Baik, Positif, dan Munafik

0
SHARE
orang baik tapi munafik, kata kata sindiran halus buat orang munafik, kata kata menyindir orang yang menyakiti kita, kata kata buat orang munafik dan pembohong, kata kata sindiran buat orang yang berubah
Image via: lifealth.com

Pernah enggak ada sosok yang menawarkan ‘sesuatu’, lalu lama-lama ‘meminta ini-itu’?

Setelah kita tidak bisa memberikan hal yang mereka minta, mereka pun raib dengan sendirinya.

Contoh kasusnya banyak. Misalnya ada orang yang menghubungi saya lewat media sosial. Dia menawarkan grup WA tentang pembelajaran dan perubahan terkait kecerdasan finansial. Saya dimasukkan ke grup tersebut. Awalnya banyak postingan yang menarik dan bermanfaat.

Lama-lama kami diperkenalkan pada produk/jasa tertentu, lalu secara halus ‘disuruh’ ikut memasarkannya. Dari gelagat tersebut, banyak yang akhirnya meninggalkan grup. Lalu semuanya menghilang. Entah ke mana mimpi untuk membangun bisnis bersama, sejahtera bersama, atau sukses bersama.

Belum lagi dengan contoh-contoh lain. Misalnya tawaran mengikuti seminar gratis berisi perubahan menuju kebaikan, yang ternyata narasumbernya merupakan calon anggota dewan. Sesuai dugaan, mereka memperkenalkannya dan tentu meminta suara untuknya. Setelah itu, sudah…

Ada juga yang menggunakan jalan lain, yang sedang populer, yaitu agama. Setelah mengumpulkan massa untuk “pengajian”, tiba-tiba ada narasi politis yang mencorengnya. Mereka berkoar tentang pilihannya dan sayangnya, sampai menjatuhkan pihak yang satunya lagi. Saya tidak menghakimi kalau semua hal tentang politik itu buruk, bahkan saya juga tidak setuju gerakan golput. Hanya saja … ayolah, agama itu bukan alat/kendaraan politik.

Hati-hati tapi jangan berburuk sangka

Orang baik itu rentan menjadi korban salah paham. Ada orang baik yang niat baiknya dianggap buruk, ada orang baik yang dicap munafik, ada orang baik yang diperlakukan enggak baik, dll.

Tetapi orang baik sejati tidak akan berubah jadi orang jahat, hanya karena orang-orang lain tidak sebaik dirinya. Dia akan tetap baik dan menebar kebaikan. Baginya, hakim sejati hanyalah Tuhan – bukan makhluk ciptaan Tuhan.

Sebenarnya skenario ‘memberi sesuatu untuk mendapatkan sesuatu’ itu wajar, ya. Apalagi kalau sudah berkecimpung dalam bisnis, marketing, promo, uang, dll. Namanya juga kepentingan dan transaksi. Saya pun ngaca diri.

Baca Juga :  2 Dari Daftar Pekerjaan Paling Enak Tetapi Begitu Sulit dan Berat

Contohnya riilnya … banyak penulis yang berbagi quotes atau kutipan di media sosialnya, lalu lama-lama jualan buku. Banyak influencer yang berbagi postingan menarik, lalu lama-lama jadi endorser atau jualan produk sendiri. Banyak pebisnis yang berbagi tips atau kisah inspiratif, lalu lama-lama merekomendasikan usahanya.

Lalu masih banyak lagi, dan hal ini normal.

Tetapi yang wajar itu … mereka tidak hilang, tidak baper, dan tidak berubah menjadi penyerang.

Mereka tetap merangkul siapa saja pengikutnya. Yang enggak beli buku, yang enggak beli produk, atau yang enggak mengorbankan uang untuknya tetap mendapat perlakuan yang sama.

Lain lagi dengan mereka yang menerapkan pola ‘baik, positif, munafik’.

baik tapi munafik, sok baik munafiki, kata kata sindiran halus buat orang munafik, kata sindiran buat orang sok benar, kata kata buat orang munafik dan pembohong, kata kata sindiran buat orang sok suci, ciri orang munafik, munafik adalah
Image via: nbcnews.com

Kalau diartikan, munafik itu sebutan bagi orang-orang yang hatinya memungkiri ajaran Islam tetapi mereka pura-pura mengikuti ajaran tersebut.

Sudah diketahui bersama kalau orang munafik itu memiliki berbagai tanda. Mereka suka bohong, tidak menepati janji, dan berkhianat (lalai pada amanah/kepercayaan).

Begitu kita tidak memberikan apa yang mereka minta, mereka akan enyah dengan sendirinya. Bahkan ada yang justru berbalik menyerang.

Contohnya ketika pandangan politik kita berbeda, maka orang yang memperalat agama akan bersikap seperti tak kenal agama. Entah itu dengan berkata kasar, bersumpah sembarangan, men-judge yang enggak-enggak, mendoakan yang buruk-buruk, memproduksi hoax, dll.

Suara mereka lantang, tetapi tidak dijamin mengandung kebenaran.

Suara mereka lantang, tetapi tidak dijamin mengandung kebaikan.

Tetap saling hati-hati, ya.

Duh, mohon maaf kalau tulisan ini menyinggung. Anggap saja saya sedang bicara sama diri sendiri. Baik, Positif, dan Munafik. #RD

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.