwa) terjadi di alam.

Baca Juga :  7 Ciri Utama Kita Menderita Depresi Karena Ulah Media Sosial Sendiri
error: