Bahasa Inggris Mudik dan 5 Keunikannya di Indonesia

2
SHARE
mudik, mudik 2019, mudik bahasa inggris, bahasa inggris mudik, bahasa inggrisnya mudik, keunikan mudik indonesia
Google Doodle

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mudik adalah salah-satu ragam cakapan yang berarti pulang ke kampung halaman.

Masih menurut KBBI, makna asli dari mudik yaitu (berlayar, pergi) ke udik (hulu sungai, pedalaman).

Sementara itu, kalau menurut Wikipedia, mudik adalah kegiatan perantau/pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya.

Apa Bahasa Inggris Mudik?

Kalau memakai Google Translate, mudik dalam Bahasa Inggris yaitu ‘going home’. Tetapi masih banyak istilah Bahasa Inggris lain yang mewakili kata ‘mudik’. Misalnya ‘lebaran-homecoming’, ‘holiday homecoming’, ‘going home for the holidays’, dsb.

Apakah mudik hanya berlaku di Indonesia?

Kalau kata ‘mudik’-nya sepertinya memang hanya ada di nusantara. Tetapi tradisi mudik, atau pulang ke kampung halaman, menjadi milik semua negara yang merayakan hari raya. Termasuk di Malaysia, Bangladesh, Pakistan, dsb.

Orang-orang Tiongkok mudik karena Imlek, orang-orang Eropa mudik karena natal, orang-orang Amerika mudik karena Thanksgiving, orang-orang India mudik karena Divali, dst.

Keunikan mudik lebaran di Indonesia

1Bawa kardus

Image via: Arah.com/Ridwan

Sampai saat ini, masih banyak yang memilih kardus untuk membawa aneka barang. Kardus mie instan, minuman, sampai camilan bisa jadi pilihan. Selain murah-meriah, kardus memang bisa menampung banyak barang. Biasanya berisi oleh-oleh dari kota untuk orang-orang tercinta. Mungkin juga berisi baju, sandal, kerudung, dan benda lain untuk dipakai di hari raya.

2Jalanan jadi lautan motor

Image via: regional.kompas.com

Meski risikonya tinggi, tidak dipungkiri kalau kendaraan roda tetap menjadi favorit para pemudik. Alasannya beragam. Mungkin karena isu bujet, tidak kebagian tiket, tidak bisa dititipkan di mana-mana, tidak mau pakai transportasi umum, dsb.

Tidak heran kalau jalanan jadi penuh oleh para pengguna roda dua. Sayangnya, banyak yang masih ceroboh dengan tidak memerhatikan keamanan dan kenyamanan berkendara. Misalnya sampai bonceng empat bareng anak-anak, membawa beban terlalu berat, kondisi motornya kurang maksimal, dll.

Baca Juga :  11 Hobi yang Membuat Otak Kita Lebih Pintar dan Mencegah Kepikunan

3Tulisan atau kutipan menarik

Image via: tribunnews.com

Tidak hanya truk, seringkali motor-motor para pemudik juga disertai dengan rangkaian kata yang menarik. Hal ini tentu menjadi tontonan dan hiburan tersendiri bagi yang lain. Apalagi tulisan tersebut kadang dibuat sedemikian rupa agar terlihat jelas dan menjadi pusat perhatian. Ada yang kocak, absurd, memilukan, memotivasi, dsb.

4Ibu kota sepi dan kampung-kampung ramai

Image via: travel.tribunnews.com

Mudik membuat suasana jadi kontradiktif. Ibu kota, yang sekarang masih Jakarta, berubah menjadi sepi. Sebab kebanyakan para penduduknya mudik ke masing-masing kampung halaman. Sebaliknya, di kota/kabupaten/desa/kampung justru jadi semarak.

Kondisi jalanan pun demikian. Kota-kota kecil jadi biang macet, padahal sehari-harinya lancar jaya. Kadang warga kampung pun mesti berbicara Bahasa Indonesia dulu sebagai pemersatu, sebab banyak orang kota yang lupa atau kagok menggunakan bahasa daerahnya.

5Hidupnya ekonomi kampung halaman

Image via: JIBI Photo

Hilir-mudik kendaraan membuat jalanan jadi semakin ramai. Kondisi menjadi peluang usaha yang bagus. Para penjual tisu, minuman dalam kemasan, makanan, dll, jadi laris-manis. Belum lagi jika pemudik sudah sampai ke kampung halaman. Biasanya mereka akan menghiasi sentra oleh-oleh, objek wisata, tempat kuliner, dll.

pedagang waktu mudik, pedagang mudik, pedagang, pedagang laris manis, pedagang oleh oleh di jalan mudik
Image via: liputan6.com

Mudik menjadi salah-satu tradisi lebaran yang tak lekang oleh waktu. Banyak yang sampai utang sana-sini demi menebus biaya ongkos, oleh-oleh dan amplop lebaran. Bagaimana pun … rindu dan momen kebersamaan dengan keluarga tidak bisa ditukar dengan apa-apa.

Bagi yang berniat mudik, hati-hati di jalan, semoga lancar dan selamat. Bahasa Inggris Mudik dan 5 Keunikannya di Indonesia. #RD

SHARE

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.