Cara Berhenti Berlangganan Indihome 2020, Tidak Bisa Online dan Harus Bayar Uang Titipan

0
SHARE
berhenti berlangganan indihome 2020, cara berhenti berlangganan indihome di plasa telkom, cara berhenti berlangganan indihome online, berhenti berlangganan indihome lewat aplikasi
Image via: betanews.com

Saya sudah menjadi pelanggan IndiHome sejak awal tahun 2015. Sebagai penyedia jasa yang dikelola manusia biasa, tentu pelayanan dari mereka kadang bikin puas dan kadang bikin cemas.

Tapi saya tetap berterima kasih karena jaringan internet banyak membantu aktivitas. Selain itu, saya juga mengapresiasi respons cepat dari para Admin IndiHome via Twitter.

Setelah menikah, saya memutuskan untuk ikut suami ke Indramayu. Sehingga terpaksa saya harus menghentikan pelayanan IndiHome di Kuningan Jawa Barat. Saya pun sudah tidak memakai jasa mereka sejak Desember 2019. Saya cabut perangkatnya begitu saja.

Di tempat baru, saya kembali mengajukan pelayanan IndiHome. Saya mengaku menunggak 1 bulan di Kuningan dan fokus memasang yang baru.

Sepertinya saya terlalu terlena, sehingga tahu-tahu ada tagihan IndiHome Desember 2019 dan Januari 2020. Padahal saya tidak menikmati layanan Bulan Januari sama-sekali. Saya pun mesti mengeluarkan uang sebesar Rp607.500,00 (kena denda juga).

Cara Berhenti Berlangganan IndiHome Terbaru Sudah Tidak Bisa Online

Akhirnya saya Googling dulu pengalaman orang-orang ketika mencabut layanan IndiHome. Beberapa diantara mereka mengklaim bisa berhenti jadi pelanggan secara online, yaitu meminta bantuan Admin Twitter. Tentu saja saya tertarik, sebab saya lebih suka bermain di media sosial tersebut.

Saya pun  “curhat” ke customer service IndiHome di Twitter. Ternyata saya memang harus mengajukan pencabutan layanan. Saya tidak memakai jaringan internet pun bukan berarti tagihan akan otomatis berhenti. Pantesan!

tagihan indihome kalau belum dicabut, tagihan indihome, berhenti berlangganan indihome bayar, berhenti berlangganan indihome 2020, berhenti berlangganan indihome lewat twitter

Tetapi betapa remuknya hati ini ketika saya request pencabutan online, ternyata untuk sekarang ini mereka tidak menyanggupinya.

berhenti berlangganan indihome 2020, berhenti berlangganan indihome lewat twitter, cara berhenti berlangganan indihome di plasa telkom, cara berhenti berlangganan indihome online

Syarat Berhenti Berlangganan IndiHome

Syaratnya yaitu sebagai berikut:

syarat pemutusan indihome, syarat pencabutan indihome, syarat berhenti berlangganan indihome, berhenti berlangganan paket indihome

Kalau Rumah Sendiri (tidak diwakilkan)

  1. KTP asli pemohon
  2. Bawa ONT + STB
  3. Pelunasan tahihan bulan berjalan atau UTIP (Uang Titipan)
  4. Usia berlangganan minimal 3 bulan
Baca Juga :  Ritual Belanja Besar-Besaran Jelang Hari Lebaran, Hati-hati Jebakan ini!

Kalau Milik Orang Lain/Dikuasakan/Instansi:

  1. KTP asli pemohon
  2. KTP pemilik IndiHome
  3. Surat Kuasa resmi di atas materai (jika aras nama perusahaan harus ada KOP Surat instansi)
  4. Bawa ONT + STB
  5. Pelunasan tagihan bulan berjalan
  6. Membayar UTIP (Uang Titipan)
  7. Usia berlangganan minimal 3 bulan

Apa itu ONT + STB dan UTIP (Uang Titipan) IndiHome?

Saya pun kepo akan ketiga istilah ini. Maka saya bertanya kepada Admin IndiHome. Jawabannya begini:

uang titipan telkom, ont adalah, stb adalah, uang titipan indihome, berhenti langganan indihome, cara berhenti berlangganan indihome di plasa telkom,

ONT/Modem merupakan perangkat yang digunakan untuk menyalurkan jaringan internet. STB yaitu bertanggungjawab untuk menerima IP yang berisi video, audio, dan konten lain, kemudian memproduksi signal yang dapat ditampilkan pada TV.

Uang Titipan adalah uang deposit atau uang yang dibayarkan pada saat proses pemberhentian layanan untuk pembayaran tagihan yang tersisa di bulan berikutnya. Karena sistem pembayran IndiHome itu pascabayar, bila pemutusan dilakukan bulan Januari, maka di Bulan Februari akan muncul tagihan atas pemakaian Bulan Januari. Ada pun nominalnya tidak bisa diperkirakan. Sebab nanti pihak Plasa Telkom yang menentukannya. Namun biaya tersebut tidak akan melebihi dari biaya tagihan bulan sebelumnya.

Mendatangi Plasa Telkom

Kebetulan di dekat kontrakan saya ada Kantor Telkom. Maka kantor tersebut yang pertama kali saya datangi. Saya berniat untuk melunasi sisa tagihan sekaligus mencabut pelayanan IndiHome di sana.

Tetapi niat saya tidak tuntas, sebab mereka hanya bisa melayani pembayaran saja. Sementara permintaan untuk mencabut layanan hanya bisa dilakukan di Plasa Telkom yang lebih besar. Mungkin mereka tingkat kecamatan, jadi saya diarahkan untuk menuju ke Plasa Telkom kabupaten.

Ya sudah, setelah menempuh perjalanan sekitar 20 km, saya pun mendatangi Plasa Telkom yang dimaksud. Karena tidak ada antrean pelanggan, saya langsung dipanggil dan ditanyakan keperluannya.

Baca Juga :  Gerascophobia; Hiiiy..! Aku Tidak Mau Jadi Tua!

Ketika mengutarakan niat ingin mencabut layanan IndiHome, mereka akan menanyakan alasannya apa, sebab mereka meminta saya untuk mempertimbangkan kembali keputusan tersebut. Saya pun menjelaskan alasan yang memang kuat, yakni pindah domisili dan sudah menjadi pelanggan baru di domisili baru.

Setelah itu, mereka melakukan validasi data. Kemudian mereka meminta KTP asli saya. Setelah menunggu beberapa saat, saya kaget juga karena dimintai bayaran lagi. Nominalnya memang lebih kecil dari tagihan setiap bulannya, yakni 225k. Namun tetap saja saya sebenarnya keberatan. Maklum, ya, sedang banyak keperluan.

Selain itu, saya juga memang sudah dongkol karena membayar tagihan yang pelayanannya tidak saya nikmati. Tetapi Admin bersikeras dengan alasannya. Heuheu…

Tapi namanya juga hidup. Suka ada momen, di mana kita hanya bisa menghela napas dan mengatakan dengan lirih, ‘hmmm ya sudahlah…’.

Saya hanya ingin cepat-cepat menyelesaikan ini semua. Biar tagihan bulanan bisa terputus. Tidak apa-apa tekor, yang penting tidak merasa risi lagi karena sudah di-sms dan ditelpon terus-menerus. Hehehe…

Belum juga rasa lemas ini berkurang, Admin kembali meminta sesuatu,

‘Ada materai, enggak?’

‘Enggak, ‘kan Admin di Twitter gak mencantumkan materai, kecuali kalau kalau milik orang lain atau kantor.’

‘Mohon maaf, harus ada materai. Apalagi Mbak ‘kan dari Kuningan, tapi mengajukannya di sini.’

Tadinya saya mau bertanya, ‘Boleh enggak kalau saya bayar saja 7k di sini? Capek juga nih mau nyari materai ke luar,’. Tapi urung saya lakukan, karena sepertinya mereka tidak memiliki stok materai. Kalau ada mah pasti saya sudah menawari duluan, ‘kan?

Lagi-lagi saya kalah. Daripada harus ke Kuningan, mending saya ke luar dan menelusuri para pedagang. Lalu langkah saya terhenti di sebuah warung yang mencantumkan tulisan paling menarik saat itu, ‘Sedia Materai’.

Baca Juga :  Kok Lebaran Sekarang Enggak Ramai dan Meriah, ya?

Setelah memberikan materai, tanda tangan, dan membayar uang (entahlah, mungkin itu yang dinamakan UTIP atau uang administrasi), proses pun selesai. Huft. Syukurlah. Semoga tidak ada tagihan ini itu lagi ya, IndiHome.

Tambahan: Tetap saja ada tagihan, ya. Walau tidak sebesar tagihan bulanan, kurang dari 50k, tetap saja agak bagaimana, gitu. Tapi saya tetap bayar juga karena risi ada sms dan telepon. Semoga kali ini benar-benar tidak ada tagihan lagi, yah….  Cara Berhenti Berlangganan Indihome 2020, Tidak Bisa Online dan Harus Bayar Uang Titipan. #RD

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.