Apakah Ada Aplikasi Spesial Selama Ramadan? Apa termasuk VPN?

2
SHARE
 aplikasi ramadan, aplikasi ramadan 2019, aplikasi vpn, aplikasi vpn adalah, aplikasi vpn terbaik
image via: blog.archisnapper.com

Hidup jadi lebih mudah dengan aplikasi yang melimpah. Programnya benar-benar membantu pengguna untuk mengerjakan atau melaksanakan sesuatu sesuai tujuan.

Khusus di Bulan Ramadan, biasanya ada beberapa aplikasi yang menjadi andalan. Namun saya pribadi justru tidak menginstall aplikasi khusus untuk bulan puasa tahun ini. Beda dengan sebelum-sebelumnya, di mana saya sengaja mengunduh dan memanfaatkan Alquran digital, kitab, dan aplikasi pengingat waktu salat serta waktu imsak-buka puasa.

Namun di bulan suci ini, saya lebih memilih versi manual saja. tetapi ada beberapa aplikasi yang tetap sering saya buka:

1Twitter

Layanan jejaring sosial ini mungkin sudah ditinggalkan oleh sebagian penggunanya. Namun saya masih menetap di sana. Bahkan sepertinya media sosial ini lebih sering saya intip ketimbang Facebook.

Selain menjadi media yang mempromosikan link blog, Twitter juga menjadi sarana untuk bersosialisasi, menyampaikan aspirasi, ngebac*t, ngereceh, memeroleh informasi dan merasakan hiburan.

Kebetulan following saya juga orang-orang keren yang tidak jauh dari kalangan blogger, penulis, ulama/kyai/santri Nahdlatul Ulama, portal berita,  buzzer, komika, atau akun-akun receh dan orang-orang yang memiliki minat atau pola pikir serupa. Selain itu, Twitter kerap memberikan akses topik yang sedang panas dibicarakan di dalam negeri mau pun dunia.

2WhatsApp

Aplikasi pesan instan ini tentu sangat bermanfaat untuk komunikasi mau pun berekspresi. Saya berusaha tetap online, sebab siapa tahu ada yang nge-chat. Apalagi kalau isi chat-nya berupa transaksi jual-beli, tawaran kerja sama, atau proyek kerja. Hehe …

Tetapi selain itu, kontak WhatsApp juga membantu melancarkan silaturahmi dan komunikasi. Baik itu via grup mau pun pribadi. Kalau diskusi buka bareng – baik yang jadi mau pun yang cuma wacana – juga biasanya digelar di WhatsApp.

Baca Juga :  7 ciri Guru yang Ideal dan Difavoritkan

3Gmail

Tak peduli Bulan Ramadan atau bulan biasa, aplikasi yang satu ini pasti selalu eksis. Pasalnya banyak pemberitahuan penting. Termasuk informasi peluang bisnis, job, tawaran kerja sama, dll. Saya juga memerlukannya untuk mengirim email atau lampiran file.

4Youtube

Aplikasi ini menghadirkan berbagai video menarik. Saya kebanyakan berlangganan kanal musik kesukaan. Kalau pun sedang berselancar di Youtube, sepertinya saya memang random. Kadang melihat apa yang sedang jadi trending, kadang melihat ceramah Gus Mus, kadang melihat apa yang banyak dibagikan di media sosial, kadang juga sekadar mengklik video yang dianggap menarik – yang tiba-tiba melintas.

Namun biasanya Youtube sukses menyedot perhatian pengguna, sehingga selalu betah mengaksesnya lama-lama. Termasuk kalau sudah ketemu sama video tutorial yang dicari. Kalau di Bulan Ramadan biasanya suka ngepoin kanal masak-memasak juga.

5Instagram

IG atau Insta ini menjadi salah-satu media sosial yang selalu diperlukan. Saya pribadi memanfaatkannya untuk membagikan postingan @RosedianaDiary, yang notabene berkaitan dengan isi blog ini. Saya lebih memilih feed tentang blog ketimbang foto atau video pribadi. Kadang-kadang saya juga mempromosikan sesuatu yang bisa menjangkau lebih banyak orang.

Selain menjadi sarana berekspresi, Instagram juga menjadi aplikasi yang menarik untuk ditelusuri. Apalagi kalau sudah mendapat postingan terbaru dari following kita, atau dari unggahan-unggahan random yang kita temukan di eksplor. Waktu saya suka tersita kalau sudah melihat foto/video berbau seni, musik, kucing, ceramah singkat, motivasi-inspirasi, dan yang lucu-lucu.

6Raja Ongkir

Situs dan web service yang menyediakan informasi akurat soal ongkos kirim ini hadir dalam bentuk aplikasi Android. Tampilan dan penggunaannya simpel. Penting bagi para pedagang online untuk menghitung kisaran ongkir produk ke berbagai tempat. Apalagi angka yang diinformasikan oleh RO biasanya tepat. Sangat membantu saya ketika jualan buku atau barang lain.

Baca Juga :  10 Fakta Mengerikan Tentang Skip Challenge yang Viral di Media Sosial

7Alarm

Alarm sangat bermanfaat untuk memberi peringatan waktu bangun, apalagi di bulan suci ini kita disunnahkan untuk sahur. Saya dan Mimih memilih untuk bangun lebih awal agar sahurnya leluasa. Apalagi kalau kami mesti memasak dulu, yang mana memakan waktu cukup lama. Kalau pun tinggal menghangatkan makanan yang ada, waktu luangnya bisa dimanfaatkan untuk salat malam, ngemil atau menonton acara teve yang menarik.

8VPN

Khusus pasca kerusuhan yang terjadi pada 22 Mei 2019 kemarin, saya rasa aplikasi spesial yang muncul di Bulan Ramadan yaitu VPN alias Virtual Private Network. Dulu saya menggunakan VPN untuk gaya-gayaan, biar ada fitur Music di Instagram.  Saya memanfaatkan VPN Tunnel Bear. Kalau datanya sudah habis, saya juga memakai yang gratisan seperti 1.1.1.1.

Selain itu, VPN juga bisa menembus situs yang biasanya diblokir atau tidak bisa diakses. Tapi hati-hati, jangan sampai disalahgunakan. Kadang ada situs yang sebenarnya tidak merusak atau merugikan, tetapi memang tidak bisa diakses. Oleh karena itu, VPN pun dipakai.

Hmm … saya rasa masih banyak aplikasi yang biasa saya pakai. Tapi secara garis besarnya memang demikian. Apakah Ada Aplikasi Spesial Selama Ramadan? Apa termasuk VPN? #RD

SHARE

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 + 15 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.